Produksi ASI menjadi salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh Ibu menyusui. Jika Ibu juga mengalaminya, Ibu perlu mengonsumsi susu Ibu menyusui untuk menambah ASI seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Data yang dihimpun oleh CDC menunjukkan bahwa sekitar 75 persen ibu baru mulai menyusui bayinya, tetapi banyak yang berhenti dalam beberapa bulan pertama. Salah satu alasannya karena kekhawatiran tentang produksi ASI yang tidak mencukupi.

Ibu tidak perlu khawatir soal kurangnya produksi ASI. Sebab, ada beberapa tips yang bisa Ibu ikuti termasuk mengonsumsi susu Ibu menyusui untuk menambah ASI. Berikut penjelasan lengkapnya.

Nutrisi dalam Susu Ibu Menyusui untuk Menambah ASI

Mengonsumsi susu Ibu menyusui untuk menambah ASI adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Berikut adalah sejumlah kandungan nutrisi yang sebaiknya dipastikan ada dalam pilihan susu Ibu menyusui untuk menambah ASI. Yaitu:

  1. Omega 3 (DHA)

    Omega 3 adalah salah satu nutrisi yang penting dalam membentuk sistem syaraf dan merangsang kecerdasan bayi. Kandungan ini harus ada dalam susu Ibu menyusui untuk menambah ASI.

    Artikel Sejenis

    Omega 3 ini juga meningkatkan energi dan menjaga kesehatan jantung Ibu. Ibu bisa mendapatkan manfaat omega 3 dari ikan, telur, daging dan susu Frisian Flag PRIMAMUM yang dapat membantu memenuhi 4% kebutuhan harian omega 3 Ibu menyusui.

  2. Protein

    Protein juga menjadi kandungan penting yang harus ada dalam susu Ibu menyusui untuk menambah ASI. Penambahan ASI ini bisa terjadi karena protein mempercepat proses produksi ASI. Selain itu, nutrisi ini bisa menjadi energi tambahan untuk Ibu.

    Protein bisa dirasakan manfaatnya jika Ibu mengonsumsi sumber asupannya seperi daging sapi, daging ayam, telur, tempe, tahu, edamame, seafood dan susu Frisian Flag PRIMAMUM yang dapat membantu memenuhi 12% kebutuhan harian protein Ibu menyusui.

  3. Asam Folat

    Asam folat juga salah satu nutrisi yang harus ada dalam susu Ibu menyusui untuk menambah ASI. Selain menambah produksinya, asam folat juga tentu meningkatkan kualitas ASI, membentuk sel darah merah, meningkatkan penyerapan zat besi sehingga Ibu hamil terhindar dari Anemia.

    Asam folat bisa Ibu dapatkan dari susu Frisian Flag PRIMAMUM yang dapat membantu memenuhi 25% kebutuhan harian asam folat Ibu menyusui.

  4. Kalsium

    Kalsium harus ada dalam susu Ibu menyusui untuk menambah ASI sehingga kandungan kalsiumnya juga tinggi untuk pertumbuhan tulang si Kecil yang optimal. Selain itu, kalsium juga dapat membantu sistem pendarahan dan saraf Ibu bisa berjalan normal.

    Manfaat kalsium ini bisa Ibu dapatkan dari yoghurt, keju, ikan, seafood rendah merkuri, sayuran hijau, dan susu Frisian Flag PRIMAMUM yang dapat membantu memenuhi 20% kebutuhan harian kalsium Ibu menyusui.

  5. Vitamin

    Pastikan susu Ibu menyusui untuk menambah ASI kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin D dan vitamin B kompleks. Vitamin-vitamin ini dapat memperkaya nutrisi ASI untuk si Kecil sehingga daya tahan tubuhnya terjaga, pertumbuhan tulang dan giginya optimal, serta fungsi organnya berjalan dengan baik.

    Susu Frisian Flag PRIMAMUM yang dapat membantu memenuhi 20% kebutuhan harian vitamin A, 25% kebutuhan harian vitamin C, 10% kebutuhan harian vitamin D, 20% kebutuhan harian vitamin A, serta vitamin B kompleks untuk Ibu menyusui.

Baca juga: Cara Memperbanyak ASI, Ada 7 Hal yang Busui Wajib Tahu

Cara Agar Produksi Asi Banyak dan Kental

Susu Ibu Menyusui untuk Menambah ASI - ibudanbalita

ASI merupakan makanan utama bayi yang baru lahir, sehingga kebutuhannya harus terpenuhi agar si Kecil selalu kenyang. WHO menyarankan Ibu untuk memberikan asupan ASI secara eksklusif pada enam bulan pertama kehidupan si Kecil. Bayi yang kebutuhan nutrisinya terpenuhi memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami penyakit. Oleh karena itu penting untuk Ibu rutin mengonsumsi susu Ibu menyusui untuk menambah ASI.

