Share Like
Simpan

Halo Ibu! Bagaimana kabar si Kecil? Tampaknya ia sudah besar ya sekarang. Menyapa Ibu di hari yang cerah ini jadi mengingatkan saya pada si Kecil saat masih berusia 6 tahun dulu. Kala itu, ia sedang bersemangat sekali untuk mengikuti karyawisata bersama teman-teman sekelasnya ke daerah Lembang, Bandung.

Namanya juga Ibu, awalnya saya sedikit cemas karena ini adalah pertama kalinya si Kecil mengikuti kegiatan sekolah di luar kota tanpa saya. Namun, saya pun akhirnya tidak mempermasalahkanya, kok. Pasalnya, saya yakin dan percaya pada guru dan semua pihak yang  terlibat dalam aktivitas ini.

Lagipula, banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan karyawisata bagi si Kecil. Melalui aktivitas tersebut, ia jadi belajar untuk lebih bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya dalam kegiatan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah. Selain itu, banyak riset menyebutkan bahwa anak-anak harus terlibat dalam beragam aktivitas di luar ruangan, agar daya tahan fisik dan perkembangan otaknya semakin meningkat. Hal itulah yang membuat saya mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini.

Sebelum si Kecil berangkat untuk mengikuti karyawisata, ada beberapa persiapan yang perlu dibawa. Nah, berikut ini adalah daftar persiapan yang harus Ibu perhatikan:

  • Pakaian secukupnya

Ketika mengikuti karyawisata, biasanya pihak sekolah mewajibkan si Kecil untuk menggunakan seragam sekolah atau membagikan kaos yang sama. Hal ini bertujuan agar lebih mudah mencari anak yang terpisah dari rombongan. Namun, Ibu harus tetap membawakan ia baju ganti sebagai cadangan kalau seragamnya basah atau kotor. Bawakan juga jaket atau sweater supaya si Kecil tidak kedinginan.

  • Obat-obatan

Obat-obatan merupakan salah satu poin penting yang tidak boleh terlupa. Apalagi, kalau si Kecil memiliki riwayat penyakit tertentu. Misalnya, ia punya penyakit asma, maka Ibu harus membawakanya obat dokter yang biasa gunakan. Beritahukan juga pada gurunya sebelum berangkat apabila si Kecil punya penyakit yang tidak biasa atau sering kambuh. Pasalnya, pihak sekolah biasanya hanya menyediakan obat-obatan umum, seperti obat pusing, demam, flu, atau masuk angin.

  • Uang saku secukupnya

Segala kegiatan sekolah yang diadakan di luar lingkungan sekolah, biasanya ditanggung oleh pihak sekolah atau termasuk dalam rincian biaya yang dikeluarkan untuk program tersebut. Namun, tidak ada salahnya membawakan si Kecil uang saku sebagai “pegangan” selama di sana. Tidak perlu banyak-banyak kok, secukupnya saja. Ibu juga bisa menitipkan uang saku tersebut pada gurunya, lho.

  • Camilan secukupnya

Terkadang, bepergian ke dalam atau ke luar kota membuat si Kecil bosan atau lapar dalam perjalanan menuju lokasi. Oleh karena itu, Ibu bisa membawakannya camilan untuk ia makan bersama teman-temannya. Tidak harus beli lho, camilan buatan sendiri pasti jauh lebih sehat. Salah satu bekal lezat dan bergizi yang saya sarankan adalah pie lezat isi tuna, lihat resepnya disini.

Itulah sederet persiapan yang perlu dibawa saat ia pergi. Satu lagi tips dari saya, sebagai Ibu kita harus mengetahui segala informasi terkait kegiatan karyawisata yang ia ikuti. Mulai dari tempat apa yang akan dikunjungi, hingga jadwal kegiatan selama di sana. Saat ia pulang nanti, Ibu jadi tahu kapan harus menjemputnya. Semoga si Kecil mendapatkan pengalaman berharga dari perjalanan karyawisatanya kali ini, Bu!