Share Like
Simpan

Selama bulan puasa, berbuka dan sahur menjadi dua momen penting  untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Ibu dan si buah hati. Oleh sebab itu, Ibu perlu mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil  demi menjaga kesehatan Ibu dan janin selama puasa.

Agar tetap mendapatkan cukup energi sekaligus mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan, menurut dokter di sebuah forum Ibu hamil yang saya ikuti, wanita hamil membutuhkan setidaknya 2.700-2.800 kalori per harinya. Nah... hal ini tetap harus terpenuhi, meskipun Ibu menjalankan puasa. Untuk itu, saat hamil di bulan puasa tahun lalu, saya pun berkonsultasi dengan dokter kandungan saya mengenai berapa banyak makanan yang mesti dikonsumsi dan apa saja menunya untuk mendapatkan kalori sejumlah itu.

Kemudian, dokter pun memberikan semacam contoh menu makanan sehat yang bisa saya konsumsi saat sahur, saat berbuka, setelah shalat Maghrib, dan saat makan malam agar gizi Ibu hamil senantiasa tercukupi. Berikut menunya:

Menu Makan Sahur

Contoh makanan sehat untuk ibu hamil yang dokter sarankan untuk saya konsumsi di jam makan sahur saat itu yaitu:

- 1 piring nasi.

- 1 potong ayam.

- sepotong tahu.

- semangkuk sayur (misalnya sayur bayam atau sayur asam).

- sepiring buah (bisa terdiri dari campuran dua atau tiga buah, seperti rujak).

- segelas susu Ibu hamil.

Menurut dokter, paduan menu sehat Ibu hamil di atas cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Ibu hamil selama berpuasa dan menghindarkan Ibu dari risiko kekurangan kalsium.

Menu Berbuka Puasa

Untuk berbuka puasa, saat itu dokter menyarankan agar saya tidak langsung mengonsumsi makanan berat. Sebab, alih-alih membuat kita berenergi dan semangat melakukan ibadah shalat Maghrib ataupun Tarawih, langsung makan berat saat berbuka puasa justru akan membuat perut terasa begah dan penuh, sehingga malah sulit untuk bergerak.

Jadi, saat itu dokter menyarankan untuk membatalkan puasa dengan minuman manis seperti es buah atau es teh begitu adzan Maghrib, kemudian cukup makan sepotong kroket atau bihun kukus sebagai pengganjal perut.

Menu Makan Setelah Shalat Magrib

Begitu selesai shalat Maghrib (sekitar 30-60 menit pasca berbuka puasa), barulah Ibu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lebih berat. Contoh asupan sehat untuk Ibu hamil yang disarankan adalah:

- 1 piring nasi.

- 1 potong daging atau ikan.

- 2 potong tempe.

- semangkuk sayur.

- sepotong buah yang banyak mengandung air (misalnya semangka, melon, ataupun jeruk).

Menu Makan Malam

Kemudian, dokter juga menyarankan saya untuk tidak melewatkan makan malam selama Ramadan, Bu. Makan malam ini bisa Ibu lakukan kurang lebih 2-3 jam setelah berbuka puasa.

Untuk menunya, berikut contoh dari dokter saat itu:

- 1 piring nasi.

- 1 potong daging atau 1 butir telur.

- semangkuk sayur kacang-kacangan (bisa kacang merah, kacang hijau, atau kacang kedelai).

- segelas susu Ibu hamil

Nah, itulah contoh menu makanan sehat untuk Ibu hamil selama bulan puasa. Yuk, pastikan menu sahur dan berbuka yang Ibu konsumsi  tergolong makanan sehat untuk Ibu hamil agar Ibu dan calon buah hati senantiasa sehat selama Ramadan!