Share Like
Simpan

Mengajak si Kecil berpergian dengan mobil, tentu akan lebih aman dan nyaman dengan car seat. Saya sendiri amat merasakan manfaat benda ini untuk kegiatan sehari-hari, Bu. Selama berkendara, saya dan suami merasa lebih rileks jika ia dapat duduk tenang di atas car seat. Namun, tahukah Ibu bahwa posisi car seat harus diatur dengan cara tertentu untuk memberi pelindungan maksimal pada si Kecil? 

Ya, di usianya yang masih kecil, ia lebih rentan terhadap risiko cedera jika terjadi kecelakaan mobil. Oleh karena itu, terdapat beberapa tata cara untuk mendudukkannya dengan aman dan nyaman di atas car seat. Apa saja hal-hal penting yang perlu diperhatikan Ibu? Ingatlah beberapa poin berikut:

  • Atur car seat menghadap ke belakang

Posisi ini dapat melindungi bagian kepala, leher, dan tulang belakang si Kecil dengan lebih baik ketika terjadi benturan saat kecelakaan. Si Kecil dianjurkan untuk menggunakan car seat menghadap ke belakang hingga usia dua tahun. Namun, jika berat dan tinggi badannya sudah mencapai batas maksimum car seat yang digunakan, Ibu bisa beralih ke car seat yang lebih besar dan memutar posisinya ke arah depan.

  • Selalu tempatkan si Kecil di kursi belakang

Air bag yang mengembang saat terjadi benturan di kursi depan samping pengemudi, dapat menyebabkan cedera serius pada si Kecil. Oleh sebab itu, selalu tempatkan si Kecil di kursi belakang untuk mengurangi risiko tersebut ya, Bu.

  • Pilih posisi tengah (di kursi belakang) untuk meletakkan car seat

Posisi ini dipercaya paling aman karena letaknya paling jauh dari pintu mobil.

  • Kencangkan tali pengaman pada car seat

Sesuaikan panjang tali pengaman sehingga si Kecil dapat duduk nyaman di atas kursinya. Pastikan tali dalam kondisi lurus, tidak terlipat ataupun longgar untuk mencegah ia merosot dari car seat.

  • Jangan letakkan selimut di antara bayi dan tali pengaman car seat

Melakukan hal ini dapat menyebabkan tali pengaman tidak terpasang dengan benar. Sebaiknya pasang terlebih dahulu tali pengaman hingga cukup kencang, baru kemudian letakkan selimut setelahnya.

  • Sesuaikan car seat dengan tinggi dan berat badan si Kecil

Yang perlu diperhatikan saat memilih car seat adalah menyesuaikannya dengan berat dan tinggi badan si Kecil. Ibu bisa mengganti car seat dengan booster seat yang lebih luas jika si Kecil telah menginjak usia empat tahun atau berat badannya telah mencapai 18 kg. Supaya lebih aman, sebaiknya Ibu cari tahu terlebih dahulu pilihan car seat yang tepat dan sesuai dengan si Kecil saat ini, ya.

Selain posisi duduk yang tepat, Ibu juga perlu memastikan bahwa car seat telah terpasang dengan baik di dalam mobil. Ikuti petunjuk di buku manual secara bertahap. Jika Ibu kurang paham, saya sarankan untuk bertanya terlebih dahulu kepada penjual atau pada keluarga dan teman yang sudah berpengalaman untuk memastikan car seat terpasang dengan benar. Bagaimanapun, keselamatan si Kecil tetap menjadi proritas utama kita ya, Bu.