Whatsapp Share Like
Simpan

Nutrisi yang terpenuhi merupakan salah satu hal penting yang sangat berpengaruh pada perkembangan si Kecil. Nutrisi si Kecil dapat dipenuhi dengan memberikan berbagai makanan yang sehat. Namun, ibu sering lupa bahwa minuman sehat juga penting untuk diberikan pada si Kecil. Pada usia 1-3 tahun, biasanya si Kecil sangat pemilih dalam hal makanan. Si Kecil bahkan biasanya menolak apabila makanan yang diberikan hambar dan tidak manis.

Jika si Kecil tidak mau makan, ibu harus tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Alternatif yang bisa dicoba adalah dengan memberinya berbagai asupan minuman sehat. Minuman berbeda dengan makanan, lebih mudah dicerna dan cepat habis. Ibu hanya perlu mengarahkan agar si Kecil mau minum berbagai minuman sehat seperti berikut ini.

Air putih harus terpenuhi

Air putih adalah salah satu minuman yang wajib dikonsumsi oleh si Kecil setiap hari. Ibu harus rutin memberikan air putih agar kebutuhan tubuh si Kecil terhadap mineral dapat terpenuhi. Dengan meminum air putih, si Kecil juga akan terbiasa dengan minuman tanpa rasa manis. Salah satu cara agar membiasakan si Kecil selalu minum air putih adalah dengan membelikannya botol yang lucu. Selalu isi botol itu dengan air putih dan letakkan dekat dengan si Kecil. Dengan begitu, kapan pun si Kecil ingin minum, botol berisi air putih ada dalam jangkauannya.

Teh dan madu hangat

Teh hangat bisa ibu berikan sesekali pada si Kecil. Minuman ini sangat sehat untuk dikonsumsi si Kecil asal tidak terlalu sering. Sebagai pengganti gula, ibu dapat menambahkan madu karena lebih sehat. Pilihlah teh Cammomile yang bisa membantu si Kecil lebih mudah tidur. Berikan sebelum ia tidur malam atau jika hari hujan dan sedang flu.

ASI atau Susu Bubuk Pertumbuhan

Untuk usia 1-1,5 tahun, tentu si Kecil masih sangat membutuhkan ASI. Ibu harus selalu memberikan ASI karena berbagai nutrisi terkandung di dalamnya. Si Kecil yang mendapat asupan ASI cukup akan lebih sehat dibanding yang kurang asupan ASI. Apabila si Kecil sudah tidak lagi minum ASI karena usianya, ibu bisa memberikan susu bubuk pertumbuhan.

Artikel Sejenis

Susu bubuk pertumbuhan juga sangat sehat untuk tubuh si Kecil. Susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI hadir untuk membantu mencukupi nutrisi si Kecil. Di dalam Frisian Flag 123 PRIMANUTRI terdapat kandungan omega 3, omega 6, minyak ikan, zat besi, serat pangan inulin, vitamin, serta kalsium. Berikan pada si Kecil setiap sarapan dan malam sebelum tidur. Dengan begitu, pertumbuhan tulang dan giginya pun akan semakin baik. Jika si Kecil tidak suka susu putih, ibu juga bisa memberikan susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI dengan varian rasa lain.

Yogurt

Yogurt merupakan minuman fermentasi susu yang sangat baik untuk pencernaan. Si Kecil yang kurang makan buah dan sayur biasanya bermasalah pada bagian pencernaannya. Ibu dapat memberikan yogurt untuk mengatasi hal tersebut. Berikan yogurt secukupnya dan sesuai dengan tingkatan usia si Kecil, ya. Jangan berikan terlalu banyak. Minuman sehat dapat menjadi racun apabila ibu memberikannya terlalu banyak dan melebihi yang semestinya.

Jus Buah dan Sayur

Salah satu solusi apabila si Kecil enggan makan sayur adalah dengan memberinya jus. Ibu dapat mencampurkan lebih dari satu jenis sayur untuk dibuat jus. Tambahkan buah jika perlu agar warna yang dihasilkan bisa menarik hati si Kecil. Dengan minum segelas jus setiap harinya, kebutuhan vitamin si Kecil dapat terpenuhi. Namun, ibu harus memberikannya secara teratur, ya. Jika si Kecil lebih menyukai jus buah daripada sayuran, ibu tidak perlu resah. Masing-masing anak memang punya kesukaannya sendiri. Jika si Kecil mau mengonsumsi jus dengan mudah setiap hari pun hal itu sudah sangat baik bagi kesehatan tubuhnya.

Itulah 5 minuman sehat yang bisa ibu berikan pada si Kecil. Sebaiknya, ibu membiasakan si Kecil untuk selalu mengonsumsi minuman sehat. Hal ini memberi banyak keuntungan bagi si Kecil. Pertama, ia dapat memenuhi nutrisi dalam tubuhnya sehingga lebih sehat. Kedua, si Kecil akan memiliki kebiasaan minum sehat hingga dewasa. Ketiga, mengonsumsi minuman sehat merupakan investasi jangka panjang yang baik bagi tubuh si Kecil.

Apabila si Kecil tidak terlalu suka minum berbagai minuman sehat, ibu tetap harus membiasakannya. Lakukan sedikit demi sedikit dan setiap hari. Berikan pengertian mengapa si Kecil harus selalu minum berbagai minuman sehat. Jika si Kecil masih menolak, ibu harus bisa menggunakan trik tertentu. Misalnya, berikan separo porsi terlebih dahulu untuk seminggu pertama. Jika si Kecil sudah mulai terbiasa, ibu bisa meningkatkan porsi minum si Kecil sedikit demi sedikit. Selamat mencoba, ya.