Share Like
Simpan

Jika Ibu jalan-jalan ke supermarket, berbagai jenis makanan, vitamin, suplemen, hingga produk perawatan tubuh khusus anak dari berbagai merek dapat kita jumpai. Tidak hanya satu atau dua macam, pilihannya justru sangat bervariasi.

Di usianya saat ini, sebisa mungkin ia harus terhindar dari produk yang mengandung terlalu banyak zat kimia, salah satunya dalam produk perawatan tubuh. Oleh sebab itu, Ibu harus tetap cermat dan tepat dalam memilih yang produk terbaik untuknya.

Setelah membaca di sebuah forum, saya menemukan fakta kalau ternyata produk perawatan tubuh untuk orang dewasa memiliki kandungan yang berbeda dengan produk khusus anak, Bu. Nah, sebelum menentukan pilihan, sebaiknya Ibu membaca tips dari saya seputar memilih produk perawatan tubuh untuk si kecil:

  • Sabun Mandi dan Sampo

Cobalah perhatikan label “pH netral” atau “pH seimbang” yang ada di kemasan sabun maupun sampo. Kadar Ph yang aman untuk kulit si Kecil yang masih sensitif adalah antara 5,5 sampai 6,5. Ini berbeda dengan produk orang dewasa yang kadar pH-nya 8 dan bersifat basa. Selain itu, Ibu sebaiknya memilih produk dengan kadar pengharum yang tak terlalu tinggi untuk mengurangi risiko terjadinya iritasi pada kulit si Kecil.

  • Pasta Gigi

Jika si Kecil belum bisa membuang busa dan air kumur, sebaiknya gunakan pasta gigi yang tidak mengandung Fluoride. Meskipun kandungan ini berguna untuk mencegah gigi berlubang, namun terlalu banyak mengonsumsinya justru bisa menyebabkan Fluorosis, yaitu timbul bercak putih pada lapisan email gigi.

Saat si Kecil sudah bisa meyikat gigi dengan baik, ibu bisa mulai menggunakan sikat gigi dengan kadar Fluoride rendah. Temani si Kecil saat menggosok gigi agar Ibu bisa memantau banyaknya pasta gigi yang digunakan maupun kebersihan giginya. 

  • Tisu Basah

Kalau Ibu suka mengelap bagian tubuh si Kecil dengan tisu basah, pastikan tak ada kadar alkohol terkandung di dalamnya. Bagi anak-anak, kadar alkohol dalam produk yang mereka gunakan dapat menyebabkan iritasi dan kulit jadi kering. Biasanya, alkohol ditulis dengan nama Ethanol atau Ethyl Alkohol pada komposisi produk.

  • Tabir Surya

Penggunaan tabir surya atau sunblock tidak hanya berlaku bagi kita orang dewasa saja lho, Saat memilih produk yang tepat untuk si Kecil, pilihlah tabir surya jenis losion atau spray yang mengandung SPF 30, Titanium, dan Seng Oksida untuk melindunginya dari sinar UV. Namun, pastikan produk pilihan Ibu bebas dari bahan pewarna, pengharum, dan juga pengawet sintesis sehingga aman untuk kulitnya yang masih sensitif ini ya, Bu.

Nah, sekarang Ibu sudah tahu kan, produk seperti apa yang aman untuk si Kecil? Perawatan tubuh yang tepat dapat membuatnya terhindar dari berbagai masalah kesehatan, Bu. Sebaiknya, selalu periksa label pada kemasan produk secara teliti sebelum membeli. Jika Ibu punya tips tambahan seputar memilih produk perawatan tubuh untuk si Kecil, jangan ragu untuk berbagi di sini, ya.