Bayi baru lahir biasanya ingin menyusu setiap 2-3 jam sekali. Memasuki usia 2 bulan, menyusui setiap 3-4 jam adalah hal biasa. Sementara di usia enam bulan, si Kecil akan menyusu setiap 4-5 jam sekali.

Demi mendukung tumbuh kembang si Kecil, berikut cara meningkatkan produksi dan kualitas ASI:

  1. Berikan ASI lebih sering

    Selain rutin mengonsumsi susu Ibu menyusui untuk menambah ASI, Ibu harus konsisten menyusui si Kecil. Semakin sering menyusui, produksi ASI justru akan semakin banyak lho, Bu. Agar ASI banyak dan kental, Ibu perlu sering-sering menyusui dan biarkan si Kecil yang memutuskan kapan harus berhenti menyusu.

    Saat si Kecil menyusu, hormon yang memicu payudara Ibu untuk memproduksi ASI akan dilepaskan. Kondisi ini secara medis disebut dengan Let Down Reflex (LDR), yaitu kondisi ketika terjadi rangsangan dari siapan si Kecil saat menyusu yang membuat aliran ASI lebih lancar.

  2. Konsumsi Makanan Bergizi

    Mengonsumsi makanan bergizi dapat dijadikan cara agar ASI banyak dan kental. Ibu yang sedang menyusui setidaknya membutuhkan asupan kalori harian sebanyak 500 kalori. Kebutuhan akan kalori ini bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi makanan tinggi protein seperti telur, susu, keju, dan kacang-kacangan. 

    Selain protein, Ibu juga perlu memenuhi kebutuhan akan karbohidrat, zat besi, asam folat, kalsium, serat dan vitamin agar ASI banyak dan kental. Sebagai tambahan Ibu dapat mengonsumsi susu ibu menyusui untuk menambah ASI Frisian Flag PRIMAMUM yang tinggi akan nutrisi.

  3. Jaga cairan tubuh

    Kekurangan cairan tubuh bisa menjadi salah satu penyebab kenapa produksi ASI sedikit. Agar ASI banyak dan kental, Ibu perlu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan.

    Menurut anjuran Kementerian Kesehatan, orang dewasa dianjurkan minum air putih sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Selain air putih, makanan juga dapat memberikan sekitar 20% asupan cairan pada tubuh.

    Ibu bisa mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung air, misalnya bayam dan semangka yang diketahui memiliki kandungan 90% air di dalamnya.

  4. Pijat payudara

    Saat sedang menyusui si Kecil, Ibu bisa memberikan sedikit tekanan dan pijatan agar ASI banyak dan kental. Pijatan pada payudara dapat meningkatkan aliran pada saluran ASI, sehingga hindmilk yang kandungan lemaknya lebih tinggi dari foremilk akan terdorong keluar.

  5. Konsumsi makanan pelancar produksi ASI

    Agar ASI banyak dan kental, Ibu bisa mencoba untuk menambahkan makanan yang dapat memperlancar produksi ASI. Makanan penambah ASI untuk ibu menyusui ini biasa disebut dengan makanan laktogenik atau ASI Booster.

    Makanan laktogenik adalah jenis makanan penambah ASI untuk ibu menyusui yang mengandung senyawa galaktagog yang dapat merangsang dan meningkatkan produksi ASI. Berikut beberapa daftar makanan laktogenik yang bisa Ibu konsumsi agar ASI banyak dan kental:

    • Daun katuk
    • Oatmeal
    • Beras merah
    • Pepaya setengah matang
    • Pare
    • Bayam
    • Susu Ibu menyusui untuk menambah ASI

Baca juga: 4 Resep ASI Booster Alami untuk Busui

Itulah beberapa tips yang bisa Ibu terapkan agar ASI banyak dan kental. Ketika dalam masa menyusui, memenuhi nutrisi agar menghasilkan ASI berkualitas adalah hal yang wajib karena akan memengaruhi tumbuh kembang bayi.

Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI,  Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! 

Hal yang tak kalah penting untuk Ibu lakukan yaitu memantau bagaimana pertumbuhan dan perkembangan si Kecil sejak ia dilahirkan. Agar tidak ketinggalan, Ibu bisa mengetahuinya melalui fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang telah disesuaikan dengan grafik pertumbuhan dari WHO. Yuk, Bu coba fiturnya sekarang juga di halaman ini!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.