Whatsapp Share Like Simpan

Selain memiliki rasa manis khas madu, ternyata manfaat buah tin juga cukup beragam dan penting bagi kesehatan ibu hamil. Buah yang dikenal dengan sebutan buah ara ini aman dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui dalam bentuk segar maupun kering. 

Ibu bisa mendapatkan manfaat buah tin yang beragam berkat nutrisi yang terkandung di dalam buah ini. Melansir laman resmi momjunction.com, buah tin menjadi salah satu buah yang tinggi vitamin dan mineral, sehingga dapat mendukung kesehatan Ibu dan janin dalam kandungan. 

Menurut U.S. Department of Agriculture, satu buah tin yang berukuran sedang atau setara 50 gram mengandung sejumlah nutrisi, antara lain:

  • Kalori : 37 kkal
  • Karbohidrat : 10 gram
  • Gula : 8 gram
  • Serat : 1,5 gram
  • Lemak : 0,15 gram
  • Magnesium : 7 mg
  • Fosfor : 116 mg
  • Zat besi : 6 mg
  • Asam folat : 3 mcg
  • Vitamin A : 4 mcg
  • Vitamin K : 3 mcg
  • Vitamin C : 3,2 mcg

Kandungan nutrisinya cukup beragam kan, Bu? Maka dari itu, sebaiknya Ibu mulai mengonsumsi buah tin sebagai makanan pendukung yang menyehatkan selama masa kehamilan. Sebab, nutrisi-nutrisi di ataslah yang menghadirkan berbagai manfaat buah tin bagi kesehatan. Lantas, apa saja manfaat buah tin bagi ibu hamil dan janin? Kita simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Ragam Manfaat Buah Tin Bagi Ibu Hamil dan Janin

Berikut ini beberapa manfaat buah tin yang bisa Ibu dapatkan jika mengonsumsinya dengan wajar, antara lain:

Artikel Sejenis

  1. Mencegah sembelit atau konstipasi

    Manfaat buah tin yang pertama yaitu dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Ibu agar terhindar dari sembelit atau konstipasi. Seperti yang diketahui, ibu hamil rentan mengalami sembelit atau konstipasi karena kekurangan asupan serat. 

    Maka dari itu, manfaat buah tin ini sangat penting untuk membantu pergerakan usus karena serat dan probiotik yang terkandung di dalamnya. Yup! Manfaat buah tin yang satu ini juga berkaitan dengan kandungan probiotik yang berperan untuk mendukung kinerja bakteri baik di usus dan melancarkan pencernaan. 

  2. Menurunkan risiko anemia

    Selain sembelit, anemia juga rentan dialami oleh ibu hamil. Faktanya, menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan RI tahun 2018, sebanyak 48,9% ibu hamil di Indonesia mengalami anemia. 

    Nah, manfaat buah tin yang tak kalah penting yaitu membantu menurunkan risiko anemia pada ibu hamil. Hal ini karena buah tin mengandung zat besi yang dapat bekerja sama dengan hemoglobin dan membantu sel darah merah dari paru-paru menuju berbagai jaringan dalam tubuh. 

    Selain itu, manfaat buah tin untuk menurunkan risiko anemia juga hadir berkat kandungan vitamin C. Sebab, vitamin C berperan untuk membantu penyerapan dan penyimpanan zat besi di organ hati. Dengan begitu, manfaat buah tin dapat membantu menaikkan kadar hemoglobin karena zat besi yang terkandung di dalamnya akan diubah menjadi sel darah. 

    Namun, buah tin bukan satu-satunya makanan yang dapat menurunkan risiko anemia ya, Bu. Ibu juga tetap harus mengonsumsi makanan penambah darah lainnya secara seimbang agar terhindar dari anemia. 

    Salah satu makanan bergizi yang mengandung zat besi cukup tinggi adalah susu Frisian Flag PRIMAMUM. Bahkan, susu Frisian Flag PRIMAMUM juga mengandung asam folat dan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat mendukung kesehatan ibu hamil dan janin. 

  3. Membantu memperkuat tulang

    Manfaat buah tin yang selanjutnya yaitu membantu memperkuat tulang ibu, serta membentuk dan menjaga kesehatan tulang janin dalam kandungan. Manfaat buah tin ini bisa Ibu dapatkan berkat kandungan kalsium yang ada di dalamnya.

    Meskipun manfaat buah tin penting bagi kesehatan tulang, Ibu juga harus mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan protein lainnya, seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM. Ini karena susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) lengkap, yang tidak terkandung dalam buah tin.

