Whatsapp Share Like
Simpan

Tahukah Ibu? Kecerdasan anak tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan, lho. Asupan nutrisi si Kecil pada tiap harinya juga sangat mempengaruhi tingkat kecerdasan otaknya. Nutrisi penting yang amat dibutuhkan si Kecil dalam perkembangan otaknya adalah Omega-3.

Pemenuhan kebutuhan Omega-3 bagi anak usia 4-6 tahun menjadi sangat vital. Sebab pada rentang usia ini otak sedang berkembang pesat-pesatnya. Tentu Ibu ingat, bagaimana masa-masa ini akhirnya bisa disebut sebagai fase usia emas (golden age) kan? Ya Bu, pada usia ini otak si Kecil sudah berkembang mencapai sekitar 80%. Maka inilah masa yang sangat tepat untuk menstimulasi sebanyak dan sebaik-baiknya kemampuan otak si Kecil.

Perlu Ibu ketahui, Omega-3 merupakan salah satu jenis asam lemak esensial yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. Sehingga cara pemenuhannya adalah berasal dari konsumsi makanan sehari-hari. Sementara salah satu jenis dari Omega-3 yang penting bagi pengembangan otak anak ini adalah DHA (Docosahexaenoic Acid), Bu...

Oleh karena itu, kecukupan asupan Omega-3 dan DHA bagi si Kecil sangatlah penting untuk Ibu perhatikan. Organisasi kesehatan dunia, WHO (World Health Organization), menyebut bahwa jumlah kecukupan DHA bagi anak usia 4-6 tahun adalah sebesar 150-200 mg per hari. Jumlah ini merupakan jumlah minimal dan bisa berubah lebih tinggi tergantung dari kondisi fisik anak, misalnya berat badan, tingkat aktivitas, atau disebabkan oleh penyakit tertentu.

Namun sayangnya, pada umumnya pemenuhan asupan Omega-3 dan DHA bagi anak seringkali kurang diperhatikan, bahkan diabaikan. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai alasan, salah satunya adalah kurangnya atau minimnya pengetahuan orangtua tentang manfaat, jumlah kebutuhan serta sumber nutrisi jenis ini bagi anak. Akibatnya beberapa anak harus mengalami berbagai dampak negatif karena kekurangan Omega-3 dan DHA di masa pertumbuhannya. Duh, jangan sampai anak Ibu turut mengalami ya, Bu?

Artikel Sejenis

Maka, untuk mencegah terjadinya “kebutaan informasi” pada Ibu, berikut ini akan disampaikan beberapa pengetahuan dan informasi tentang manfaat konsumsi Omega-3 dan DHA yang cukup bagi si Kecil. Simak baik-baik ya, Bu...

  • Omega-3 dan DHA sangat berperan pada perkembangan otak si Kecil. Nutrisi ini berkaitan dengan peningkatan kecerdasan anak karena dapat memperbaiki aliran darah ke otak dan jantung. Omega-3 dan DHA berfungsi untuk melakukan pembentukan sel-sel baru di otak dan membentuk sel-sel saraf pada sistem saraf pusat. Dengan asupan Omega-3 dan DHA maka kesehatan otak anak pun terjaga!
  • Kecukupan asupan Omega-3 dan DHA berguna untuk menjaga daya tahan tubuh si Kecil agar tidak mudah terserang penyakit. Omega-3 dan DHA bahkan memiliki kemampuan untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, gangguan jantung, dan penyakit degeneratif yang berhubungan dengan ingatan/memori otak yakni alzheimer dan demensia. Dua nutrisi ini dapat mencegah penyusutan otak. Saat anak sehat maka proses belajarnya pun tidak perlu terganggu sehingga lebih optimal.
  • Omega-3 dapat meningkatkan kualitas tidur si Kecil. Ibu tentu mengerti bahwa saat tidur otak si Kecil seakan di “refresh” kembali. Tidur yang baik dan cukup membuat fungsi otak anak terjaga dan mampu bekerja secara optimal.
  • Anak yang tercukupi asupan Omega-3 nya akan terhindar dari risiko keterlambatan perkembangan mental serta gangguan perilaku. Bahkan dengan asupan nutrisi ini dapat menstimulasi si Kecil untuk makin pintar berkomunikasi dan terampil dalam berhubungan sosial.
  • Omega-3 dan DHA ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah anak yang kesusahan dalam belajar membaca lho, Bu...
  • Daya ingat dan konsentrasi si Kecil dapat meningkat dengan konsumsi Omega-3 dan DHA sehingga anak mampu belajar dengan lebih baik.

Setelah mengetahui berbagai manfaat penting Omega-3 dan DHA bagi anak, kini Ibu akan dikenalkan dengan berbagai sumber makanan yang kaya akan dua nutrisi tersebut. Beberapa bahan makanan sumber Omega-3 dan DHA dapat Ibu temukan pada berbagai jenis makanan laut (salmon, tuna, udang, lobster, dll.), kacang-kacangan (walnut, kenari, kacang tanah, dll.), biji-bijian utuh, sayuran berdaun hijau (bayam, brokoli, dll.), telur, dan daging. Beberapa produk susu bubuk pertumbuhan juga difortifikasi dengan kandungan Omega-3 dan DHA seperti halnya pada susu Frisian Flag 456 Primanutri. Frisian Flag 456 Primanutri bahkan tersedia dalam tiga varian rasa yang disukai oleh si Kecil yaitu vanilla, cokelat, dan madu. Oleh karena itu, ingat ya Bu untuk selalu memberikan susu Frisian Flag 456 Primanutri untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Dorong si Kecil tumbuh makin Pintar, Kuat, dan Tinggi yuk, Bu!