Share Like
Simpan

 Bila si Kecil sariawan,dapat mengganggu napsu makannya dan kelincahannya sehari-hari. Si Kecil akan malas makan, malas bicara, bahkan tidurnya pun terganggu. Biasanya sariawan ditemukan di beberapa area pada mulut, seperti gusi, belakang pipi, bibir dan langit-langit rongga mulut.

Iritasi pada rongga mulut (misalnya lidah), bibir atau pipi bagian dalam (rongga mulut) tergigit bisa menjadi penyebab terjadinya sariawan. Minuman atau makanan panas yang langsung dimakan pun dapat menyebabkan sariawan. Sariawan juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit serius dan ini perlu penanganan dokter lebih lanjut.

Sariawan umumnya timbul sebagai luka kecil berbentuk bulat, berwarna kekuningan atau pucat yang dikelilingi lingkaran merah dan terasa nyeri. Bila si Kecil sudah dapat bicara, ia akan mengeluh nyeri. Sariawan biasanya akan hilang dalam 7-10 hari.

Beberapa cara mengurangi nyeri sariawan :

  • Tidak memberi makanan atau minuman yang terlalu panas pada si Kecil
  • Ajari si Kecil berkumur dengan garam yang telah dilarutkan dalam air putih, atau biarkan si Kecil mengulum es batu bila mulutnya terasa panas
  • Banyak minum air putih dan hindari memberikan makanan asam (jeruk, lemon).
  • Saat menyikat gigi si Kecil, lakukan dengan perlahan, lembut dan tidak menyentuh lokasi sariawan si Kecil.

 

Sepuluh obat sariawan anak yang dapat diberikan kepada si Kecil :

  1. Triamcinolone-dental orabase adalah obat sariawan berbentuk gel atau menyerupai pasta gigi. Oleskan sedikit gel pada area sariawan dengan menggunakan cotton bud (jangan digosok) sebanyak 2-3 kali sehari setelah makan atau sebelum tidur. Bila dalam 7-14 hari sariawan tidak membaik atau makin parah, bawa si Kecil ke dokter.
  2. Gentian violet 0,25% diberikan dengan menggunakan cotton bud pada area sariawan yang telah dibersihkan lebih dulu dengan kain kasa atau kain yang dilingkarkan pada telunjuk Ibu. Lakukan 2 kali sehari. Pastikan gentian violet tidak tertelan oleh si Kecil.
  3. Obat oles golongan steroid, diresepkan oleh dokter untuk meredakan sariawan dengan luka yang besar dan untuk mempercepat penyembuhan.
  4. Air garam untuk kumur sehari 3 kali
  5. Baking soda yang dilarutkan dengan air dapat untuk obat kumur atau langsung dioleskan pada sariawan
  6. Policresulen dalam bentuk konsentrat obat kumur banyak digunakan untuk meredakan sariawan. Saat ini telah tersedia formula baru yang tidak menyebabkan rasa perih saat dioleskan pada sariawan. Teteskan obat ini pada cotton bud dan oleskan pada sariawan, kemudian tekanlah selama ½ menit sampai obat meresap.
  7. Tanaman lidah buaya diambil dagingnya untuk dioleskan pada sariawan.
  8. Madu dapat dioleskan pada daerah sariawan, sehingga mengurangi nyeri dan membantu penyembuhan
  9. Borax glyserin dioleskan pada daerah sariawan.
  10. Ho fung san merupakan obat Cina berbentuk bubuk berwarna hijau umumnya digunakan untuk meredakan sariawan. Ibu dapat mengoleskan bubuk obat pada sariawan si Kecil.


Nah, Ibu kini tidak perlu bingung bila menemukan si Kecil sariawan. Selain obat sariawan anak yang dijual di apotek, ternyata dengan air garam pun dapat membantu meredakan sariawan, bukan? Pilihlah di antara 10 jenis pengobatan sariawan di atas yang paling cocok, sehingga nyeri sariawan berkurang dan si Kecil merasa lebih nyaman dan kembali aktif bermain. Untuk obat yang memerlukan resep dokter, maka Ibu perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan mengenai manfaat & kecocokan obat tersebut bagi si Kecil.