Share Like
Simpan

Belum lama ini, saya sempat bertemu dengan salah satu tetangga saya di sebuah supermarket dekat rumah. Namanya juga ibu-ibu, saat bertemu kami langsung asyik mengobrol soal tumbuh kembang si Kecil. Di tengah pembicaraan, ia menanyakan rekomendasi permainan yang lucu untuk anak berusia 4 sampai 5 tahun. Ternyata, ia sedang merencanakan pesta ulang tahun anaknya dan ingin mengadakan sesi permainan.

Setelah memilih-milih, saya usulkan saja permainan “Tarian Gajah” kepadanya. Cara bermainnya seperti apa? Yuk, simak langkah-langkah berikut!

Cara Bermain:

  1. Ajak 4 sampai 5 orang teman si Kecil untuk ikut bermain “Tarian Gajah”.
  2. Sebelum bermain, beri contoh terlebih dahulu kepada pemain tentang cara menirukan belalai gajah. Caranya: pegang hidung dengan tangan kanan. Kemudian, selipkan tangan kiri melalui lubang yang terbentuk pada lekukan tangan kanan. Setelah itu, ayun tangan seperti gajah melambaikan belalainya.
  3. Ketika semua pemain sudah mengerti, putar atau nyanyikan sebuah lagu, lalu minta anak-anak tersebut untuk mengelilingi ruangan dengan langkah lebar seperti gajah, serta belalai yang bergerak naik turun
  4. Matikan lagu untuk sesaat kemudian perhatikan pose para pemain. Jika ada yang bergerak saat lagu berhenti, maka ia harus keluar.
  5. Nyalakan kembali lagu untuk beberapa saat kemudian matikan kembali. Ulangi langkah ini hingga tersisa satu pemain sebagai pemenangnya.

Bagaimana, Bu? Seru bukan setelah dicoba? Bagi orang tua, aktivitas ini memang terlihat sangatlah sederhana. Namun, untuk anak-anak berusia 4 sampai 5 tahun, jenis permainan ini merupakan sebuah proses belajar yang cukup menantang. 

Saat si Kecil diminta menirukan belalai gajah, ia mencoba untuk memaksimalkan kemampuan tubuhnya dalam bergerak. Baiknya, gerakan ini membantu ia untuk meregangkan serta menguatkan otot pada lengan dan meningkatkan kelenturan di sekitar pergelangan tangan. Selain itu, sewaktu si Kecil harus berpose, ia juga belajar untuk melatih kontrol akan dirinya sendiri.

Masih ada lagi, Bu. Kegiatan bermain juga sangat baik untuk mengasah kemampuan bersosialisasinya. Terutama jika si Kecil termasuk anak yang pemalu dan cukup pendiam. Sering mengajak ia bermain dengan teman-teman seusianya, bisa melatih rasa percaya diri untuk berbicara dan berani berekspresi. Oleh sebab itu, di tahap tumbuh kembangnya saat ini, si Kecil cenderung tertarik untuk terlibat dalam sebuah permainan dan mulai memahami peraturan dalam bermain.

Melihat kelincahan serta aktifnya si Kecil bermain, saya selalu memberikan susu Frisian Flag Karya sebagai pelengkap nutrisi si Kecil. Mengapa saya memilih susu Frisian Flag Karya? Karena, kandungan Vitamin A, C, dan E serta Mineral dalam susu Frisian Flag Karya dapat mendukung kebutuhan si Kecil di masa tumbuh kembangnya ini. Kebaikan nutrisi yang didapat dari susu Frisian Flag Karya ini juga bisa turut mengembangkan kreativitasnya serta meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah saat bermain dan juga belajar. Jadi, selain sehat, si Kecil juga semakin semangat ketika tiba waktu bermain bersama teman-temannya, Bu!

 

Semoga tips dari saya ini bisa menginspirasi ibu-ibu sekalian, ya. Selamat mencoba, Bu!