Cacar air pada anak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Umumnya cacar air pada anak menyerang anak berusia kurang dari 15 tahun, tetapi bisa juga terjadi pada anak usia lebih tua bahkan dewasa. Adanya virus yang menyerang si Kecil menandakan jika daya tahan tubuhnya rendah. Pastikan Ibu memenuhi asupan nutrisi harian si Kecil melalui makanan bergizi seimbang. Pastikan Ibu memberikan ia nutrisi tambahan dari susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ untuk dukung imunitas dan akal cermat si Kecil ya, Bu. Susu ini mengandung DHA 4x lebih tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya, serta 14 vitamin dan 9 mineral untuk bantu menjaga daya tahan tubuhnya. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Ciri-ciri cacar air pada anak yang utama adalah munculnya ruam atau kemerahan di kulit yang menyerupai jerawat atau sengatan serangga, dan terasa sangat gatal. Melansir Mayo Clinic, ruam kulit ini akan berubah menjadi lepuhan berisi cairan yang kemudian akan pecah dan akhirnya membentuk keropeng. 

Cacar air pada anak sangat mudah menular. Karenanya jika si Kecil terkena cacar air, sebaiknya tinggal di rumah dan beristirahat sampai seluruh keropengnya mengering. Virus ditularkan melalui udara (lewat percikan ludah dalam batuk/bersin penderita) dan melalui kontak langsung dengan cairan dari lepuhan. Untuk lebih mengenali cacar air pada anak, simak pembahasan berikut ini ya, Bu.

Penyebab Cacar Air pada Anak

Infeksi cacar air pada anak disebabkan oleh virus varicella-zoster yang dapat menyebar melalui kontak langsung. Virus penyebab cacar air pada anak ini juga dapat menyebar ketika penderitanya batuk atau bersin.

Risiko terinfeksi virus varicella-zoster akan lebih tinggi jika si Kecil belum pernah menderita cacar air atau belum mendapatkan vaksin cacar air. Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk memberikan vaksinasi cacar air yang biasanya diberikan sejak usia 12 bulan

Artikel Sejenis

Anak yang pernah menderita cacar air atau telah menerima vaksin cacar air cenderung lebih kebal. Meski jarang terjadi, namun orang bisa terkena cacar air lebih dari satu kali. Apabila si Kecil telah divaksinasi dan masih terkena cacar air, gejalanya akan lebih ringan dengan lenting cacar yang disertai demam ringan atau bahkan tanpa demam.

Gejala dan Ciri-ciri Cacar Air pada Anak

Gejala Cacar Air pada Anak - ibudanbalita

Nah, gejala cacar air pada anak biasanya baru akan muncul 4-5 hari setelah si Kecil mengalami demam. Namun, berbeda dengan campak, ruam serta bintik air pada cacar muncul dalam 10-21 hari setelah anak pertama kali terpapar virus.

Cacar air pada anak biasanya berlangsung selama 5-10 hari. Beberapa ciri-ciri cacar air pada anak yang harus Ibu perhatikan, yaitu:

  • Ruam kulit merah akan berubah menjadi bintik-bintik kecil melepuh dan terisi cairan atau disebut juga lenting cacar.
  • Kumpulan cacar baru akan muncul setelah 4-5 hari setelahnya.
  • Ruam kemerahan biasanya dimulai dari area sekitar kepala dan punggung, kemudian menyebar ke seluruh tubuh setelah 1-2 hari
  • Ruam atau lenting cacar juga umum terjadi dalam mulut, kelopak mata, dan kelamin
  • Demam. Semakin banyak lenting cacar yang muncul, semakin tinggi demam.
  • Rasa lelah dan tidak enak badan
  • Kehilangan nafsu makan

Diameter bintik atau lenting yang menjadi ciri-ciri cacar air pada anak biasanya tidak lebih dari 0.5 cm. Lalu, perlu diketahui pula bahwa lentingan bisa menyebar lebih luas dan cepat pada anak dengan kondisi sistem imun yang lemah. Setelah beberapa hari atau minggu, lenting akan mengering, mengelupas, dan menjadi keropeng.

Demam sebagai gejala cacar air biasanya akan memuncak (38,8º Celsius) di hari ketiga atau keempat. Setelah bintik atau lenting cacar perlahan mengering, demam akan mulai menurun. Namun, ada kemungkinan si Kecil tidak akan mengalami demam pada hari pertama cacar atau jika bintik tidak terlalu parah.

Baca Juga: 5 Hal Ini Sebaiknya Ibu Ketahui Apabila Si Kecil Terlambat Bicara

Cara Meredakan Cacar Air pada Anak

Cara Meredakan Cacar Air pada Anak - ibudanbalita

Sebagai tindakan untuk membantu meredakan gejala cacar air pada anak, Ibu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Kompres dingin atau mandi air dingin/hangat setiap 3-4 jam, mandi tidak menyebabkan penjalaran ruam.
  • Ketika mandi, jangan gunakan sabun yang biasa, tapi gunakan sabun yang lembut seperti sabun bayi atau sabun khusus untuk kulit yang sensitif.
  • Untuk membantu mengeringkan lepuhan, oleskan lotion calamine di area yang gatal, jangan dioleskan di wajah terutama sekitar mata.
  • Berikan makanan yang dingin dan lembut, jangan memberikan minuman asam (misalnya jus jeruk) atau makanan asin.
  • Jangan gunakan aspirin untuk penurun panas, karena bisa menyebabkan sindrom Reye yang dapat berakibat fatal.
  • Jangan biarkan si Kecil menggaruk ruam, kenakan sarung tangan dan gunting pendek kukunya.
  • Untuk menghindari iritasi kulit akibat cacar air pada anak, kenakan baju katun yang longgar, ganti baju dan sprei setiap hari.
  • Hindari cuaca panas dan berkeringat.
  • Hindari pemakaian lotion yang mengandung antihistamin.
  • Istirahatkan total anak di rumah agar tidak menularkan virusnya.
  • Jangan menggaruk ruam yang muncul saat cacar air. Potong kuku anak dan selalu pastikan tangan anak bersih dan dicuci dengan sabun antibakteri.

