Whatsapp Share Like Simpan

Posisi tidur agar bayi tidak sungsang perlu dipelajari oleh setiap ibu hamil. Sebelum mempelajarinya, Ibu sudah tahu apa yang dimaksud dengan bayi sungsang? Mungkin sudah tahu atau bahkan pernah dijelaskan oleh dokter obgyn, tapi mari kita bahas sedikit ya. Bayi sungsang adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan posisi kepala si kecil berada di atas atau mungkin jauh dari jalan lahir dan terjadi menjelang persalinan. Jadi pada posisi bayi sungsang, bokong atau kaki bayi yang justru dekat dengan jalar lahir. Dengan posisi seperti ini risiko bayi lahir cedera jadi lebih tinggi. 

Secara alami, di usia delapan bulan biasanya bayi akan menundukkan kepalanya karena mereka mempersiapkan diri menjelang waktu kelahiran. Namun jika posisi bayi sungsang terjadi, biasanya metode persalinan caesar dipilih untuk jadi solusi di hari persalinan.

Tapi jika posisi bayi sungsang ini diketahui lebih awal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan Ibu untuk merubah postur bayi di dalam rahim menjadi tidak sungsang. Salah satu caranya dengan mempelajari posisi tidur agar bayi tidak sungsang ini.

Posisi-Posisi Tidur Agar Bayi Tidak Sungsang

  1. Tidur miring ke kiri

    Ibu bisa memastikan saat tidur untuk miring ke kiri dengan menyelipkan bantal di bawah untuk menopang perut Ibu. Posisi miring ke kiri akan jadi stimulasi gerakan bayi di dalam rahim untuk masuk ke posisi alami menuju persalinan.

  2. Tidur miring ke kiri dengan bantal atau guling di kaki

    Posisi tidur ini seperti poin sebelumnya namun dilengkapi dengan bantal di antara lutut dan pergelangan kaki sehingga mendorong bayi ke posisi alami yang seharusnya. Posisi seperti ini jadi posisi yang optimal bagi bayi untuk berbalik. Sebab, pinggul Ibu akan dalam posisi yang sedikit terbuka selain itu membuat otot di punggung lebih rileks dan mengurangi ketegangan di seluruh tubuh.

    Artikel Sejenis

  3. Tidur miring ke kanan

    Mungkin Ibu jadi bingung karena sebelumnya disarankan ke kiri namun sekarang ke kanan. Pada dasarnya tentukan yang paling nyaman. Jika saat mencoba tidur ke kiri Ibu merasa terus ingin berguling ke kanan, rileks dan lakukanlah. Begitu pula sebaliknya, namun usahakan mencari posisi terbaik dan tidur dengan posisi yang terbaik dan tidak berubah-ubah arah atau posisi secara tiba-tiba.

    Ibu bisa tidur miring ke kanan atau kiri dengan bantuan bantal di belakang Ibu dengan tujuan membantu menopang perut Ibu yang makin membesar. Selain itu bantal di belakang mencegah Ibu tidur terlentang yang bisa menekan pembuluh darah sehingga penyebabkan penurunan sirkulasi dan detak jantung bayi.

  4. Tidur sambil mendengarkan musik

    Dengan pilihan posisi-posisi di atas sambil Ibu mendengarkan musik, bisa jadi terapi untuk bayi agar bisa berbalik ke posisi seharusnya. Ibu bisa posisikan headphone di bagian perut bawah sehingga diharapkan bayi akan bergerak ke posisi dimana musik paling terdengar. Pilih jenis musik yang memang diperuntukkan untuk newborn seperti lagu pengantar tidur, atau musik klasik yang lembut.

    Sebagai pilihan, Ibu bisa juga minta bantuan Ayah untuk berbicara dengan si Kecil namun memposisikan mulutnya di perut bawah Ibu. Selain membawa si Kecil pada posisi alaminya, ini akan jadi bonding yang baik. 

    Cara ini bisa dilakukan karena mencapai trimester ketiga, Ibu pasti menyadari bagaimana bati bisa merespons kebisingan dari luar. Bisa berupa gerakan atau mungkin tendangan yang dirasakan Ibu.

  5. Tidur menggunakan kompresan air

    Sesuatu yang dingin dan diletakkan di atas rahim bisa mendorong bayi untuk menjauh dari sensasi dingin ini. Sebaliknya jika Ibu meletakkan sesuatu yang hangat, si Kecil akan menuju posisi tersebut karena merasa lebih nyaman.

    Ibu bisa lakukan saat waktu berbaring ingin tidur, Ibu kompres dulu perut Ibu di bagian atas dengan sesuatu yang dingin. Pastikan dekat dengan kepala bayi. Sehingga bayii akan menghindari dari kedinginan dan berbalik pada posisi alami yang tepat. 

    Atau bisa juga saat Ibu berendam dengan air hangat, kompres perut atas Ibu dengan air es sehingga kepala si Kecil menghindari area tersebut.

  6. Tidur dengan kaki yang lebih tinggi

    Ibu bisa tidur dengan mengganjal bokong Ibu dengan guling. Dengan begitu, Ibu memanfaatkan gravitasi untuk mendorong bayi berputar namun sekaligus menenangkan otot pinggang. 

    Ibu bisa berbaring di lantai atau kasur yang menempel dinding. Angkat pinggul dengan bantuan ganjalan guling dan lakukan gerakan ini 2-3 kali sehari selama 20 menit sebelum tidur. Minta bantuan orang lain untuk membantu dan hati-hati dengan risiko sakit kepala ya Bu.

  7. Tidur dengan lutut yang tertekuk

    Ibu bisa coba posisi tidur miring seperti yang dijelaskan di atas namun kaki Ibu menekuk dan sedikit dimiringkan ke dalam panggul. Jangan lupa ganjal bagian belakang Ibu dengan bantal supaya posisi ini dilakukan lebih nyaman.

Itulah beberapa posisi tidur agar bayi tidak sungsang yang bisa Ibu hamil pelajari untuk mendorong bayi bergerak ke posisi alaminya menjelang persalinan.Lakukan juga posisi-posisi ini sekaligus untuk membangun hubungan yang lebih dekat lagi dengan si Kecil sejak dalam kandungan ya Bu. Minta bantuan pasangan untuk membantu Ibu mencoba posisi-posisi ini dan pastikan rutin konsultasi ke dokter obgyn di saat menjelang persalinan untuk selalu memastikan posisi bayi berada di posisi yang tepat.

Selain rutin untuk konsultasi dengan dokter, Ibu juga perlu mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM karena mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan tinggi asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak si Kecil.

Susu Frisian Flag PRIMAMUM juga mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil.

Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 180 kalori dan 9 gram protein dalam 1 gelasnya. Dengan mengonsumsi 2x sehari, Ibu sudah bisa mendapatkan 15% asupan energi dari Frisian Flag Primamum. Apalagi rasa cokelatnya lezat dan tidak bikin enek sehingga bisa membantu Ibu memenuhi kebutuhan gizi hariannya.

Selain itu, manfaatkan juga fitur Kamus Kehamilan yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Fitur ini bisa membantu Ibu untuk mengetahui usia kehamilan, kondisi janin, dan tumbuh kembang si Kecil hingga persalinan. Yuk, coba fiturnya di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz