Share Like
Simpan

Betapa bahagianya Ibu melihat si Kecil tumbuh pesat. Di usianya yang ke-4 ini, si Kecil pun semakin tinggi dan perkembangannya pun semakin beragam. Proses tumbuh kembang tersebut salah satunya didukung oleh baiknya nutrisi yang Ibu berikan. Salah satu yang Ibu berikan adalah susu.

Di usianya yang ke-4, si Kecil sudah dapat bermain secara aktif dalam waktu yang lebih lama. Mereka lebih terampil berjalan, memanjat, melompat, berlari, berbaris dan sebagainya. Keterampilan melempar, menangkap, menendang juga semakin baik. Bisa dibilang si Kecil semakin aktif. Untuk memenuhi kebutuhan energi si Kecil, Ibu pun kadang berpikir perlukah susu yang dikonsumsi saat ini diganti dengan susu yang sesuai dengan usia si Kecil?

Dengan pertambahan usia, tentu si Kecil pun perlu asupan nutrisi yang sesuai dengan aktivitasnya saat ini, demikian pula halnya dengan susu. Cairan putih yang sarat nutrisi ini sebaiknya dipilih yang sesuai usia, misalnya Susu Frisian Flag 456 yang diperuntukkan usia 4-6 tahun. Namun saat mengganti dari susu sebelumnya–yang diperuntukkan usia 1-3 tahun–sebaiknya dikenalkan secara bertahap mengingat kadang si Kecil sudah merasa ‘kenal’ dengan rasa susu sebelumnya.

Apa saja yang terkandung di dalam susu pertumbuhan yang diperuntukkan anak yang berusia 4-6 tahun?
Isomaltulosa (yang juga terkandung dalam susu untuk usia 3 tahun) adalah sejenis karbohidrat yang sudah teruji klinis dapat memberikan energi lebih lama dan berdampak positif terhadap konsentrasi dan daya ingat anak.
Makronutrien dan mikronutrien, yang dapat membantu proses pertumbuhan.
Kalsium dan vitamin D3 yang bermanfaat dalam proses pembentukan tulang dan berperan dalam kesehatan tulang dan gigi.
Kolin, sebagai bahan pembentuk bagian penting membran sel yang berguna dalam menunjang fungsi daya ingat dan belajar.
Alfalinolenic acid (ALA) dan linoleic acid (LA) yang diperlukan sebagai bahan pembentuk DHA dan AA yang berperan dalam pertumbuhan sel-sel otak.

Mengenai anjuran berapa banyak susu yang perlu diminum, US Department of Agriculture merekomendasikan minimal 2,5 cangkir susu per hari bagi anak usia 4-8 tahun. Susu yang dikonsumsi bisa berasal dari susu sapi, susu kedelai, yogurt, dan keju. Satu cangkir kira-kira 250 ml.

Kadangkala Ibu merasa bingung bila persediaan susu yang diperuntukkan usia 1-3 tahun masih ada, apakah masih boleh diberikan kepada si Kecil yang sudah beranjak usia 4 tahun? Bila persediaan masih ada, Ibu masih bisa memberikannya, dan bila sudah habis, Ibu bisa membeli susu baru yang sesuai dengan usia si Kecil sekarang. Dan masa peralihan 123 ke 456 sebenarnya tidak diperlukan, namun Ibu perlu mengenalkannya secara bertahap atau Ibu bisa bercerita kepada si Kecil mengapa harus ganti susu sesuai usianya sekarang.

Berikan nutrisi terbaik bagi si Kecil, selain bermanfaat terhadap pertumbuhannya juga diharapkan dapat mendukung sistem ketahanan tubuhnya kelak.