Whatsapp Share Like
Simpan

Jasa pijat dan spa bayi kini sudah semakin populer dan mudah ditemukan di mana-mana. Para orang tua pun sangat senang membawa bayinya untuk mendapatkan perawatan tersebut, karena manfaatnya yang besar untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Sayangnya biaya untuk pijat dan spa bayi ini tidaklah murah, sehingga tidak semua orang tua sanggup untuk memberikan bayinya perawatan tersebut. Nah, untuk Ibu yang ingin memanjakan buah hati tapi tetap irit budget, lakukan saja sendiri di rumah. Ibu bisa mengikuti cara memijat bayi dan rangkaian baby spa yang mudah berikut ini. Yuk, langsung dicoba!

#1. Ciptakan Suasana Rileks & Tenang di Sekeliling Bayi

Sebagai langkah awal, Ibu perlu menciptakan suasana yang rileks dan tenang di sekeliling bayi guna membangkitkan mood nya. Caranya adalah dengan meredupkan lampu, menutup gorden, memasang musik dengan irama yang lembut, serta nyalakan lilin aroma terapi. Suasana seperti ini akan membuat bayi merasa rileks dan mudah untuk dipijat. Bahkan ia mungkin akan tertidur selama dipijat. Lucu sekali, ya.

#2. Ajak Bayi Berendam di Air Hangat

Di tempat perawatan baby spa, bayi akan diajak untuk berendam di kolam khusus. Untuk mengganti kolam tersebut, Ibu bisa menggantinya dengan wadah air lainnya. Jika di kamar mandi Ibu ada bathtub, Ibu boleh menggunakannya sebagai tempat berendam bayi. Namun jika tidak ada, gunakan kolam renang khusus bayi yang bisa dibeli di toko perlengkapan bayi.

Isilah bathtub atau kolam dengan air hangat hingga cukup banyak. Setelah itu, pasangkan pelampung leher khusus bayi supaya ia tidak tenggelam. Biarkan bayi berendam dan bergerak bebas di air selama sekitar 10 menit.

Artikel Sejenis

Awalnya bayi mungkin akan rewel dan menangis karena merasa takut dan belum terbiasa berada di air. Lebih baik jangan terlalu memaksa, karena bisa membuat bayi trauma. Lakukan saja secara perlahan dan bertahap hingga ia mampu beradaptasi dan tidak takut lagi. Manfaat dari bayi berendam ini adalah untuk membersihkan sel kulit mati serta meregangkan otot-otot bayi.

Baca juga: Ibupun Bisa Pijat Bayi Sendiri

#3. Pijat Bayi dengan Lembut

Cara memijat bayi memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan, Bu, karena akan berpengaruh pada kematangan saraf psikomotorik bayi. Namun bukan berarti Ibu tidak bisa melakukannya sendiri di rumah. Asalkan dilakukan sesuai tutorial pijat bayi yang benar, maka tak ada salahnya untuk memijat sendiri bayi Ibu di rumah.

Berikut adalah cara memijat bayi yang bisa Ibu coba terapkan:

  1. Siapkan baby oil untuk memijat bayi.
  2. Rebahkan bayi dalam posisi telentang.
  3. Mulai pijatan dari area kaki, yaitu dari paha sampai telapak kaki.
  4. Pindah pada tangan, mulai dari ketiak sampai ujung jari tangan. Putar perlahan pergelangan tangannya searah jarum jam.
  5. Setelah itu pijat bagian dadanya dengan gerakan melingkar secara lembut sampai area paha.
  6. Pindah pada bagian kepala, mulailah dari telinga. Pijat telinganya menggunakan telunjuk dan ibu jari. Setelah itu pijat wajahnya membentuk tanda hati yang dimulai dari kening sampai dagu. Letakkan ibu jari di tengah mata dan hidung, lalu pijatlah ke arah luar. Pijat dari hidung hingga pipi secara lembut, lalu gunakan ujung jari untuk memijat pelan rahang bayi.
  7. Ubah posisinya menjadi tengkurap, lalu pijat bahu, punggung, sampai ujung kakinya.

Ketika memijat bayi, berilah sedikit tekanan supaya kulit, saraf, dan ototnya ikut terstimulasi. Hal ini akan bermanfaat melancarkan peredaran darah dan limpa serta memberikan rasa tenang pada bayi.

#4. Mandikan Bayi untuk Membersihkan Tubuhnya

Untuk membersihkan sisa-sisa baby oil sekaligus memberikan kesegaran pada tubuh bayi, mandikan ia dengan air hangat. Pakailah sabun dan shampo yang sesuai dengan kondisi kulit bayi untuk menutrisi kulit dan rambutnya serta membuatnya makin bersih. Saat memandikan bayi, usap dan pijat ringan seluruh bagian tubuhnya supaya ia semakin terstimulasi dengan baik.

#5. Usap Badannya dengan Minyak Telon

Selesai memandikan bayi sampai bersih, segera bungkus ia dengan handuk bersih ya, Bu, agar ia tidak kedinginan. Jangan lupa untuk mengusap badannya dengan minyak telon, terutama pada bagian dada, perut, punggung, dan telapak kaki. Di samping mengembalikan kehangatan tubuh bayi, minyak telon juga berfungsi untuk mencegah bayi terserang perut kembung akibat masuk angin.

#6. Oleskan Baby Lotion pada Kulitnya

Cara memijat bayi yang terakhir dan tidak boleh terlewatkan adalah mengoleskan baby lotion pada kulit bayi, khususnya yang rawan kering, seperti tangan dan kaki. Langkah ini berguna untuk menjaga kelembapan kulit bayi serta membuatnya selalu wangi. Usap tangan dan kaki bayi dengan lembut menggunakan baby lotion sebelum memakaikannya pakaian.

Mudah, bukan, cara memijat bayi sendiri di rumah? Ibu bisa berhemat, tapi bayi tetap bisa terstimulasi dengan baik. Namun Ibu perlu tahu bahwa rangkaian baby spa di atas baru boleh diberikan saat usianya 3-6 bulan saat kepalanya sudah lebih kuat dan mampu ia topang sendiri. Pada usia ini bayi juga sudah mempunyai refleks untuk menyelam dan berenang. Selamat memberikan pijatan dan spa bayi pada buah hati ya, Bu. Semoga ia merasa senang dan rileks setelahnya.

Bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak langsung dengan ahlinya, bisa mengunjungi laman Tanya Pakar. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi dulu ya, Bu.

Sumber:

TokopediaBlog, HelloSehat