Memasuki usia 10 bulan, bayi membutuhkan nutrisi yang lebih beragam untuk menunjang tumbuh kembangnya. Selain ASI, sayur dan buah untuk bayi 10 bulan juga menjadi sumber nutrisi yang mengoptimalkan perkembangan si Kecil. Sebelum membahasnya lebih lanjut, pastikan Ibu mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. Dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil dengan Frisian Flag PRIMAMUM.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Tidak hanya lezat, sayur dan buah-buahan juga kaya akan nutrisi yang diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Memilih jenis sayur dan buah yang tepat untuk bayi usia 10 bulan menjadi kunci untuk memastikan asupan gizi yang optimal.

Buah untuk Bayi 10 Bulan

Buah-buahan merupakan salah satu pilihan MPASI yang bagus untuk bayi 10 bulan karena kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. 

Berikut ini beberapa jenis buah untuk bayi 10 bulan yang aman dikonsumsi:

  1. Alpukat

    Kaya akan lemak tak jenuh tunggal, alpukat merupakan buah untuk bayi 10 bulan yang baik untuk kesehatan jantung dan otak. Alpukat juga berperan dalam meningkatkan penyerapan vitamin A dan D dari makanan lain.

    Artikel Sejenis

    Teksturnya yang lembut dan creamy membuatnya mudah diolah menjadi berbagai menu MPASI 10 bulan yang bervariasi. 

  2. Pisang

    Buah untuk bayi 10 bulan ini menjadi salah satu sumber energi yang mudah dicerna. Pisang diketahui memiliki kandungan kalium dan vitamin B6 yang tinggi untuk mendukung perkembangan otot dan saraf. 

    Rasanya yang manis alami juga disukai oleh kebanyakan bayi. Ibu bisa memberikan pisang yang sudah matang dan potong kecil-kecil untuk menghindari risiko tersedak.

  3. Apel

    Kandungan serat dalam apel dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit pada bayi. Apel juga diperkaya dengan kandungan vitamin C, vitamin A, dan antioksidan yang penting untuk tumbuh kembang si Kecil.

    Apel memiliki tekstur yang lembut dan mudah dihaluskan, sehingga aman untuk bayi yang baru belajar makan makanan padat. Pastikan apel dikupas dan potong kecil-kecil untuk menghindari risiko tersedak.

  4. Pepaya

    buah pepaya untuk bayi 10 bulan - ibudanbalita

    Buah ini memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut, membuatnya cocok untuk dijadikan MPASI bayi usia 10 bulan. Selain rasanya yang lezat, pepaya juga kaya akan nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan bayi.

    Pepaya diketahui mengandung vitamin A, C, dan E yang tinggi, serta enzim papain yang membantu pencernaan protein.

  5. Pir

    Salah satu buah untuk bayi 10 bulan yang bagus yaitu pir. Buah ini mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan melawan infeksi.

    Pir juga mengandung serat alami yang membantu pencernaan bayi dan memberikan energi tambahan. Ibu bisa memberikan pir dalam bentuk potongan kecil sebagai finger food atau dicincang menjadi potongan yang lembut.

  6. Mangga

    Mangga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan serat yang penting untuk kesehatan mata dan pencernaan si Kecil. Sebaiknya Ibu memilih mangga yang sudah matang sempurna untuk mendapatkan rasa yang manis dan tekstur yang lembut.

    Buah mangga bisa dijadikan sebagai cemilan atau bahan tambahan MPASI 10 bulan. Namun, pastikan Ibu memberikan mangga dalam potongan kecil atau dihaluskan dengan blender sesuai dengan kemampuan makan si Kecil. 

  7. Melon

    Tahukah Ibu bahwa melon mengandung sekitar 90% air? Kandungan air yang tinggi dalam buah melon ini dapat membantu menjaga si Kecil tetap terhidrasi, terutama saat cuaca panas.

    Melon juga mengandung vitamin A dan C yang membantu menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Agar tidak tersedak, Ibu bisa menyajikan potongan melon kecil-kecil atau diolah menjadi jus tanpa gula tambahan.

  8. Buah Naga

    Dari sekian banyak pilihan buah untuk bayi 10 bulan, buah naga termasuk jenis buah yang kaya nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal si Kecil.

    Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah naga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, sehingga membuatnya lebih tahan terhadap penyakit.

Pastikan Ibu memberikan buah untuk bayi 10 bulan di atas yang sudah dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil atau dihaluskan sesuai dengan kemampuan makan si Kecil ya, Bu.

Sayur untuk Bayi 10 Bulan

sayur untuk bayi 10 bulan - ibudanbalita

Sayuran merupakan sumber yang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang sangat baik untuk perkembangan bayi. Beberapa jenis sayur untuk bayi 10 bulan adalah sebagai berikut:

  1. Bayam

    Salah satu jenis sayur untuk bayi 10 bulan yang bagus adalah bayam. Sayuran ini mengandung zat besi dan asam folat yang penting untuk mendukung pertumbuhan otak bayi. 

    Apalagi bayam juga mudah dicerna dan bisa diolah menjadi berbagai menu MPASI yang bergizi. Ibu bisa menambahkan bayam ke dalam menu MPASI 10 bulan lain seperti bubur, nasi tim, atau sup.

  2. Wortel

    Wortel merupakan salah satu jenis sayur untuk 10 bayi 10 bulan yang sering digunakan dalam MPASI bayi. Wortel merupakan sumber vitamin A yang penting untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh si Kecil.

    Ibu bisa mengolah wortel dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis. Berikan 1-2 sendok makan wortel sebagai permulaan dan tingkatkan porsinya secara bertahap seiring pertambahan usianya.

  3. Brokoli

    Kandungan antioksidan dalam brokoli dapat membantu melindungi tubuh si Kecil dari kerusakan akibat radikal bebas. Meskipun rendah kalori, brokoli kaya akan nutrisi penting untuk mendukung proses tumbuh kembang si Kecil.

    Brokoli kaya akan kandungan vitamin A, B kompleks, kalsium, zat besi, dan magnesium yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi secara keseluruhan.

  4. Buncis

    Buncis mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh dan berkembang. Ibu bisa mengolahnya menjadi bubur untuk MPASI 10 bulan atau dipotong kecil-kecil sebagai finger food

    Kandungan serat, natrium, vitamin A, C, K, dan zat besi dalam buncis membantu meningkatkan perkembangan kognitif, fungsi tulang, dan melancarkan pencernaan bayi.

  5. Labu Siam

    Jenis sayur untuk bayi 10 bulan selanjutnya yang bisa Ibu berikan kepada si Kecil adalah labu siam. Sayuran ini mengandung protein, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, asam folat, dan seng.

    Meskipun kaya manfaat, Ibu perlu berhati-hati saat mengolah labu siam. Sebab, labu siam mengeluarkan getah lengket yang bisa menyebabkan ruam pada kulit.

  6. Kembang Kol

    Kembang kol tak kalah bernutrisi dan bermanfaat lho, Bu. Sayur untuk bayi 10 bulan ini kaya serat, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh si Kecil dari berbagai penyakit. 

    Selain itu, kembang kol juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang, mencegah kolesterol, mengontrol berat badan, dan melancarkan pencernaan si Kecil.

  7. Ubi Jalar

    Kandungan protein, serat, kalsium, sodium, zat besi, magnesium, vitamin A, beta karoten, vitamin C, kolin, dan berbagai nutrisi lain dalam ubi jalar memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh si Kecil.

Ketika memperkenalkan sayuran kepada si Kecil yang berusia 10 bulan, pastikan Ibu mengolahnya dengan benar. Ibu bisa merebus, mengukus, atau menghaluskannya hingga mencapai tekstur yang mudah dicerna. 

Selain memberikan buah dan sayur untuk bayi 10 bulan, Ibu juga perlu untuk memberikan ASI yang cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian si Kecil. 

Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, Omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun, jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya, Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! 

Untuk mencukupi kebutuhan gizi harian si Kecil secara tepat, ada baiknya Ibu menggunakan fitur Kalkulator Gizi dari Akademi Keluarga Prima. Pemberian gizi yang tepat dan adekuat sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil. Jadi, langsung cobain fiturnya sekarang juga ya, Bu.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.