Mengetahui perkembangan atau milestone bayi merupakan langkah yang tepat untuk Ibu lakukan agar memastikan tumbuh kembang bayi secara optimal. Memasuki usia 7 bulan menuju 12 bulan, bayi tidak lagi sepenuhnya berada di dekat Ibu. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Dalam milestone bayi di jenjang usia tersebut, si Kecil sudah mulai menunjukkan rasa keingintahuannya sehingga bayi kerap kali bermain. Di usia inilah, Ibu perlu memerhatikan secara lebih tentang perkembangan atau milestone bayi, sehingga bayi tetap memiliki asupan nutrisi yang terjaga demi memproduksi energi untuk waktu bermainnya.

Hal yang bisa dilakukan agar perkembangan atau milestone bayi tetap terjaga optimal, bisa Ibu mulai dengan mempersiapkan makanan pendamping ASI atau MPASI yang sesuai dan juga memiliki sumber makanan yang sehat dan diperlukan untuk tumbuh kembang si buah hati. 

MPASI homemade adalah yang terbaik karena Ibu bisa memastikan keamanan setiap bahan bernutrisi untuk si Kecil. Selain itu MPASI homemade tentu menjadi bentuk kasih sayang Ibu ke si Kecil bukan? 

Tanda Milestone Bayi 

Sebelum mulai membahas menu MPASI yang tepat dalam mendukung milestone bayi, mari ketahui tanda perkembangan bayi di usia 7 hingga 12 bulan. Dengan memahami tanda tumbuh kembangnya, Ibu juga bisa lebih mudah mempersiapkan stimulasi yang tepat agar si Kecil tumbuh dengan optimal dan ideal. 

Artikel Sejenis

Umumnya milestone bayi dengan dukungan MPASI perlu Ibu perhatikan di usia 7 hingga 12 bulan. Namun, agar memastikan bayi tumbuh dengan baik, Ibu bisa membaca panduan milestone bayi IDAI. Panduan mengenai milestone bayi IDAI ini menginformasikan milestone bayi 1 bulan hingga 36 bulan. 

  1. Milestone Bayi Usia 7 Bulan 

    Sebagaimana yang Ibu ketahui, milestone bayi merupakan tanda bagi tumbuh kembangnya. Tentu di usia 7 bulan Ibu sudah menemukan perkembangan signifikan pada si Kecil. Memahami milestone bayi di usia ini, umumnya si Kecil sudah bisa mengenal lingkungannya dengan baik. 

    Selain itu, bayi juga sudah mulai mampu mengekspresikan emosinya. Salah satunya adalah rasa cemas jika jauh dari Ibu dan Ayah. Dalam mengatasi situasi tersebut, Ibu bisa dengan perlahan memperkenalkan si Kecil dengan keluarga dalam skala yang lebih besar. Sehingga, si Kecil mengenal siapa saja yang menunjukkan perhatian kepada dirinya. 

  2. Milestone Bayi Usia 8 Bulan 

    Meningkatnya kemampuan sosial si Kecil juga dibarengi dengan adanya perkembangan fisik yang signifikan sebagai bagian dari milestone bayi usia 8 bulan. Di usia ini, kekuatan tulang dan otot bayi semakin meningkat. Hal tersebut membantu si Kecil untuk duduk tegak dan merangkak jauh lebih lama dari biasanya. Bahkan tidak jarang si Kecil sudah mulai ingin belajar berdiri dengan bertumpu pada barang-barang di rumah. 

    Si Kecil juga sudah mulai menunjukkan kemampuan dalam berkomunikasi. Perkembangan otak yang baik membantu milestone bayi di usia 8 bulan untuk mengenal nada dan suara. Ibu bisa lebih sering mengajak bayi berkomunikasi agar si Kecil bisa mengerti kata-kata, ya Bu. 

  3. Milestone Bayi Usia 9 Bulan 

    Memasuki usia 9 bulan, bayi sudah mulai menunjukkan pergerakan fisik yang cepat. Si Kecil bisa merangkak sambil memegang mainan kesukaannya dalam waktu bersamaan. Untuk menjaga keselamatan si Kecil, alangkah baiknya Ibu mempersiapkan area bermain yang lebih luas dan terhindar dari barang-barang berbahaya di rumah. 

    Pertumbuhan gigi si Kecil yang pesat juga jadi bagian dari tanda milestone bayi di usia 9 bulan. Si Kecil sudah mulai menunjukkan tanda-tanda menggigit tangan dan mainan karena adanya rangsangan pertumbuhan gigi. 

