Share Like
Simpan

Wah, tidak terasa si Kecil sudah memasuki usia lima tahun saja ya, Bu! Bukan hanya tubuhnya yang tumbuh semakin besar, biasanya di usia sekolah ini ia sudah lebih memahami lingkungan dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Si Kecil di rumah pun begitu, Bu. Ada saja berbagai Momen Wow si Kecil yang mengagumkan, Bu. Menurut psikolog dari rubrik Tanya Pakar Ibu & Balita, di usianya saat ini, masih ada beberapa hal lain seputar tumbuh kembang balita yang bisa membuat Ibu semakin bangga pada si Kecil. Apa saja? Simak infonya, yuk!

1. Mengembangkan Hati Nurani

Psikolog anak saya menjelaskan, menurut psikolog Charles E. Schaefer dan penulis tentang pendidikan anak Theresa Foy DiGeronimo dalam buku Ages and Stages: A Parent's Guide to Normal Childhood Development, si Kecil yang memasuki usia sekolah, mengalami perubahan kondisi psikologi dalam otaknya. Hal ini membuatnya mulai mampu menilai sesuatu berdasarkan hati nuraninya.

Hal ini bisa dilihat dari perubahan pola pikir si Kecil, Bu. Jika sebelumnya ia cenderung menerima apa yang diminta orang lain, kini ia bisa menilai benar atau salahnya sesuatu berdasarkan hati nuraninya. Selain itu, si Kecil juga mulai mampu berpikir dari sudut pandang orang lain, bersimpati terhadap perasaan orang lain, serta menyatakan apa yang ia rasakan pada orang lain. Selain mendorongnya untuk melakukan sesuatu, hati nurani si Kecil juga bisa membuatnya merasa bersalah jika melanggar peraturan, meskipun hal tersebut tidak diungkapkan pada Ibu dan orang lain.

2. Mengembangkan Suara Hati

Tak hanya hati nurani, Schaefer dan DiGeronimo juga menyatakan bahwa si Kecil biasanya mulai mengembangkan suara hati di usia sekolah. Suara hati ini tidak lagi hanya untuk berimajinasi dengan membuat percakapan menggunakan boneka atau mainan yang ia miliki, tapi justru untuk mendorongnya lebih ekspresif; seperti berani berkomentar saat mengalami hal yang baru, atau melatih percakapan dengan orang lain.

3. Mengembangkan Ingatan

Menurut Jane M. Healy, seorang psikolog pendidikan dan penulis buku Your Child’s Growing Mind, si Kecil mulai memahami cara menggunakan ingatannya saat memasuki usia sekolah. Sebelum usia ini, si Kecil memang sudah mampu untuk mengingat sesuatu di masa lalu. Namun saat usianya memasuki lima tahun ke atas, ia jadi semakin mahir mengelompokkan dan menyusun berbagai informasi dengan baik, sehingga lebih mudah diingat di kemudian hari.

Itulah beberapa Momen Wow si Kecil di usia lima tahun yang patut dirayakan. Untuk mendukung kemampuan otaknya dalam berkreasi lewat imajinasi di usianya saat ini, pastikan Ibu untuk memberikan asupan nutrisi yang sesuai dengan Frisian Flag Karya, Bu. Semoga si Kecil selalu sehat!