Share Like
Simpan

Melihat si Kecil yang terpana dengan dunia di sekitarnya itu menggemaskan ya Bu?

Menurut Christine M Todd, ahli perkembangan anak, pada usia 4-6 tahun si Kecil akan aktif bergerak, memegang, melihat, mencari tahu, dan mempelajari berbagai benda di sekitarnya. Menariknya, rasa ingin tahu ini masih sejalan dengan kebutuhan si Kecil mendapat stimulasi pada bagian mulut. Jadi, pada usia 4-6 tahun, si Kecil pun belum meninggalkan kebiasaan memasukkan benda asing ke mulutnya. Selain itu, saat si Kecil makan, mungkin si Kecil menelan makanan yang belum dikunyah dengan baik, sehingga ukuran makanannya masih terlalu besar dibandingkan dengan ukuran kerongkongannya. Hal inilah yang kerap mengakibatkan si Kecil tersedak, Bu.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Ibu dapat memberikan perhatian penuh ketika si Kecil sedang bermain dan makan. Dengan demikian, si Kecil dapat terhindar dari risiko tersedak. Namun, mengetahui tindakan pertama yang perlu dilakukan juga penting lho! Lihat yuk Bu langkah-langkah penanganan darurat ketika si Kecil tersedak.

Pertama-tama, Ibu perlu pastikan si Kecil dapat bernafas dengan mengajaknya berkomunikasi. Jika dia dapat memberikan respon suara, berarti saluran pernafasannya menyisakan ruang untuk bernafas. Kemudian, mintalah si Kecil untuk batuk agar benda yang tersangkut terdorong keluar.

Jika si Kecil tidak dapat menjawab dan wajahnya mulai membiru, Ibu harus segera bertindak. Salah satu metode yang efektif mengeluarkan benda asing di kerongkongan si Kecil adalah dengan tekanan pada perut (Manuver Heimlich).

Langkah-langkah Manuver Heimlich:

  1. Posisikan diri Ibu agar bisa memeluk si Kecil dari belakang.
  2. Kepalkan tangan kanan Ibu dan rangkul perut si Kecil dengan posisi tangan kiri menutup kepalan tangan kanan.
  3. Pastikan kepalan tangan Ibu berada di bagian atas perut si Kecil, antara pusar dan ulu hati.
  4. Setelah posisi tangan Ibu tepat, rangkul dengan erat perut si Kecil dan berikan sentakan ke arah atas.
  5. Ulangi gerakan ini hingga benda asing terdorong keluar.

Saat melakukan manuver Heimlich, sebaiknya Ibu juga meminta bantuan orang lain. Selain dapat bantu hubungi dokter agar si Kecil segera mendapatkan penanganan medis, Ibu pun dapat diantarkan ke pelayanan kesehatan terdekat sambil terus menangani si Kecil yang tersedak.

Setelah benda yang membuat si Kecil tersedak berhasil dikeluarkan, segera hubungi dokter dan lakukan pemeriksaan. Karena bisa saja si Kecil mengalami luka atau infeksi pada saluran pencernaannya ya Bu.

Dengan mengetahui tindakan yang perlu dilakukan, maka Ibu pun dapat menghindari dampak buruk yang terjadi ketika si Kecil tersedak!

Salam Hangat.