Whatsapp Share Like
Simpan

Kebutuhan nutrisi harian Ibu hamil mengalami peningkatan hampir dua kali lipat dari sebelumnya. Kesehatan si Kecil sangat bergantung pada makanan dan minuman apa saja yang dikonsumsi. Biasanya, Ibu akan bisa memenuhi gizi harian setelah kebutuhan nutrisi si Kecil terpenuhi. Wajar saja jika Ibu mengalami peningkatan porsi makan. Namun, dengan bertambahnya porsi makan, bukan berarti Ibu boleh makan apa saja. Komposisi dan kandungan dalam satu porsi tetap harus seimbang.

Selain itu, makanan yang melewati proses pengolahan mengalami pengurangan nilai gizi. Oleh karena itu, banyak Ibu yang mengandalkan susu bubuk untuk Ibu hamil untuk membantu memenuhi gizi harian. Tidak hanya itu, susu ibu hamil  juga mempunyai peran penting dalam menyediakan zat gizi penting yang diperlukan janin. Susu ibu hamil mengandung zat dan vitamin yang sulit ditemukan dalam makanan sehari-hari dan juga ditambahkan dengan zat-zat gizi yang  kebutuhannya meningkat selama masa kehamilan seperti: energy, protein, asam folat, kalsium, zat besi serta vitamin dan mineral lainnya Selain kandungan zat gizi penting untuk masa kehamilan, susu ibu hamil juga merupakan solusi praktis untuk memenuhi asupan nutrisi di masa kehamilan di saat nafsu makan ibu menurun terutama di awal-awal kehamilan.

Menurut penelitian, Ibu yang minum susu lebih dari 150 ml per hari selama kehamilan mempunyai anak perempuan dan laki-laki yang lebih tinggi saat remaja dibandingkan dengan anak yang lahir dari ibu yang konsumsi susunya kurang dari 150 ml selama masa kehamilan.

Sebelumnya, Ibu harus paham dahulu antara susu biasa dan susu yang khusus untuk Ibu hamil. Susu cair yang berada di pasaran biasanya hanya memiliki kandungan protein, gula, lemak, serta beberapa vitamin dan mineral yang bisa dikatakan kurang. Sedangkan susu ibu hamil memang diperuntukkan untuk wanita hamil dan kandungannya sudah disesuaikan untuk wanita hamil dan menyusui. Dengan demikian, jika Ibu tidak memiliki masalah untuk meminum susu seperti alergi dan mual-mual, disarankan untuk meminum susu setiap hari selama proses kehamilan. Pilih juga susu yang memiliki rasa lezat seperti susu Ibu hamil Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA dengan rasa cokelat yang lezat dapat mendukung asupan nutrisi Ibu selama periode kehamilan dan menyusui.

Namun, masih terdapat pro dan kontra mengenai meminum susu saat hamil. Banyak yang beranggapan bahwa dari makanan saja sudah cukup. Semua bergantung pada Ibu untuk memutuskan. Sebaiknya, konsultasikan dahulu pada dokter apakah Ibu memerlukan asupan tambahan dari susu karena semua bergantung pada kondisi Ibu dan si Kecil dalam kandungan.

Agar lebih pasti memilih susu yang akan menemani masa-masa kehamilan, terdapat informasi jenis-jenis susu yang  perlu  diketahui. Karena masing-masing jenis memiliki perbedaan manfaatnya.

  1. Susu Skim
    Susu skim adalah susu tanpa lemak yang bubuk susunya dibuat dengan menghilangkan sebagian besar air dan lemak yang terdapat dalam susu. Susu skim merupakan bagian dari susu yang krimnya diambil sebagian atau seluruhnya. Kandungan lemak pada susu skim kurang lebih 1%. Susu ini cocok untuk bagi Ibu yang tidak ingin menambah kalori namun sejalan dengan itu, kandungan vitamin A, D, E, dan C, sehingga sering kali tidak diutamakan untuk dikonsumsi Ibu hamil.
  2. Susu Wholecream/Fullcream
    Susu ini kebalikan dari susu skim karena mengandung jauh lebih banyak kalori dan lemak jenuh. Susu ini biasanya dianjurkan pada Ibu yang kekurangan berat badan sehingga perlu menaikan berat badan. Perlu diperhatikan, asupan lemak jenuh yang berlebih juga dapat berbahaya bagi jantung.
  3. Susu Pasteurisasi
    Pasteurisasi adalah proses pemanasan dengan suhu 63° selama 30 menit. Perhatikan informasi gizi pada susu yang akan Ibu pilih karena apapun jenis dan rasanya, susu tersebut sudah dipasteurisasi. Pasteurisasi membuat pertumbuhan bakteri dalam susu melambat. Susu pasteurisasi ini cenderung mengarah pada susu cair dibandingkan susu bubuk.
  4. Susu Mentah (Belum Diproses)
    Jangan percaya pada siapapun yang beranggapan dengan meminum susu langsung setelah diperas itu baik untuk Ibu hamil. Justru susu seperti itu dapat membahayakan janin. Terdapat banyak bakteri di dalamnya yang menyebabkan beberapa penyakit infeksi. Salah satunya adalah penyakit infeksi listeriosis yang disebabkan oleh mikroba. Oleh karena itu, Ibu disarankan untuk menghindari meminum susu mentah ini.


Meskipun susu terlihat sama saja, ternyata susu memiliki jenis berdasarkan manfaat dan kandungannya. Bahkan ada juga susu yang harus dihindari oleh Ibu hamil. Untuk itu, selalu cermat dalam menjaga asupan makanan dan minuman selama proses kehamilan. Demi si Kecil yang kelak tumbuh Pintar, Tinggi, dan Kuat, selalu penuhi asupan gizi dan nutrisi setiap hari.