Pengobatan Cacar Air pada Anak

Penyakit cacar air biasanya bisa sembuh dalam waktu kurang dari dua minggu. Meskipun begitu, gejala seperti demam serta lenting yang gatal bisa mengganggu dan membuat tidak nyaman. Obat-obatan dan cara perawatan tertentu dapat meringankan gejala ini.

Bersamaan dengan pemberian obat medis, ada beberapa pengobatan cacar air pada anak yang bisa Ibu lakukan sendiri di rumah.

  1. Menggunting kuku dan rajin mencuci tangan

    Menjaga kuku tetap pendek adalah cara tepat untuk mencegah timbulnya luka akibat menggaruk kulit yang terdampak cacar. Saat menggunting kuku pastikan Ibu tidak membuat ujung kuku meruncing karena berisiko membuat iritasi di kulit. Ibu juga perlu menjaga tangan tetap bersih dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

  2. Jangan Biarkan si Kecil Menggaruk Lenting Cacar

    Gejala cacar air pada anak yang khas yakni ruam kulit berupa lenting kemerahan yang terasa sangat gatal. Lenting cacar air dapat menyebar ke beberapa bagian tubuh sehingga rasa gatalnya akan semakin mengganggu. 

    Namun, jangan biarkan anak atau Ibu sendiri menggaruknya karena bisa menyebabkan lenting pecah dan berpotensi membuat infeksi bakteri di kulit. Kondisi ini mengarah pada komplikasi cacar air. Akibatnya, ruam jadi menyebar ke bagian tubuh lainnya bahkan menyebabkan bekas cacar yang sulit hilang.

  3. Mandi dengan Oatmeal

    Mandi menggunakan oatmeal adalah salah satu cara yang sering dilakukan untuk menghilangkan rasa gatal saat terkena cacar air. Cara ini biasanya dilakukan untuk mengatasi cacar air pada anak. 

    Oatmeal dapat menjadi obat alami cacar air karena memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Kandungan patinya yang tinggi juga mampu meningkatkan kelembapan kulit yang kering.

    • Gunakan satu cangkir oatmeal untuk anak yang lebih besar atau 1/3 cangkir untuk bayi atau anak kecil. Oatmeal bisa berupa oat instan tanpa rasa, oat yang perlu dimasak, atau oat cepat. Ibu bisa menggunakan food processor atau penggiling kopi untuk membuat serpihan oatmeal menjadi sangat kecil.
    • Isilah bak mandi dengan air hangat (bukan panas). Tempatkan satu sendok makan oatmeal bubuk ke dalam segelas air hangat. Jika oat tampak seperti menyerap air dan mengubah air menjadi seperti susu, oatmeal telah ditumbuk dengan cukup halus.
    • Tempatkan oatmeal atau kantong gandum ke dalam bak mandi. Rendam tidak lebih dari 20 menit.
  4. Mandi dengan Soda Kue

    Selain mandi oatmeal, Ibu juga bisa menggunakan soda kue untuk campuran mandi si Kecil. Sama seperti oatmeal, soda kue juga membantu menghilangkan gatal cacar air. Ini karena soda kue mampu menetralisir asam yang ada di kulit sehingga akan membantu mengurangi iritasi.

  5. Gunakan Kompres Chamomile

    Teh chamomile juga dapat meredakan area cacar air yang gatal. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa chamomile memiliki efek antiseptik dan anti-inflamasi saat dioleskan ke kulit.

    Seduh dua hingga tiga kantong teh chamomile dan biarkan dingin atau masukkan ke dalam bak mandi air hangat. Kemudian, celupkan kapas lembut atau waslap ke dalam teh dan oleskan ke area kulit yang gatal. Setelah selesai mengoleskan kompres, tepuk-tepuk kulit dengan lembut hingga kering.

Seperti yang telah disebutkan, salah satu penyebab cacar air pada anak adalah imun yang lemah. Penting untuk Ibu memastikan imun si Kecil kuat dengan memberikan asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Beberapa jenis nutrisi yang dapat meningkatkan sistem imun anak adalah 9 Asam Amino Esensial (9AAE), zat besi, vitamin D3, vitamin C, zinc, dan magnesium yang semuanya terkandung di dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+

Apa lagi, sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA 4x lebih tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ untuk dukung imunitas dan akal cermat si Kecil. Selain mengandung DHA 4x lebih tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Tak kalah penting dari itu, Ibu juga perlu mengecek kecukupan jumlah gizi harian si Kecil melalui fitur Kalkulator Gizi yang dikembangkan oleh Akademi Keluarga Prima. Yuk, Bu coba fiturnya sekarang juga!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.