Share Like
Simpan

Cuaca akhir-akhir ini tidak menentu ya, Bu. Sesaat panas terik, setelah itu hujan lebat. Saya sering kebingungan ketika ingin mengajak si Kecil bermain di luar ruangan. Apalagi jika terlalu sering berada di dalam rumah, ia lama-kelamaan pasti akan bosan dan mulai rewel. Wah, kalau sudah begini, kita harus pintar memanfaatkan berbagai barang yang ada di rumah untuk melakukan aktivitas menyenangkan ya, Bu.

Aktivitas ini tak perlu menggunakan barang besar atau berat. Benda yang mudah dicari salah satunya adalah kapas. Ya, alat kecantikan yang selalu tersedia di meja rias ini dapat Ibu manfaatkan untuk membuat permainan seru bagi si Kecil, seperti tiga permainan ini.

  • Balap Tiup Kapas

Ayo buat balapan seru dengan menggunakan kapas yang telah dibulatkan. Ibu dapat membuat bulatan kapas seukuran bola pingpong atau sebesar genggaman tangannya. Lalu, tentukan titik start dan finish dengan jarak tertentu. Misalnya, jarak dari satu ujung meja ke ujung lainnya. Ajak si Kecil untuk meniup bola kapas dari titik start ke titik finish. Mengingat bentuk permainan ini berupa balapan, Ibu dapat mengajak orang lain untuk ikut serta dalam permainan ini, seperti Kakak, Ayah atau Ibu sendiri. Sebaiknya, siapkan hadiah sederhana bagi pemenang ya, Bu. Si Kecil pasti lebih semangat dalam meniup bolanya. Selain membuatnya lebih senang saat berada di dalam rumah, balap tiup kapas ini juga dapat melatihnya untuk mengontrol pernapasan, serta refleks mata dan tubuhnya.

  • Memeras Kapas

Si Kecil suka bermain air? Ibu bisa mencoba permainan satu ini. Caranya mudah, Bu.CSetelah bermain, keringkan tubuh dan ganti pakaiannya agar ia tak masuk angin ya, Bu. Cukup siapkan bulatan-bulatan kapas dan wadah yang cukup lebar untuk menampung air. Pertama, ajak si Kecil ikut membulatkan kapas. Buat bulatan yang cukup besar sehingga meminimalisir risiko tertelan ya, Bu. Lalu, cemplungkan kapas ke dalam wadah yang telah diisi air satu persatu. Ajak ia memerhatikan kapas yang awalnya mengembang tiba-tiba mengerut karena terisi air, begitu pula dengan air di wadah yang terus berkurang. Setelah itu, biarkan si Kecil bermain dengan kapas yang sudah terisi air tersebut. Ketika ia menggenggamnya, kapas akan terperas secara otomatis. Air yang terperas akan memuncrat ke wajah dan tubuhnya. Selain menyenangkan, permainan ini juga dapat melatih sensor tubuh dan indera peraba si Kecil. Setelah bermain, keringkan tubuh dan ganti pakaiannya agar ia tak masuk angin ya, Bu.

  • Tebak Aroma

Ayo bermain tebak-tebakan dengan melatih indera penciuman si Kecil! Caranya, siapkan beberapa buntalan kapas di lima sampai tujuh wadah berbeda. Ibu bisa menggunakan wadah yang ada di rumah.  Lalu, siapkan cairan beraroma untuk diteteskan ke masing-masing kapas, atau bisa juga menggunakan aroma makanan seperti sari vanilla, perasan air jeruk, kopi, dan sebagainya. Setelah itu, kenalkan si Kecil terlebih dulu pada aroma-aroma tersebut. Ibu bisa langsung memintanya mencium aroma kopi seduh dari gelas, aroma jeruk dari buahnya, dan sebagainya. Lalu, ajak ia untuk menebak aroma yang ada di masing-masing kapas. Ibu juga bisa memberikan petunjuk-petunjuk kecil jika si Kecil mulai kebingungan. Berikan tepuk tangan saat ia menjawab dengan benar ya, Bu.

Tiga permainan ini menyenangkan dan mudah, bukan? Lewat permainan-permainan kapas sederhana ini, Ibu dapat melatih berbagai aspek dari dalam dirinya, seperti refleks gerak hingga panca indera. Selamat bermain bersama si Kecil!