Memenuhi kebutuhan serat si Kecil di masa tumbuh kembangnya memiliki banyak manfaat. Salah satu jenis serat yang baik bagi tubuh anak adalah serat pangan inulin. Manfaat serat pangan inulin ini bisa membantu menjaga dan memelihara kesehatan pencernaan si Kecil lho, Bu. Ibu bisa membantu memenuhi kebutuhan serat si Kecil dengan memberikannya susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang mengandung 1 gram serat pangan inulin dalam setiap sajiannya. Susu ini juga mengandung DHA 4x lebih tinggi, dan 9AAE lengkap yang baik untuk perkembangan otak dan tumbuh kembangnya. 

Banner AKP
Banner Register

Menjaga kesehatan pencernaan anak jadi salah satu langkah yang bisa Ibu lakukan agar tumbuh kembang si Kecil tetap optimal karena menurut penelitian, 80% sel daya tahan tubuh si Kecil ada di saluran cerna. Salah satu cara yang bisa Ibu lakukan adalah memastikan pemberian susu tinggi serat.

Susu pertumbuhan atau susu formula tinggi serat ini bermanfaat dalam mencegah sembelit terserang pada si Kecil. Di luar itu, masih banyak manfaat serat pangan inulin yang akan didapatkan oleh si Kecil dari konsumsi susu formula tinggi serat.

Mengenal Jenis Serat

Sebelum mulai membahas mengenai manfaat serat pangan dari susu formula tinggi serat, mari mulai dengan mengenal apa saja jenis serat yang bisa Ibu temukan sebagai asupan harian si Kecil. Sebagai orang tua, Ibu tentu paham bahwa serat merupakan salah satu zat penting yang dapat menjaga kesehatan pencernaan anak. 

Secara umum, ada dua jenis serat yang bisa Ibu temukan dalam sumber makanan anak. Ada serat larut dan serat tidak larut. Pembagian tersebut terjadi karena sifatnya larut terhadap air dan juga yang tidak larut. 

Artikel Sejenis

Selain itu, kedua jenis serat tersebut memiliki peran yang berbeda-beda. Untuk itu, penting bagi Ibu memahami jenis serat di luar memastikan anak mengonsumsi susu tinggi serat. Berikut adalah dua jenis serat yang perlu Ibu ketahui.

  • Serat larut

    Sesuai dengan namanya, jenis serat ini merupakan zat yang larut dalam air. Larutan serat tersebut diurai dalam tubuh, terutama di usus besar menjadi zat yang berbentuk seperti gel. Nantinya, serat larut ini berguna dalam menyerap cairan berlebih pada sistem pencernaan.

    Penyerapan cairan berlebih tersebut menjadi salah satu cara alami bagi tubuh untuk mengatasi diare anak. Jenis serat larut ini bisa Ibu temukan dalam bentuk pektin, beta-glukan, getah alami, dan inulin. Beberapa di antaranya terkandung di dalam buah, sayuran dan susu formula tinggi serat.

    Makanan yang mengandung serat larut air banyak ditemukan pada buah, seperti apel, pisang, dan jeruk. Selain itu, sayur dan kacang polong juga dikenal sebagai sumber makanan memproduksi serat larut di luar susu formula tinggi serat. 

    Selain di dalam makanan, Ibu juga bisa memberikan susu formula tinggi serat seperti susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang mengandung 1 gram serat pangan larut inulin dan 1 gram serat pangan. Sementara itu, susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ mengandung 2 gram serat pangan larut inulin dan 2 gram serat pangan.

  • Serat tidak larut 

    Berdasarkan paparan dari Medical News Today, serat tidak larut merupakan jenis yang tidak dapat larut dalam air. Di dalam tubuh, jenis serat ini dibiarkan utuh dari makanan maupun susu formula tinggi serat. Nantinya, sistem pencernaan anak akan menggiring jenis serat tidak larut ini keluar dari tubuh melalui feses. 

    Meskipun sifatnya yang tidak larut oleh air, nyatanya jenis serat ini bermanfaat untuk membuat feses memiliki konsistensi yang lembut. Dengan kata lain, manfaat serat tidak larut ini menjadi salah satu obat alami diare anak yang dibutuhkan oleh tubuhnya ketika terserang sembelit agar buang air besar jadi lebih lancar. 

    Namun, jika anak terserang diare, Ibu perlu memastikan bahwa konsumsi makanan tidak mengandung serat jenis ini. Olahan makanan dari biji-bijian, seperti roti gandum dan sereal merupakan sumber makanan yang mengandung jenis serat tidak larut. 

Manfaat Serat Pangan Inulin untuk Anak 

Tahukah Ibu bahwa manfaat serat tidak sekadar memastikan pencernaan anak selalu dalam kondisi sehat. Ada berbagai manfaat serat lain yang bisa si Kecil dapatkan dari konsumsi serat pangan inulin bagi tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, dukungan susu formula tinggi serat jadi hal yang tepat untuk Ibu berikan pada anak. 