    9 Asam Amino Esensial (9AAE) merupakan bentuk sederhana dari protein yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Kehadirannya sangat penting dan harus dipenuhi secara rutin, karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri dan tidak bisa menggantikannya jika kekurangan 9AAE.

    Maka dari itu, susu Frisian Flag PRIMAMUM bisa jadi pilihan tepat untuk mendukung kesehatan tulang Ibu dan janin karena mengandung kombinasi 9 Asam Amino Esensial (9AAE), kalsium, serta berbagai nutrisi penting lainnya. 

  4. Meredakan keluhan mual dan muntah

    Manfaat buah tin yang sayang untuk dilewatkan yaitu dapat meredakan keluhan mual dan muntah. Keluhan ini disebut juga dengan istilah morning sickness dan menjadi masalah umum yang dialami oleh sebagian besar ibu hamil.

    Manfaat buah tin yang satu ini bisa Ibu dapatkan berkat kandungan vitamin B6 di dalamnya. Jadi, jika Ibu mengalami mual dan muntah, tidak ada salahnya lho untuk mengonsumsi buah tin, baik yang segar maupun yang sudah dikeringkan sebagai camilan sehat. 

  5. Mengatur kadar gula darah

    Ibu hamil juga bisa mendapatkan manfaat buah tin yang berperan penting untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Sebab, buah tin mengandung kalium yang cukup tinggi sehingga penting untuk membantu mengontrol gula darah selama masa kehamilan. Selain itu, buah tin juga mengandung antioksidan polifenol dalam jumlah tinggi yang membantu mencegah risiko penyakit jantung. 

  6. Membantu mengendalikan nafsu makan berlebih

    Selama hamil, mungkin sebagian besar Ibu cenderung mengalami peningkatan nafsu makan. Apakah Ibu salah satunya? Sebenarnya hal ini wajar, tetapi jika tidak terkendali dapat memicu risiko lain, seperti diabetes gestasional atau obesitas. Nah, ternyata sifat basa yang dimiliki buah tin dipercaya dapat membantu mengendalikan nafsu makan Ibu lho, sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat, tentunya dengan porsi yang tepat dan tidak berlebihan ya, Bu. 

  7. Membantu menyeimbangkan kadar kolesterol

    Manfaat buah tin yang tak kalah penting yaitu dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat ini bisa didapatkan berkat kandungan asam lemak omega 3 (ALA), asam lemak omega 6 (LA), dan senyawa fitosterol. Selain itu, senyawa pektin yang ada dalam buah tin juga membantu menurunkan kadar kolesterol lho. 

  8. Membantu perkembangan otak janin

    Satu lagi manfaat buah tin yang perlu Ibu ketahui, yaitu dapat membantu perkembangan otak janin dalam kandungan. Sebab, buah tin termasuk buah yang kaya akan asam folat (vitamin B9) dan asam lemak omega 3 (ALA). Kedua nutrisi tersebut berperan penting untuk mendukung pembentukan dan perkembangan otak janin agar terhindar dari risiko cacat tabung saraf ketika lahir. 

Meskipun manfaat buah tin cukup banyak, tetapi Ibu harus mengonsumsi buah ini sesuai batas normal dan tidak berlebihan, ya. Pastikan Ibu mengonsumsi makanan lain yang tak kalah bergizi, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, sayuran hijau, buah-buahan lain, serta kacang-kacangan.

Seperti yang telah disebutkan, untuk mendukung kesehatan Ibu dan janin dalam kandungan, sebaiknya Ibu rutin mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM karena mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan asam folat, omega 3 (ALA), dan omega 6 (LA) untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil serta kesehatan Ibu. 

Selain itu, susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan kalsium dan vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel si Kecil.

Frisian Flag PRIMAMUM termasuk susu dengan harga ekonomis dengan nutrisi lengkap yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat Ibu merasa enek atau mual. Selamat mencoba, Bu!

Selain mengonsumsi buah tin dan makanan bergizi lainnya, Ibu juga perlu memantau tumbuh kembang janin secara rutin, termasuk mengetahui Hari Perkiraan Lahir (HPL) sejak awal, agar bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Nah, untuk mengetahui HPL, Ibu bisa memanfaatkan fitur Kalkulator Kehamilan yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Akademi Keluarga Prima dapat menemani Ibu sejak masa kehamilan hingga 6 tahun pertama kehidupan si Kecil, sehingga akan banyak fitur-fitur bermanfaat yang bisa Ibu maksimalkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz