Share Like
Simpan

Sudah sampai mana persiapan persalinannya, Bu? Menjelang waktu kelahiran, biasanya ibu hamil akan mulai memikirkan tempat untuk melakukan persalinan. Ada beberapa tempat bersalin yang biasanya digunakan ibu hamil seperti rumah sakit, klinik bersalin, bahkan ada yang memilih untuk melahirkan di rumah sendiri!

Selama persiapan persalinan, memikirkan dan mempertimbangan kelebihan serta kekurangan tempat yang akan digunakan sangatlah penting. Pertimbangan itu bisa dari kondisi kesehatan Ibu, usia kehamilan, serta biaya yang harus dikeluarkan. Nah, berikut ini adalah beberapa pertimbangan dalam memilih tempat persalinan:

  1. Rumah

    Melahirkan di rumah sendiri biasanya akan membuat Ibu lebih santai, tenang, dan bebas dari tekanan karena suasana yang sudah begitu akrab. Meski demikian, sebelum memutuskan untuk melahirkan di rumah sendiri, sebaiknya Ibu melakukan persiapan persalinan yang lebih komplet untuk mengetahui apa saja risiko yang bisa terjadi nantinya.

    Persalinan di rumah bisa dilakukan apabila Ibu memiliki kandungan yang cukup umur, sehat, tidak memiliki komplikasi penyakit, dan sudah mengantongi izin dari dokter. Jika Ibu memutuskan untuk melahirkan di rumah, sebaiknya memilih dokter atau bidan yang benar-benar berkompeten untuk menangani proses kelahiran.

  2. Klinik Bersalin

    Berbeda dengan di rumah, melahirkan di klinik bersalin bisa mendatangkan ketegangan atau ketidaknyamanan tersendiri. Meskipun begitu, melahirkan di tempat semacam ini jauh lebih aman dan minim risiko karena tersedia peralatan lengkap dan ahli medis yang siap menangani Ibu setiap waktu.

    Walau relatif lebih aman, Ibu tetap membutuhkan persiapan persalinan yang matang sebelum melahirkan di klinik bersalin. Ibu juga perlu memilih klinik yang terpercaya dan dilengkapi berbagai alat medis untuk menangani keadaan darurat.

  3. Rumah Sakit

    Bagi Ibu yang pernah memiliki riwayat persalinan sulit di masa lalu atau mengalami komplikasi selama kehamilan, melahirkan di rumah sakit lebih dianjurkan. Sebab, rumah sakit memiliki fasilitas yang sangat lengkap sehingga bisa menangani berbagai kondisi gawat saat melahirkan.

    Persiapan persalinan yang dilakukan di rumah sakit juga jauh lebih komplet dan menyeluruh, baik dari segi peralatan, tenaga, fasilitas serta penanganan darurat sebelum maupun sesudah melahirkan.

Nah, di manapun tempat yang Ibu pilih untuk melahirkan nanti, pastikan segala persiapan persalinan sudah dilakukan sebaik mungkin termasuk masalah biayanya. Ada baiknya, Ibu meminta saran kepada bidan atau dokter agar merekomendasikan tempat bersalin yang sesuai dengan kondisi kehamilan Ibu. Jadi, pilih bersalin di mana Bu?