Share Like
Simpan

Kecerdasan anak dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu nature (genetik) dan nurture (stimulasi). Genetik merupakan hal-hal yang diwariskan oleh orang tua yang mempengaruhi pertumbuhan dan fungsi seorang anak, di antaranya kondisi fisik. Sedangkan stimulasi adalah faktor-faktor lingkungan di sekitar yang mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak. Nurture merupakan pengaruh dari keluarga, teman sebaya, teman sekolah, lingkungan tetangga, kebudayaan, media, lingkungan sosial yang lebih luas dan lingkungan fisik.

Nurture mempengaruhi perkembangan anak melalui beberapa jalur:
Fisik : nutrisi dan aktivitas
Intelektual : peristiwa sehari-hari yang dialami, dalam lingkup pendidikan formal di sekolah ataupun pengalaman yang didapat anak di luar sekolah
Sosial : panutan dari orang dewasa dan hubungan dengan teman sebaya.

Perbandingan peran faktor genetik dalam menentukan kecerdasan, berbeda-beda pada setiap anak tergantung lingkungan sekitarnya, apakah mampu memenuhi potensi genetiknya atau tidak. Dengan kata lain, meskipun benihnya unggul, tapi kalau ditanam di tanah yang tidak subur, tidak akan tumbuh menjadi tanaman yang ranum.

Lalu bagaimana agar benih yang Ibu miliki dapat tumbuh maksimal? Lakukanlah hal-hal berikut :
Berbicara : bacakan setiap hari beragam buku atau bacaan kepada si Kecil untuk meningkatkan perbendaharaan kata dan menanamkan rasa cinta terhadap membaca dan belajar.
Permainan : merupakan alat yang baik untuk memicu kecerdasan si Kecil, meningkatkan rentang perhatian, kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis.
Musik : membantu anak membangun ketertarikan terhadap musik. Musik instrumen ataupun lagu telah terbukti dapat meningkatkan kecerdasan spasial (pemahaman mengenai ruang dan arah) sampai 50%.
Makanan : penelitian telah menunjukkan bahwa diet yang lebih sehat menjadikan otak berkembang lebih optimal. Berikan asupan gizi yang sehat, lengkap, dan seimbang kepada si Kecil.
Ikatan kasih sayang : langkah terbesar untuk memacu kecerdasan si Kecil adalah mencintainya, menunjukkan rasa cinta dengan cara memeluk, berbicara, atau bernyanyi dengannya. Luangkan waktu bersama untuk melakukan hal-hal yang dapat merangsang inderanya.