  4. Milestone Bayi Usia 10 Bulan 

    Perkembangan fisik jadi contoh milestone bayi yang signifikan di usia 10 bulan. Si Kecil sudah mulai dapat jongkok bahkan berdiri tanpa tumpuan. Namun Ibu perlu memerhatikan keseimbangannya. Selalu pantau aktivitasnya di usia ini. Semakin bertambahnya usia bayi, si Kecil akan lebih aktif sebagai bagian dari tanda atau milestone bayi. 

  5. Milestone Bayi Usia 11 Bulan 

    Menginjak usia 11 bulan, milestone bayi yang cukup terlihat adalah kecenderungan bayi untuk memilih makanan. Rutin memberi MPASI, merupakan langkah untuk membantu melatih indera pengecap si Kecil. Jangan heran jika bayi sudah mulai menolak beberapa jenis makanan. Namun, demi tumbuh kembang optimal, Ibu perlu lebih kreatif lagi dalam mempersiapkan MPASI. 

  6. Milestone Bayi Usia 12 Bulan 

    Menginjak usia 12 bulan, si Kecil sudah mulai bisa berkomunikasi dengan interaktif. Tidak hanya dari suara, si Kecil sudah bisa menunjukkan gestur atau isyarat tubuh dalam berkomunikasi. Tanda milestone bayi di usia ini bisa terlihat dari kecenderungan si Kecil dalam menggelengkan kepala ketika mengutarakan ketidak inginannya dan juga melambaikan tangan untuk memanggil seseorang. 

Untuk milestone bayi di usia 7 hingga 8 bulan, bayi perlu mengonsumsi makanan pendamping ASI atau MPASI sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. Sedangkan untuk usia 9 hingga 12 bulan, Ibu perlu memberikan MPASI pada bayi sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari. 

Penambahan porsi pemberian MPASI ini akan terus bertambah seiring beranjaknya usia bayi. Namun, Ibu juga perlu untuk memantau berat badannya sehingga bayi tumbuh jadi anak yang sehat dan kuat.

Baca juga: Panduan MPASI 11 Bulan dan Ide Resepnya yang Lezat 

MPASI Pendukung Milestone Bayi 

Demi memberikan MPASI homemade yang sesuai dengan milestone bayi, berikut adalah menu atau resep MPASI homemade yang bisa Ibu berikan pada bayi sejak usia 7 bulan hingga 12 bulan.

  1. Bubur Oat dengan Buah Pear

    Untuk mulai memperkenalkan tekstur makanan kepada bayi, Ibu bisa mulai mengenalkan oat pada menu MPASI homemade di milestone bayi 7 hingga 12 bulan. Oat dikenal punya manfaat yang baik terhadap pencernaan bayi, berkat kandungan serat tinggi yang dikandungnya. Selain itu, oat bisa berfungsi untuk menstabilkan kadar gula darah dan memberi energi dalam jangka lebih panjang.

    Lengkapi juga menu MPASI homemade ini dengan buah pear yang sangat kaya dengan nutrisi vitamin dan mineral. Selain serat, buah pear mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, serta mengandung mineral kalsium dan fosfor. Kombinasikan bubur MPASI ini pula dengan asupan nutrisi pendukung dari susu UHT Frisian Flag Junio yang memiliki kandungan nutrisi serupa, sehingga sajian MPASI homemade Ibu untuk si Kecil semakin bergizi.

    Bahan-bahan: 

    Cara membuat:

    • Pertama Ibu bisa memasak oat terlebih dahulu dengan merebusnya di dalam Susu UHT Frisian Flag Junio rasa plain hingga mendidih dan memiliki tekstur seperti bubur
    • Setelah teksturnya mulai mengental seperti bubur, matikan api dan terus aduk hingga mengental dan tidak lagi panas
    • Setelah suhu bubur oat sudah normal, Ibu bisa masukan buah pear yang sebelumnya dihaluskan di dalam blender bersama dengan yoghurt.
    • Sebelum disajikan, periksa kembali konsistensi dari bubur oat. 
    • Bubur MPASI oat dengan buah pear siap disajikan. Menu ini bisa menjadi makanan MPASI 9 bulan ke atas ya, Bu.
  2. Tim tahu bayam

    Kacang kedelai dikenal juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Salah satu hasil olahnya, tahu memiliki tekstur yang lembut untuk dikonsumsi bayi sebagai MPASI homemade sesuai dengan arahan milestone usia 7 bulan hingga 12 bulan. Ibu bisa tambahkan sayur untuk memperkenalkan rasa lain kepada bayi

    Bahan-bahan:

    • 50 gr tepung beras merah 
    • 50 gr tahu
    • 20 gr daun bayam 
    • 50 gr wortel 
    • 500 cc susu UHT Frisian Flag Junio rasa plain
    • Garam dan gula pasir secukupnya

    Cara membuat:

