Whatsapp Share Like Simpan

Buku cerita bergambar merupakan sebuah media pembelajaran yang baik untuk diberikan pada anak-anak usia balita. Pada usia ini, si Kecil sedang berada pada masa golden age di mana otaknya sedang berkembang dengan sangat pesat. Ibu pun bisa memanfaatkan buku cerita bergambar untuk mengoptimalkan perkembangan otaknya tersebut.

Dikarenakan si Kecil belum bisa membaca kata-kata, maka gambar-gambar yang ada di dalam buku dongeng pun akan bermanfaat untuk menyampaikan jalan cerita dari dongeng tersebut. Selain itu, membacakan buku bergambar untuk si Kecil juga memiliki banyak manfaat lainnya lho, Bu. Apa saja sih? Berikut adalah daftar manfaatnya:

Memperkenalkan Dunia Buku

Sejak kecil, anak sebaiknya sudah diperkenalkan dengan buku agar ia suka dengan kegiatan membaca. Ibu pasti sudah tahu kalau membaca buku sangat bermanfaat bagi perkembangan si Kecil. Buku cerita bergambar pun dapat menjadi langkah awal untuk memperkenalkan dunia membaca pada si Kecil dengan cara yang menyenangkan.

Buku bergambar tidak mengandung banyak tulisan, sehingga tidak mudah membuat si Kecil merasa bosan. Malah, aneka gambar yang lucu dan beraneka warna akan sangat menarik minat si Kecil untuk memahami ceritanya. Jadi, bantu ia untuk memahami cerita dari buku bergambar itu ya, Bu.

Menumbuhkan Minat Membaca Sejak Dini

Setelah memperkenalkan buku, maka cerita bergambar dapat membantu menumbuhkan minat membaca pada si Kecil sejak dini. Saat kini minat baca sudah sangat menurun, karena anak-anak lebih tertarik pada gadget. Oleh karena itu, Ibu perlu mengajak buah hati sering membaca buku bersama untuk menanamkan rasa suka terhadap kegiatan membaca.

Artikel Sejenis

Jika si Kecil sudah gemar membaca sejak dini, maka kebiasaan tersebut akan terbawa sampai ia dewasa nanti. Ia tidak akan menganggap bahwa membaca sebagai kegiatan yang membosankan. Justru si Kecil akan menyukai membaca buku sehingga menjadikannya sebagai pribadi yang berwawasan luas.

Sebagai Media untuk Mengekspresikan Diri

Sebagai Media untuk Mengekspresikan Diri

Di buku cerita bergambar terdapat alur cerita yang mengandung konflik. Nah, dari konflik tersebut, si Kecil dapat belajar bagaimana cara menghadapi hal baru yang ditemuinya. Ini akan membantunya dalam mengekspresikan diri dan mengajarkannya untuk berani mengambil tindakan atas sesuatu yang ada di hadapannya. Sebagai dampaknya, rasa percaya dirinya pun akan lebih meningkat, sehingga ia tidak mudah takut dalam mencoba hal baru.

 

Baca juga: Jika Anak Berimajinasi Lewat Gambar

Merangsang Rasa Ingin Tahu Si Kecil

Di rentang usia ini, si Kecil sedang ingin tahu tentang banyak hal, sehingga ia akan selalu bertanya apa saja yang ia lihat maupun dengar. Tugas Ibu adalah membantu merangsang rasa ingin tahu si Kecil tersebut dengan memberikan cerita bergambar. Ketika Ibu mulai mendongeng, dalam otak si Kecil pasti akan muncul berbagai pertanyaan. Keingintahuan dari si Kecil yang dikembangkan melalui masukan ilmu pengetahuan akan membantunya tumbuh menjadi individu yang logis dan kritis lho, Bu.

Mendukung Daya Imajinasi

Dari cerita bergambar, daya imajinasi si Kecil akan ikut meningkat dengan baik. Saat ini otak si Kecil sedang penuh dengan imajinasi, sehingga akan membutuhkan bimbingan supaya tetap terkontrol dan berada di arah yang positif. Bagi anak-anak, daya imajinasi akan bermanfaat diantaranya untuk memunculkan bakat, membantunya untuk terampil berkomunikasi dan bersosialisasi, memperkaya wawasan, mampu berpikir kreatif, pintar dalam menganalisa, mandiri, dan lebih percaya diri.

Membangun Ikatan Antara Ibu dan Si Kecil

Membangun Ikatan Antara Ibu dan Si Kecil

Dari kegiatan membaca buku cerita bergambar bersama, maka bonding antara Ibu dan buah hati pun dapat terjalin dengan baik. Mendongeng untuk si Kecil dapat menjadi sebuah quality time yang sangat bermakna di sela-sela kesibukan Ibu.

Manfaatkan waktu ini untuk mengajari dan berkomunikasi secara intens dengan buah hati. Nantinya, Ibu akan mengetahui sejauh mana perkembangan kemampuan si Kecil. Selain itu, bonding yang kuat ini juga dapat membentuk kepribadian yang positif dan membuat si Kecil lebih terbuka untuk menceritakan tentang kehidupannya.

Menambah Kosakata & Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Membacakan buku cerita bergambar pada si Kecil mampu membantu memperkaya kosakatanya. Dari buku ia akan mendapat banyak kosakata baru. Hal ini turut mengembangkan kemampuan komunikasinya. Bagaimana cara menyusun kata, pelafalan, dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari dapat terlatih melalui kegiatan membaca ini. Saat kemampuan komunikasi berkembang dengan baik, maka dapat berpengaruh juga pada kemampuan bersosialisasinya.

 

Banyak sekali ya, Bu, manfaat membacakan cerita bergambar pada si Kecil? Untuk semakin menambah ketertarikan si Kecil, ajaklah ia untuk memilih buku bersama. Selain itu, pilihlah buku yang sesuai dengan kategori usianya sehingga tidak terlalu rumit untuk ia pahami. Kemudian, jadikan kegiatan membaca bersama menjadi sebuah agenda rutin antara Ibu dan buah hati, ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Ibu memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi seputar anak? Langsung kunjungi laman Tanya Pakar saja ya, Bu. Para ahli di sana akan menjawab semua pertanyaan Ibu secara langsung. Untuk bisa memakai fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dulu.

 

Sumber:

Schoolofparenting

Edukasi.kompas.com

Theasianparent