Whatsapp Share Like
Simpan

Aktivitas sehari-hari yang padat menuntut agar badan tetap berada pada kondisi terbaik. Tak ayal, berbagai cara dilakukan untuk menjaga keadaan badan agar tetap sehat dan fit. Olahraga teratur mungkin jadi jalan yang dipilih banyak orang, dengan harapan agar kesehatan dan kebugaran tetap terjaga. Hal yang tidak boleh dilupakan juga adalah asupan nutrisi yang seimbang.

Berbicara mengenai kesehatan dan asupan nutrisi, ternyata tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa. Anak-anak pada usia dini, katakanlah lima tahun, juga memerlukan asupan nutrisi yang seimbang. Jika pada orang dewasa nutrisi berfungsi untuk menjaga kesehatan dan daya tahan, pada anak-anak asupan nutrisi memiliki peran yang lebih besar.

Ya, nutrisi diperlukan anak-anak pada usia dini untuk menunjang tumbuh kembang, baik fisik maupun kecerdasan secara umum. Anak yang sehat dan kuat tentu membutuhkan asupan nutrisi yang baik, sama dengan aktifitas fisik yang cukup. Dengan asupan nutrisi yang tepat, perkembangan kecerdasan dan fisik anak bisa meningkat secara optimal.

Nutrisi Pokok untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Untuk anak berusia lima tahun, beberapa nutrisi perlu diperhatikan porsinya agar mencukupi kebutuhan si anak. Setidaknya terdapat 7 nutrisi utama yang harus ada, untuk bisa menunjang masa pertumbuhan fase awal ini.

  1. Protein

    Protein menjadi salah satu nutrisi penting yang diperlukan si Kecil sebab pada usia ini, si Kecil sangat aktif bergerak dan tumbuh. Asupan protein yang cukup akan memastikan pertumbuhan fisik si Kecil dapat optimal, karena protein berperan dalam memproduksi sel baru dalam tubuh si Kecil.

    Artikel Sejenis

    Protein sangat mudah didapatkan sehingga Ibu tidak perlu khawatir si Kecil kekurangan asupan protein. Mulai dari telur, susu, daging, tahu dan tempe, serta berbagai olahan kedelai lainnya kaya akan protein yang bisa jadi asupan baik untuk si Kecil.

  2. Omega 3 & 6

    Kandungan Omega 3 dan 6 yang ada pada berbagai jenis ikan, sangat bermanfaat untuk perkembangan otak si Kecil. Itu mengapa, banyak produk susu atau makanan untuk anak yang mencantumkan kandungan Omega 3 dan 6 dalam informasi nutrisi yang terdapat di dalam makanan atau minuman tersebut.

    Ibu bisa memberikan beberapa ikan berikut yang telah terbukti kaya akan kandungan Omega 3 dan 6. ikan tersebut diantaranya adalah ikan salmon, makarel, dan yang paling mudah ditemui adalah sardin. Tentu pemberian asupan juga harus disesuaikan dengan porsi makan si Kecil agar tetap seimbang.

  3. Serat

    Seperti diketahui serat baik untuk pencernaan. Untuk anak-anak, selain baik untuk pencernaan serat juga menjaga agar si Kecil Ibu tidak makan berlebihan. Makanan yang kaya serat akan membuat si anak merasa kenyang lebih lama, sehingga akan menjaga si Kecil pada berat badan yang ideal.

    Setidaknya, kadar serat yang disarankan untuk dikonsumsi seorang anak usia lima tahun adalah sekitar 10 g. Tentu serta sangat mudah didapat, mulai dari buah-buahan, roti gandum, kacang, kentang manis, dan kacang hijau.

  4. Sphingomyelin

    Nutrisi yang satu ini memiliki peran dalam menunjang perkembangan otak si Kecil saat dalam masa pertumbuhan. Jika Omega 3 dan 6 memberikan nutrisi berupa lemak yang diperlukan otak, Sphingomyelin berperan dalam mengoptimalkan pembentukan lapisan pada saraf otak sehingga perkembangannya bisa maksimal.

    Untuk bahan makanan yang banyak mengandung nutrisi ini, Ibu bisa mengandalkan susu sapi, susu kedelai dan jika diperlukan susu pertumbuhan sesuai dengan usia si Kecil.

  5. Zat Besi

    Kekurangan zat besi banyak ditemukan pada anak-anak yang mengalami kelebihan berat badan. Zat Besi sendiri berfungsi untuk menjaga kemampuan sel darah merah dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu nutrisi ini juga sangat penting untuk perkembangan otak anak, sehingga wajib dipenuhi untuk asupan hariannya.

    Makanan yang mengandung banyak zat besi antara lain udang, daging merah, daging ayam dan kacang-kacangan. Selalu perhatikan asupan makanan-makanan ini agar kebutuhan zat besi si kecil tetap terpenuhi setiap hari. Pastikan juga bahwa makanan tersebut selalu disajikan dengan baik, agar nafsu makannya tetap terjaga.

  6. Asam Sialat

    Asam Sialat memiliki fungsi utama dalam perkembangan otak, kaitannya dengan memori jangka panjang untuk si Kecil. Asupan nutrisi yang cukup untuk si Kecil akan menunjang pembentukan ingatan jangka panjang yang lebih baik, sehingga si Kecil dapat mengingat lebih banyak hal yang dipelajarinya.

    Salah satu sumber dari Asam Sialat ini adalah susu kambing. Ibu bisa mendapatkan susu kambing lebih mudah, karena susu ini mulai banyak memiliki peminat dan konsumen.

  7. Minyak Ikan

    Pada dasarnya konsumsi minyak ikan bisa didapatkan dari konsumsi ikan secara rutin. Ibu tidak perlu selalu mengandalkan suplemen untuk anak agar kebutuhan minyak ikannya terpenuhi. Kandungan DHA dan EPA yang ada, bisa membantu si Kecil agar semakin cerdas dan optimal pertumbuhan otaknya.

Kombinasi dari ketujuh makanan tadi bisa Ibu lakukan sehingga si Kecil tidak bosan ketika memakannya. Selain itu, berbagai olahan juga bisa diracik, agar nutrisi terpenuhi dan anak tetap memiliki nafsu makan yang besar. Kecukupan nutrisi tentu akan menunjang pertumbuhan fisik dan kesehatan anak, sehingga anak menjadi sehat dan kuat.

Jika Ibu memiliki dokter anak kepercayaan, konsultasikan asupan si anak dengan dokter tersebut untuk mendapat komposisi makanan terbaik sesuai dengan kebutuhan harian buah hati Ibu. Pendapat seorang profesional sangat disarankan agar si Kecil mendapatkan yang terbaik.

Susu bubuk Frisian Flag 456 PRIMANUTRI mengandung ke-7 nutrisi penting untuk mendukung tumbuh kembang anak di atas usia 3 tahun. Dengan rasa madu, vanilla dan cokelat yang lezat, pastinya disukai oleh anak. Berikan 2-3 gelas dalam sehari untuk mendukung asupan gizi yang optimal.