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak

    Manfaat serat yang pertama yaitu bisa menjadi obat diare anak lantaran dapat menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Mengonsumsi cukup serat bisa menambah massa feses sehingga bisa mencegah sembelit.

    Serat juga bisa menjadi makanan untuk bakteri baik yang terdapat di dalam usus. Bakteri baik ini bisa membantu mengoptimalkan metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

  2. Meningkatkan daya tahan tubuh 

    Manfaat serat lainnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Melalui konsumsi susu formula kaya serat, secara tidak langsung Ibu berperan untuk menjaga anak terhindar dari berbagai risiko penyakit. Seperti yang Ibu ketahui, bahwa penyakit dapat menghambat tumbuh kembang anak secara optimal dengan mengurangi aktivitasnya.

    Menurut penelitian dari Journal of Cell Biology, meningkatnya daya tahan tubuh cukup terpengaruh oleh kesehatan pada pencernaan. Dalam penelitian tersebut bahkan dijelaskan bahwa persentase pengaruh kesehatan pencernaan terhadap daya tahan tubuh mencapai 70 persen perannya. 

    Dengan sistem pencernaan yang sehat, maka tubuh anak akan lebih mudah menyerap nutrisi dan gizi yang diperoleh makanan. Sehingga meningkatkan daya tahan tubuh jadi lebih optimal. Untuk itu, dukungan susu formula tinggi serat punya peran yang cukup penting dalam menjaga kesehatan anak. 

  3. Kecerdasan otak 

    Tidak hanya memengaruhi daya tahan tubuh agar tetap berada dalam kondisi optimal, manfaat serat juga memastikan bahwa kecerdasan otak meningkat secara signifikan. Dalam masa tumbuh kembang, kecerdasan otak akan membantu anak untuk tumbuh secara kreatif dan lebih mudah memahami hal-hal baru di sekitar. 

    Peningkatan kecerdasan otak ini umumnya cukup dipengaruhi oleh kehadiran bakteri baik yang berkembang pada usus. Semakin tinggi jumlah bakteri baik yang berkembang, maka akan menjaga suasana hati atau mood anak secara lebih baik. Sehingga emosi si Kecil lebih stabil dan tenang saat proses belajar. 

  4. Menjaga berat badan ideal anak 

    Menjaga berat badan ideal pada anak bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, di masa pertumbuhan, anak memerlukan asupan makanan yang dapat memenuhi aktivitas kesehariannya. Oleh karena itu, mempersiapkan menu makanan yang seimbang jadi hal penting untuk Ibu lakukan. 

    Untuk memberikan keseimbangan dalam menu makanan sehari-hari, Ibu bisa menambahkan sumber makanan yang mengandung serat atau susu formula tinggi serat. Makanan dengan kandungan serat tinggi cenderung membantu anak merasa kenyang lebih lama.

    Dengan perasaan kenyang yang lebih lama, maka anak tidak akan mudah meminta cemilan atau menambah makanan di luar jam makannya. Hal tersebut membuat Ibu lebih mudah menjaga berat badan ideal anak. 

    Meskipun begitu, berat badan ideal pada setiap anak berbeda-beda. Alangkah baiknya, Ibu lakukan konsultasi kepada dokter untuk memastikan nutrisi apa saja yang diperlukan dalam menjaga kondisi berat badan anak. 

Baca juga: 8 Makanan Tinggi Serat yang Penting Bagi Anak

Makanan dan Minuman yang Mengandung Serat 

Makanan dan minuman yang mengandung serat - ibudanbalita

Beberapa sumber makanan yang mengandung serat telah disebutkan di atas. Namun, masih banyak jenis makanan lainnya yang bermanfaat dalam menjaga asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. 

Agar asupan serat terpenuhi dengan baik, Ibu juga bisa memberikan susu formula tinggi serat sebagai asupan pendukung untuk memperoleh manfaat serat. Berikut beberapa makanan yang bisa si Kecil konsumsi untuk mendapatkan manfaat serat yang optimal:

  • Alpukat
  • Pir
  • Kacang lentil 
  • Biji chia
  • Raspberry

Ibu bisa hadirkan beberapa jenis makanan tersebut ke dalam menu makanan seimbang untuk anak yang juga didukung oleh susu formula tinggi serat dalam menjaga tumbuh kembang anak dengan baik. Ibu bisa memberikan si Kecil susu Frisian Flag Primagro 1+ yang mengandung 1 gram serat pangan inulin di dalam 1 gelasnya. 

Selain serat, DHA dan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) juga menjadi asupan yang dibutuhkan dalam menjaga tumbuh kembang anak dengan optimal. Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. 

Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA 4x lebih tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk meningkatkan akal kreatif, kemampuan kognitif, dan fungsi sistem saraf si Kecil.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Selain mengandung DHA 4x lebih tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Tak kalah penting dari itu, kebutuhan gizi harian si Kecil juga perlu diperhatikan. Ibu bisa memanfaatkan fitur Kalkulator Gizi yang dikembangkan oleh Akademi Keluarga Prima bersama Lora Sri Nofi, PGNutr, MNutrDiet, RD.