Share Like
Simpan

 Pemberian vaksin Hib bertujuan mencegah infeksi bakteri Haemophilus influenzae tipe B (Hib) yang sering menyerang anak-anak berusia 3 bulan hingga 3 tahun, dan puncaknya pada anak usia 6-7 tahun. Infeksi Hib dapat menyebabkan berbagai penyakit yang cukup serius pada selaput otak (meningitis), radang paru-paru (pneumonia), sulit bernapas akibat epiglotitis (infeksi dan pembengkakan epiglotis atau katup tulang rawan di dalam tenggorokan yang menutup saat kita menelan, agar makanan tidak masuk dalam tenggorokan).

Selain itu infeksi Hib juga dapat menyebabkan infeksi berat dalam darah (septikemia), tulang dan sendi serta jantung, dan bila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kebutaan, tuli, keterbelakangan mental, kesulitan belajar hingga mengancam jiwa. Oleh sebab itu vaksin Hib sangat penting diberikan terutama pada anak-anak berusia dibawah 5 tahun dan telah dibuktikan manfaatnya dapat menurunkan angka infeksi Hib hingga 99% di Amerika.

Vaksin Hib dianjurkan diberikan pada si Kecil saat berusia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan dan 12-15 bulan. Anak berusia 5 tahun yang tidak pernah mendapatkan vaksin Hib lengkap saat bayi, juga perlu mendapatkan vaksin Hib.

Efek samping pemberian vaksin Hib
Setelah pemberian vaksin Hib, kadang-kadang didapatkan beberapa efek samping yang ringan yaitu demam, dan bila sudah dapat berbicara si Kecil akan mengeluh nyeri, kadang-kadang akan tampak kemerahan dan bengkak pada bekas suntikan. Reaksi ini terjadi sekitar 1-2 hari.

Apa saja yang dapat Ibu lakukan untuk mengatasi efek samping ini?

  • Berikan si Kecil banyak minum.
  • Hindari pemakaian pakaian tebal atau jaket saat si Kecil demam agar penguapan pori-pori kulitnya tidak terganggu.
  • Berikan obat penurun panas sesuai takaran dosisnya, bila si Kecil demam.
  • Kompreslah bekas suntikan dengan handuk yang direndam dalam air dingin 5-10 menit.
  • Bila reaksi tidak membaik atau bertambah buruk, bawa si Kecil ke dokter segera.


Karena manfaat pemberian vaksin Hib jauh lebih besar dibandingkan beberapa efek sampingnya, yang umumnya akan pulih dalam 1-2 hari, maka ibu tidak perlu ragu lagi untuk membawa si Kecil ke dokter atau bidan untuk mendapatkan vaksin Hib.