    • Untuk membuat resep tim tahu bayam, Ibu bisa mulai dengan menghancurkan tahu terlebih dahulu. Bisa menggunakan food processor atau blender
    • Selanjutnya iris tipis daun bayam menjadi potongan kecil, serta potong dadu kecil dan tipis untuk wortel
    • Panaskan susu UHT Frisian Flag Junio rasa plain di dalam panci. Setelah mendidih mulai masukkan wortel, tahu, dan tepung beras ke dalam panci, Aduk secara berkala hingga matang untuk meminimalisasi risiko gosong di bagian bawah. Pastikan teksturnya sudah menyerupai tim 
    • Setelah tekstur bahan makanan sudah menyerupai tim, mulai masukkan bayam yang sudah diiris tipis dan aduk hingga merata.
    • Sesudah matang, Ibu bisa kembali menghaluskan tekstur makanan sesuai kesukaan sang anak dengan menggunakan blender atau food processor.
    • MPASI homemade 10 bulan tim tahu bayam siap disajikan. Sebagai makanan MPASI 9 bulan Ibu bisa sesuaikan tekstur yang tepat.
  3. Kentang tuna saus bayam

    Tuna dan ikan lainnya merupakan sumber protein rendah lemak yang baik untuk tumbuh kembang berdasarkan milestone bayi. Ibu bisa mulai memberi bayi ikan sebagai sumber makanan untuk MPASI homemade 7 bulan hingga 12 bulan.

    Bahan-bahan:

    • 35 gr daging ikan tuna, kukus atau panggang, haluskan dengan garpu
    • 40 gr kentang, kupas, kukus, haluskan dengan garpu
    • 1 sdm (10 gram) mentega tawar
    • 1 iris (10 gram) bawang bombay, cincang halus
    • 1/2 sdm (5 gram) tepung maizena
    • 100ml (10 sdm) susu UHT Frisian Flag Junio rasa plain
    • 2 sdm (20 gram) daun bayam, kukus, iris halus

    Cara membuat:

    • Pertama, masak ikan dengan cara kukus agar teksturnya menjadi lembut. Jangan lupa pisahkan kulit dan juga durinya sebelum memasak.
    • Lanjutkan dengan merebus kentang yang sudah dikupas kulitnya hingga matang dan empuk
    • Setelah kedua bahan makanan utama matang, sisihkan
    • Lanjutkan dengan memasak saus bayam dengan panaskan panci menggunakan mentega.
    • Selanjutnya tumis bawang bombay hingga harum. Masukan susu UHT Frisian Flag Junio rasa plain dan tepung maizena sedikit demi sedikit untuk menemukan tingkat konsistensi saus yang sesuai.
    • Tambahkan daun bayam yang sudah diiris tipis lalu aduk hingga merata dan matang.
    • Tuang saus untuk melumuri ikan dan kentang yang sudah dipersiapkan. MPASI Homemade Kentang Tuna Saus Bayam siap disajikan.

MPASI merupakan elemen pendukung dalam meningkatkan asupan nutrisi si Kecil agar menjaga milestone bayi ideal. Namun, Ibu perlu pahami bahwa ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi. Oleh karena itu, Ibu perlu menjaga kualitas ASI. 

Agar ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan 500 kalori tambahan setiap harinya (AKG 2019) begitu juga tambahan nutrisi penting lainnya. 

Selain dari makanan, Ibu juga perlu mengonsumsi susu yang mengandung 9AAE (9 Asam Amino Esensial – protein penting dalam bentuk siap diserap oleh tubuh untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak dan tulang janin serta menjaga kesehatan ibu) dan 9 nutrisi penting lainnya.

Adapun 9 nutrisi yang penting yang juga Ibu butuhkan di antaranya seperti: tinggi asam folat, omega 3 (ALA)/DHA, Omega 6 (LA), tinggi zat besi, sumber serat pangan inulin, tinggi vitamin C, sumber protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan selama masa menyusui. 

Semua nutrisi di atas Ibu bisa dapatkan dengan rutin mengonsumsi 2 gelas susu Frisian Flag PRIMAMUM setiap harinya karena Susu Frisian Flag PRIMAMUM memiliki kandungan 9AAE, 9 nutrisi penting untuk Ibu selama menyusui, dan DHA

Bahkan kandungan DHA dalam Frisian Flag PRIMAMUM tertinggi dibandingkan dengan susu sejenisnya. DHA ditambahkan untuk mendukung pertumbuhan otak si Kecil di periode 1000 Hari Pertama Kehidupannya. Susu Frisian Flag Primamum tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat enek atau mual. 

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu bertanya susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu.

Sebagai tambahan info untuk Ibu, dalam memantau tumbuh kembang si Kecil, pastikan Ibu memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Fitur ini bisa membantu Ibu untuk mengetahui grafik pertumbuhan anak yang ideal berdasarkan WHO. Yuk, coba fiturnya di sini.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.