Share Like
Simpan

Senang deh rasanya kalau si Kecil sudah menginjak usia 9 bulan. Bukan karena dia sudah bertambah pintar saja, Bu. Kita juga jadi punya kesempatan menggunakan kreativitas untuk meracik berbagai variasi menu makanan pendamping yang lezat, menarik, dan bisa memenuhi kebutuhan gizinya sehari-hari. Asyik, ya?

Namun, kok belum bisa terlepas dari kebingungan saat menentukan menu MPASI untuk diberikan pada si Kecil, ya? Saya pun dulu begitu. Rasanya semua bahan makanan sudah dicoba, lalu apa lagi? Mau bereksperimen juga agak takut, karena kesehatan si Kecil taruhannya.Setelah banyak menonton acara memasak di TV dan ikut forum diskusi di internet, saya menemukan satu info menarik, lho. Ya, ternyata havermut bisa jadi pilihan yang tepat untuk sajian MPASI-nya. 

Dari info yang saya baca, havermut atau oat cocok untuk diberikan si Kecil di usianya ini karena kandungan karbohidratnya yang sederhana sehingga mudah dicerna. Selain itu butiran yang agak kasar juga akan melatih si Kecil untuk belajar mengunyah dengan menggunakan giginya yang mulai tumbuh. Manfaatnya pun tak kalah hebat, Bu. Havermut mengandung serat serta beberapa vitamin dan mineral yaitu zat besi, magnesium, kalsium, serta vitamin A, B dan E.

Lalu, bagaimana cara mengakali rasa havermut yang hambar? Tenang, saya punya tipsnya. Berikut ini ada pilihan resep Havermut yang dapat Ibu berikan pada si Kecil. Silahkan dilihat, Bu!

 

Bubur Havermut Tuti Fruti (untuk usia di atas 9 bulan)

 

Bahan-bahan:

  • 150 ml air.
  • 2 sdm havermut.
  • 120 ml ASI.
  • 1 buah apel, kupas, buang tengahnya dan potong dadu.
  • 1 buah pir, kupas, buang tengahnya dan potong dadu.
  • 2 sdm air atau jus apel.
  • 1 sdt kismis.

Cara membuat:

  1. Rebus apel dan pir dengan api kecil hingga empuk, lalu haluskan dengan garpu. Sisihkan.
  2. Rebus 150 ml air hingga mendidih, masukkan havermut dan masak hingga menjadi bubur yang lembut.
  3. Sisihkan. Letakkan dalam mangkok.
  4. Campurkan ASI ke dalam bubur havermut yang sudah di mangkok. Aduk merata.
  5. Setelah bubur havermutnya jadi, campur apel dan pir yang sudah dipotong dadu, kemudian hiasi dengan kismis.
  6. Bubur siap disajikan untuk si Kecil.

Untuk mempersingkat waktu penyajian, Ibu dapat membuat bubur buah terlebih dahulu kemudian disimpan dalam lemari es.  Kemudian, ambil sesuai keperluan penyajian.

 

Bubur Havermut Saus Pisang Jeruk (untuk anak usia di atas 9 bulan)

Tekstur pisang yang halus membuatnya cocok dijadikan sebagai makanan bayi. Apalagi pisang pun memiliki kandungan gizi yang tinggi, di antaranya Vitamin A, C, Folat dan Kolin, serta Mineral Kalium, Kalsium, Magnesium dan Fosfor.

Bahan-bahan:

  • 150 ml air.
  • 2 sdm havermut.
  • 120 ml ASI.
  • 50 gr pisang ambon.
  • Air jeruk manis secukupnya.

Cara membuat:

  1. Rebus 150 ml air hingga mendidih, masukkan havermut dan masak hingga menjadi bubur yang lembut.
  2. Sisihkan. Letakkan dalam mangkok.
  3. Campurkan ASI ke dalam bubur havermut yang sudah di mangkok. Aduk merata.
  4. Kini, mari siapkan sausnya. Kerok bagian pinggir buah pisang, dan buang bagian tengah yang ada bijinya. Kemudian, campurkan dengan air jeruk manis secukupnya dan aduk hingga merata.
  5. Selanjutnya, tuangkan saus pisang ke atas bubur havermut.
  6. Bubur siap disajikan untuk si Kecil.

Nah, bagaimana Bu? Siap menyajikan menu lezat dan bergizi ini untuk si Kecil? Satu tips terakhir dari saya, bila tekstur havermutnya dirasa terlalu kasar, cobalah menggiling havermut kering terlebih dahulu agar butirannya lebih kecil dan halus. Selamat mencoba resep ini, Bu!