Share Like
Simpan

 Mengajak si Kecil melakukan aktivitas di dapur bisa mendorong minat memasak dan juga merupakan cara yang menyenangkan untuk menerapkan kebiasaan makan yang sehat. Selama berkegiatan di dapur, si Kecil juga akan mendapatkan banyak pelajaran baru.

Setiap kegiatan yang melibatkan si Kecil, memerlukan waktu dan kesabaran. Jadi jika Ibu merencanakan untuk memasak bersama si Kecil, pilihlah kesempatan di akhir pekan, dimana waktu Ibu di rumah lebih luang.

Saat memasak bersama, Ibu bisa memperkenalkan berbagai jenis hal baru kepada si Kecil. Mulai dari aneka bumbu, aneka sayur dan berbagai peralatan masak. Si Kecil akan banyak mendapatkan kata-kata baru, diantaranya mengocok, mengupas, mencincang, memotong, mengiris. Si Kecil juga akan lebih memahami konsep berhitung/matematika, seperti separuh, satu sendok teh, 30 menit.

Hal lain yang si Kecil pelajari di dapur adalah kesabaran. Ya, si Kecil harus bersabar menanti kue kesukaannya matang, si Kecil harus bersabar menunggu air mendidih sebelum memasukkan sayuran waktu membuat sop favoritnya. Ketika memasak, si Kecil juga mulai belajar bekerjasama, minta si Kecil untuk mencuci sayuran yang akan Ibu potong-potong. Atau minta si Kecil untuk mengambilkan telur di lemari es untuk membuat omelet kesukaanya.

Sambil memasak, Ibu juga bisa menceritakan apa manfaat sayuran yang akan dimasak dan mengapa kita harus makan makanan sehat. Ajarkan juga untuk selalu mencuci tangan sebelum mengolah makanan di dapur. Pastikan untuk menjauhkan benda-benda yang berbahaya dari jangkauan si Kecil. Ini memberikan kesempatan Ibu untuk mengajarkan keamanan pada si Kecil, untuk tidak bermain-main dengan pisau yang tajam atau alat listrik yang mungkin bisa melukainya.

Selesai memasak, Ibu bisa mengajarkan kebersihan dan kerapihan. Ajak si Kecil untuk membenahi dapur, membuang sampah, menyapu, mencuci wadah kotor. Wah, ternyata banyak sekali ya bu manfaat memasak di dapur bersama si Kecil. Selain mendapatkan makanan sehat, si Kecil juga mendapatkan banyak bekal pelajaran yang sangat berarti untuk kehidupannya.