Whatsapp Share Like
Simpan

Agar tidak repot, Ibu biasanya membiasakan si Kecil menggunakan popok sehingga memudahkannya untuk buang air kecil maupun buang air besar. Permasalahannya adalah si Kecil tidak bisa selamanya menggunakan popok. Menginjak usia 3 tahun, sebaiknya si Kecil mulai dilatih cara menggunakan kamar mandi. Tentunya menggunakan membiasakan menggunakan kamar mandi tidaklah mudah apalagi si Kecil sudah terbiasa buang air di manapun karena penggunaan popok. Berikut ini terdapat 5 cara mudah mengajarkan si Kecil menggunakan kamar mandi yang bisa Ibu coba.

Jelaskan pentingnya menggunakan kamar mandi

Sebelum mulai mengajari si Kecil, Ibu sebaiknya memberikan penjelasan terlebih dahulu. Sampaikan dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh si Kecil. Bagi Ibu, menggunakan kamar mandi adalah hal biasa. Namun, bagi si Kecil yang belum terbiasa, menggunakan kamar mandi menjadi sebuah tantangan yang sulit. Oleh karena itu, Ibu diharapkan juga memberikan semangat dan motivasi pada si Kecil ketika sedang memberikan penjelasan. Katakan padanya bahwa menggunakan kamar mandi akan membuatnya semakin hebat dan keren.

Ganti popok dengan celana dalam

Memasuki usia 3 tahun, ketergantungan si Kecil terhadap popok harus dihentikan. Mengajari si Kecil menggunakan kamar mandi sebaiknya dibarengi dengan melepaskan popoknya. Gantilah popok dengan celana dalam. Awalnya si Kecil akan merasa tidak nyaman karena belum terbiasa. Bahkan sesekali si Kecil masih akan mengompol di celana. Katakan pada si Kecil bahwa setiap ia ingin buang air kecil maupun besar, ia harus memberi tahu Ibu. Setelah itu, Ibu sebaiknya segera membawa si Kecil ke kamar mandi dan membantunya. Jika polanya sudah terbentuk dan menjadi kebiasaan, si Kecil akan mulai ke kamar mandi sendiri setiap kali merasa ingin buang air.

Cari momen yang tepat untuk memulai

Mengganti satu kebiasaan dengan kebiasaan baru tentu merupakan hal yang sulit dan mengerikan bagi si Kecil. Oleh karena itu Ibu harus mencari momen yang tepat untuk mulai mengajari si Kecil menggunakan kamar mandi. Pastikan si Kecil memang sudah siap secara fisik dan psikis. Menggunakan kamar mandi adalah salah satu aktivitas yang cukup sulit bagi si Kecil karena termasuk dalam kemampuannya untuk menjadi mandiri.

Ciptakan suasana yang nyaman di kamar mandi

Untuk membuat si Kecil mau menggunakan kamar mandi, ia harus merasa nyaman di sana. Oleh karena itu, menciptakan suasana yang nyaman di kamar mandi perlu dilakukan. Beberapa hal yang bisa ibu lakukan di antaranya adalah mengecat tembok kamar mandi dengan warna kesukaan si Kecil atau memberi hiasan pada kloset sehingga lebih menarik. Selain itu, pastikan selalu bahwa kamar mandi berbau sedap sehingga si Kecil tidak terganggu ketika di dalamnya.

Bertahap dan konsisten dalam mengajari

Terkadang, si Kecil tidak mau menggunakan kamar mandi karena Ibu cenderung terlalu memaksanya. Membentuk kebiasaan baru memang membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama. Oleh karena itu, sebaiknya ibu mengajari si Kecil menggunakan kamar mandi secara bertahap dan konsisten. Awalnya, cukup ajarkan pada si Kecil untuk menggunakan kamar mandi di siang hari. Apabila si Kecil sudah terbiasa, Ibu bisa mulai mengajari si Kecil menggunakan kamar mandi di malam hari. Selain itu, Ibu juga bisa memberi hadiah pada si Kecil sesekali apabila ia menggunakan kamar mandi sehari penuh tanpa bantuan Ibu dan tidak mengompol di celana sama sekali.

Setelah Ibu mengajari si Kecil menggunakan 5 cara mudah di atas tentu terjadi perubahan yang signifikan. Si Kecil akan mulai terbiasa menggunakan kamar mandi karena paham dengan apa yang ibu ajarkan. Namun, jika si Kecil lambat pemahamannya, hal itu bisa jadi karena ia kekurangan nutrisi dan gizi. Ibu bisa mengatasinya dengan memberikan asupan susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag 123 PRIMANUTRI sehingga membuatnya semakin pintar. Kandungan didalamnya seperti vitamin A, C, E, Send, Selenium, dan Serat Pangan Inulin berperan menjaga si Kecil selalu kuat.

Selain itu, kandungan protein, kalsium, dan vitamin D yang membantu proses penambahan tinggi badan. Terdapat pula omega 2, omega 6, minyak ikan, zat besi, asam sialat, dan sphingomyelin yang akan memperkuat memori dan proses informasi otak. Dengan begitu si Kecil akan semakin cepat tanggap dan paham ketika Ibu mengajarkannya menggunakan kamar mandi. Tersedia 3 varian rasa yaitu madu, vanila, dan coklat yang tentunya sangat disukai si Kecil.