Share Like
Simpan

Saat Ibu meraba kepala si Kecil yang baru lahir, Ibu akan menemukan ubun-ubun di bagian puncak kepalanya. Ubun-ubunnya akan teraba lunak dan seolah-olah tulang kepala si Kecil tidak ‘tersambung’. Ubun-ubun ini memiliki peran yang besar saat proses kelahiran dan dalam pertumbuhan otak. Saat lahir, karena tulang kepalanya belum bersatu, maka kepala si Kecil dapat menyesuaikan ukurannya dengan jalan lahir sehingga memudahkan kepalanya melewati jalan lahir yang sempit. Setelah lahir, ubun-ubun tidak segera menutup agar rongga kepala dapat mengikuti pertumbuhan otak yang pesat. Banyak orang tua yang khawatir dan takut menyentuh ubun-ubun, karena memang daerah tersebut tidak dilindungi oleh tulang kepala. Namun, jangan khawatir, Bu, karena ubun-ubun ini tetap terlindung dengan baik di bawah kulit kepala hingga saatnya menutup nanti. Walau demikian, dalam perawatan sehari-hari seperti saat mengoleskan sampo atau tonik rambut untuk bayi, usaplah ubun-ubun dengan lembut.

Ada kalanya ubun-ubun si Kecil terlihat berdenyut di bawah rambutnya yang tipis, sehingga Ibu menjadi khawatir. Ibu tidak perlu khawatir, karena sebenarnya denyutan pada ubun-ubun normal terjadi seiring dengan denyutan aliran darah jantung sehingga umumnya ubun-ubun berdenyut seirama dengan denyut jantung si Kecil. Denyutan ini tampak jelas karena ubun-ubun si Kecil belum tertutup dengan sempurna.

Beberapa hal yang harus Ibu waspadai mengenai ubun-ubun si Kecil, bila menemukan :
Ubun-ubun yang cekung ke dalam. Mungkin hal ini menunjukkan adanya dehidrasi sedang hingga berat, terutama bila disertai gejala diare dan/atau muntah. Sebaiknya Ibu segera membawa si Kecil ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan medis.
Ubun-ubun tampak sangat menonjol, yang mungkin merupakan tanda adanya trauma (cedera), infeksi pada otak, atau terbentuknya cairan di sekitar otak, terutama bila si Kecil tampak mengantuk atau panas tinggi. Namun ada kalanya ubun-ubun si Kecil tampak sedikit menonjol saat menangis atau mengejan saat buang air besar dan feses agak sukar keluar. Ubun-ubun yang terlihat sedikit menonjol ini masih tergolong normal, selama ubun-ubun tersebut kembali normal setelah si Kecil tenang.

Jadi Ibu tidak perlu khawatir dan panik bila ubun-ubun si Kecil terlihat berdenyut , karena hal ini normal terjadi. Ubun-ubun akan menutup sekitar usia 2 hingga 4 bulan. Periksalah kesehatan si Kecil ke dokter secara rutin agar tumbuh kembangnya terpantau dengan baik.