Share Like
Simpan

Bagi sebagian ibu hamil, kadangkala melahirkan di rumah terasa jauh lebih menenangkan dibanding melahirkan di rumah sakit. Namun, Ibu harus mempersiapkannya dengan matang agar persalinan berjalan lancar. Ya, Ibu bisa bertanya langsung ke dokter ataupun berbagi cerita dalam forum ibu hamil. Kebiasaan ini sering saya lakukan sejak mengandung si Kecil, lho, Bu. Saya pun pernah berkonsultasi pada dokter terkait persiapan apa saja yang dibutuhkan untuk melahirkan di rumah. Lantas, apa saja sih yang harus dipersiapkan?

Dalam Kondisi Kesehatan yang Baik

Kesehatan wanita hamil adalah hal utama perlu diperhatikan. Sebelum memutuskan untuk melahirkan di rumah, Ibu harus memeriksakan kondisi kesehatan dan berkonsultasi dengan dokter kandungan. Hal ini tentunya perlu dilakukan untuk menghindari risiko medis yang tidak diinginkan. Hindari memaksakan kehendak untuk melahirkan di rumah, apabila kondisi Ibu dinyatakan tidak memungkinkan.

Pastikan Ada Tenaga Medis

Tahukah, Ibu? American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan setidaknya dua tenaga medis yang hadir di rumah, termasuk dokter atau bidan memiliki kemampuan menangani proses persalinan. Tidak hanya itu, Bu. Perawatan si Kecil saat sudah lahir nanti pun sebaiknya harus bisa memenuhi standar praktik rumah sakit, yaitu memberi kehangatan, pemeriksaan fisik, skrining, vaksin jika diperlukan. Ketika sudah lahir nanti, si Kecil juga harus segera diberi ASI oleh Ibu.

Tentukan Area Rumah yang Paling Nyaman

Ibu dan Ayah tentunya perlu menentukan tempat yang paling nyaman di rumah untuk sesi melahirkan nanti, contohnya kamar tidur atau ruang keluarga. Kemudian, siapkan tempat tersebut dan jauhkan benda-benda yang tak perlu. Proses persalinan merupakan suatu hal yang tidak mudah. Jadi selain menjaga kesehatan ibu hamil, Ibu juga harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, termasuk tempat untuk melahirkan di rumah.

Menyiapkan Segala Perlengkapan

Saat proses melahirkan, Ibu akan membutuhkan kain, handuk dan peralatan lainnya yang harus dipastikan kebersihannya. Terlebih lagi, perlengkapan ini akan bersentuhan langsung dengan si kecil yang baru saja lahir. Untuk itu, siapkan perlengkapan bersih dan bungkus dalam kantong plastik untuk memastikan kebersihannya dan terhindar dari debu. Tenaga medis pun biasanya juga menyiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk proses melahirkan.

Siap Siaga Rumah Sakit Terdekat

Saat melahirkan dirumah, Ibu tetap membutuhkan rumah sakit yang bisa dituju jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Untuk itu, simpan nomor telepon rumah sakit di telepon genggam Ayah atau menempelkannya di kulkas. Siapkan juga kendaraan untuk mengantar Ibu demi mengantisipasi jika harus dilarikan ke rumah sakit.

Minta Bantuan Saudara Terdekat

Saat melahirkan di rumah, banyak hal yang harus dipersiapkan. Jika memungkinkan, minta bantuan saudara untuk datang agar bisa membantu saat hari H. Ibu mungkin membutuhkan seseorang untuk menjaga atau mengurus rumah. Bantuan dari kerabat atau seseorang yang berpengalaman dalam proses persalinan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Melahirkan di rumah memang lebih nyaman bagi Ibu, karena dapat menurunkan ketegangan. Namun, Ibu juga harus paham bahwa Ibu tetap membutuhkan perawatan di rumah sakit jika saat melahirkan di rumah tiba-tiba terjadi komplikasi tak terduga yang dapat membahayakan keselamatan Ibu dan si kecil.

Dapatkan info sebanyak-banyaknya dari dokter, bidan, atau forum ibu hamil, sebelum Ibu memutuskan untuk melahirkan di rumah. Pikirkan dengan matang dan pastikan keselamatan Ibu dan si Kecil adalah hal yang utama. Pastikan juga tenaga medis yang mendampingi proses persalinan sudah berpengalaman dan berkualitas ya, Bu. Semoga persalinan nanti berjalan dengan lancar!