Share Like
Simpan

Musim hujan seperti saat ini memang membatasi aktivitas si Kecil. Sebagai ibu yang bijak, sudah pasti kita mengurangi kegiatannya di luar agar tidak mudah terserang penyakit. Namun, berada di dalam rumah seharian bisa menjadi sebuah siksaan baginya yang mudah bosan.

Kalau begitu kita harus pintar-pintar menyiasatinya, bukan?

Kebetulan sekali nih, Bu kemarin ada seorang teman yang memberikan beberapa rekomendasi permainan dalam rumah. Kabar baiknya adalah, kita tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam karena hanya memerlukan peralatan yang tersedia di rumah.

Ini dia permainannya, Bu.

1. Rumah Eskimo

Permainan ini merupakan permainan klasik yang dikenal hampir di setiap negara. Waktu Ibu masih anak-anak mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan rumah-rumahan. Tidak sulit untuk memainkan permainan ini. Cukup menyiapkan seprei, selimut, dan beberapa bantal.

Pertama-tama, susunlah 3 hingga 4 bantal sedemikian rupa hingga menyerupai dinding. Buatlah sebanyak tiga dinding. Selanjutnya, jadikan sprei sebagai atapnya. Gunakan selimut sebagai alas. Jadilah rumah eskimo atau igloo!

Di dalam rumah tersebut si Kecil bisa berpura-pura berlindung dari cuaca dingin di luar. Untuk memberikan efek yang lebih seru, saya suka berpura-pura menjadi seekor beruang kutub kelaparan yang memburunya. Ia pun menghindari saya sambil tergelak lucu!

Permainan ini dapat mengasah daya imajinasi si Kecil dengan menggunakan pintu, jendela, dan meja imajiner di dalam rumah eskimo tersebut.

2. Puzzle

Permainan ini sama seperti merangkai puzzle pada umumnya. Pertama-tama, Ibu dapat menggunting lima sampai sepuluh halaman majalah bekas. Pilih yang gambarnya cukup jelas dan menarik bagi si Kecil.

Selanjutnya, gunting setiap gambar yang ada di dalamnya. Gunting lagi gambar tersebut menjadi dua bagian. Masukkan potongan-potongan gambar tersebut ke dalam mangkuk. Nah, sekarang tugasnya si Kecil untuk menyatukan potongan-potongan gambar tadi, kemudian menempelnya kembali di halaman yang sesuai.

Ini adalah permainan favorit saya dan si Kecil, karena tidak hanya dapat melatih daya ingat, tapi juga dapat mendaur ulang barang yang tak terpakai.

3. Apakah Aku?

Untuk permainan ini Ibu membutuhkan stiker post-it dan pulpen. Pertama-tama, tulislah satu kata benda di stiker post-it (misalnya meja, sendok, atau pensil). Jangan sampai si Kecil mengintip, lho. Kemudian tempel di keningnya.

Nah, kemudian biarkan si Kecil menebak benda yang tertulis tersebut (Apakah aku bulat? Apakah aku ada di dapur?). Ibu hanya diperbolehkan menjawab Ya atau Tidak. Jika ia berhasil menebak, Ibu harus bergantian menjadi orang yang ditempelkan post-it dan menebaknya.

Permainan ini akan lebih seru dengan jumlah orang yang lebih banyak. Ibu bisa mengajak Ayah dan anggota keluarga lainnya.

 

Cukup mudah kan, Bu? Permainan di atas selain dapat membunuh kebosanan, ternyata juga dapat meningkatkan keterampilan bersosialisasi dan daya imajinasinya. Kini Ibu tidak perlu khawatir jika si Kecil merasa bosan dan merengek minta ke luar rumah saat sedang hujan. Cukup duduk manis dan menghabiskan waktu bermain bersama di dalam rumah.

Selamat mencoba ya, Bu!