Whatsapp Share Like
Simpan

Setiap orang tua tentu ingin selalu memberikan yang terbaik bagi anaknya sejak masa kandungan. Salah satu cara agar si Kecil tumbuh sehat adalah dengan memberikan ASI eksklusif sejak lahir. ASI eksklusif harus sudah dipersiapkan sejak masa kehamilan, karena pada usia kehamilan 8 minggu, payudara sudah dirangsang oleh hormon kehamilan. Hormon tersebut adalah prolaktin, hormon paling penting dalam pembentukan air susu. Salah satu tugas prolaktin adalah menjaga keseimbangan jumlah ASI yang diproduksi dengan bantuan hormon estrogen yang dibuat oleh plasenta.

Oleh karena itu, penting sekali merawat kesehatan payudara sejak hamil agar pemberian ASI eksklusif dan Inisiasi Menyusui Dini bisa dilakukan. Nah, apa saja yang harus Ibu lakukan agar ASI lancar? Simak ulasan berikut ini agar Ibu semakin lancar dalam memberikan ASI eksklusif bagi si Kecil, ya.

  1. Penuhi kecukupan gizi
    Sebagai seorang Ibu hamil, Ibu harus menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Ingat, apa yang Ibu makan juga akan memengaruhi tumbuh kembang si Kecil dalam perut. Memenuhi pola gizi seimbang dari protein untuk sumber pembangun, karbohidrat untuk sumber tenaga, serta vitamin dan mineral sebagai sumber pengatur dan pelindung yang mudah didapatkan dari sayur dan buah-buahan. Tak lupa, agar stamina tubuh terjaga, berolahragalah secara teratur. Selain itu, sebisa mungkin hindari kafein dan alkohol.
  2. Jaga selalu kebersihan payudara
    Kebersihan payudara, terutama puting susu adalah hal yang harus diprioritaskan. Sebab, puting merupakan keran untuk keluarnya ASI untuk si Kecil. Jika tidak dibersihkan, puting susu akan mudah terkena kuman dan bakteri dan akan menyumbat keran tersebut.
  3. Lakukan pemijatan payudara
    Memijat payudara bisa dilakukan saat mandi dan caranya cukup mudah. Ibu hanya cukup siapkan air hangat, air dingin, minyak kelapa, minyak zaitun, atau baby oil, handuk, dan kapas.
    Pertama-tama bersihkan payudara dengan air hangat, lalu pijat menggunakan salah satu minyak. Pemijatan menggunakan kedua tangan, sekeliling payudara, diurut memutar searah jarum jam, lalu berbalik arah. Setelah itu, lakukan pengurutan dari bawah menuju puting, tapi puting tak perlu dipijat.
    Setelah itu, bersihkan payudara menggunakan kapas dan campuran minyak. Minyak ini bermanfaat untuk melenturkan dan melembabkan puting, supaya kelak puting tak gampang lecet ketika diisap oleh si Kecil.
    Terakhir, bersihkan payudara dan puting memakai air hangat dan dingin. Tujuannya memperlancar sirkulasi darah. Lalu, keringkan payudara menggunakan handuk
  4. Pakailah bra yang pas
    Seiring dengan si Kecil dalam perut yang terus membesar, ia akan memengaruhi tubuh juga payudara Ibu. Payudara akan semakin besar dan membengkak, hal ini akan membuat tidak nyaman jika menggunakan bra yang kurang pas.
    Oleh karena itu, gunakanlah bra yang pas mengikuti pertumbuhan ukuran payudara. Jangan terlalu longgar dan terlalu kecil. Bra yang terlalu kecil akan menghambat sirkulasi darah Ibu sehingga nanti ASI yang dikeluarkan akan sedikit.
    Jangan lupa pilih bahan yang nyaman, menyerap keringat, dan ganti secara berkala.
  5. Jangan biarkan puting tenggelam
    Banyak yang khawatir saat hamil puting Ibu tenggelam sehingga harus ditarik-tarik. Tapi sebenarnya mulut si Kecil akan secara alami membuat puting semakin keluar. Jika memang tidak keluar dan si Kecil kesusahan untuk menyedot, gunakan bantuan nipple puller.

Itulah tadi tips yang bisa Ibu lakukan agar ASI yang diberikan kepada si kecil lancar dan berkualitas. Banyak faktor berhasilnya Ibu menyusui si Kecil, persiapan menyusui perlu dilakukan sejak Ibu di awal kehamilan sampai menjelang persalinan. Selain persiapan fisik, persiapan mental juga harus dilakukan agar ASI semakin lancar.

Apakah Ibu sudah melakukan hal-hal di atas? Selalu berikan yang terbaik bagi si Kecil. Jangan lupa berikan nutrisi yang baik dan gizi seimbang agar si Kecil sehat dan tumbuh dengan bahagia.

Protein pun harus diberikan secara rutin demi kesehatan Ibu dan si Kecil. Selain sumber protein nabati, pastikan Ibu mengonsumsi sumber protein hewani berkualitas seperti susu bubuk untuk ibu hamil Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA dengan kandungan 9 gram protein dalam satu gelasnya untuk mendukung kebaikan janin dan mama.

Artikel Sejenis