Share Like
Simpan

Tiga hingga enam bulan setelah melahirkan, saat Ibu menyisir rambut, ada beberapa helai rambut Ibu yang rontok lebih banyak daripada biasanya. Kerontokan rambut ini umum dialami “ibu baru” walau ada beberapa ibu yang mengalami kerontokan rambut yang cukup banyak.

Walau tidak dalam keadaan hamil, umumnya rambut rontok 100 -125 helai dalam sehari, namun tidak terjadi sekaligus. Saat hamil, kerontokan rambut terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh. Hormon yang meningkat semasa kehamilan akan menyebabkan ‘fase’ atau ‘usia’ rambut bertahan lebih lama, sehingga mencegah kerontokan yang umum terjadi setiap harinya. Rambut Ibu akan lebih lebat saat itu, bila dibandingkan sebelum kehamilan. Dalam waktu 12 minggu setelah melahirkan, tingkat hormon akan turun ke kadar normal, sehingga Ibu akan mengalami kerontokan rambut hingga 500 helai dalam sehari. Ibu tentu khawatir dengan banyaknya rambut yang rontok, dan walau tidak menyebabkan kebotakan, namun hal ini tentu cukup mengganggu.

Apa yang dapat Ibu lakukan untuk mengurangi kerontokan rambut ini? Ibu dapat mengonsumsi diet yang sehat dan seimbang, seperti bermacam-macam buah-buahan, sayuran segar yang mengandung flavonoid dan antioksidan seperti bluberi, brokoli, dan bayam. Selain itu, Ibu juga dapat tetap melanjutkan mengonsumsi suplemen yang diberikan dokter semasa hamil seperti vitamin A, B6, B12, zink untuk menjaga kesehatan kelenjar rambut.

Sisirlah rambut Ibu dengan lembut, terutama pada rambut basah, untuk mengurangi kerontokan rambut bertambah parah. Gunakan sampo dan conditioner seperlunya, hindari penggunaan sikat untuk menggulung rambut, dan hindari penggunaan catok rambut. Atur tingkat kepanasan pengering rambut agar tidak merusak rambut Ibu. Gunakan pengikat rambut dan jepit yang baik dan hindari penggunaan karet gelang sebagai pengikat rambut. Ibu juga sebaiknya sementara waktu menghindari penggunaan cat rambut dan bahan kimia lainnya untuk rambut hingga masa kerontokan rambut berakhir.

Bila Ibu tetap merawat rambut dengan baik dan mengonsumsi nutrisi dan suplemen dengan baik, niscaya kerontokan rambut ini akan terlewati dan Ibu pun tetap memiliki rambut yang sehat dan indah.