Whatsapp Share Like Simpan

Rasanya enak dan menyegarkan, serta buahnya pun mudah didapatkan, sudah pasti semangka jadi kesukaan banyak kalangan ya, Bu? Tak hanya itu, buah yang mengandung tinggi air ini pun mengandung berbagai nutrisi penting. Itulah sebabnya, manfaat semangka berperan penting untuk mendukung kesehatan tubuh si Kecil lho. 

Di balik rasanya yang manis, semangka juga termasuk buah yang mudah diolah menjadi berbagai jenis camilan sehat, si Kecil bisa mengonsumsinya dalam bentuk buah potong segar, jus yang lezat, smoothies sehat, serta sop buah yang bikin ketagihan. 

Selain mengetahui mengenai berbagai jenis olahannya, akan lebih baik jika Ibu memahami dulu kandungan nutrisi dan manfaat semangka yang penting bagi si Kecil. Sebab, seringkali manfaat semangka ini tak diketahui oleh banyak orang, sehingga sebagian dari Ibu mungkin saja tidak memberikan buah ini sebagai camilan sehat untuk anak. 

Padahal, manfaat semangka juga penting lho bagi si Kecil, apalagi dalam masa tumbuh kembangnya seperti saat ini. Untuk itu, kita simak dulu kandungan nutrisi dan manfaat semangka bagi anak-anak, yuk!

Baca juga: 4 Tips Membuat Resep Salad Sayur yang Lezat dan Bergizi

Artikel Sejenis

Apa Saja Kandungan Nutrisi dan Manfaat Semangka Bagi Anak?

Manfaat semangka bisa didapatkan berkat beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Melansir laman resmi U.S. Department of Agriculture, dalam 100 gram semangka mengandung berbagai nutrisi yang mencakup karbohidrat, serat, protein, kalsium, magnesium, kalium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C. 

Selain itu, manfaat semangka juga hadir berkat kandungan asam amino citrulline dan berbagai jenis senyawa antioksidan, seperti beta karoten, likopen, dan cucurbitacin E. Wah, banyak banget kan kandungan nutrisi dalam buah yang satu ini? Lantas, apa saja manfaat semangka bagi si Kecil?

Nah, berikut ini manfaat semangka yang penting bagi tubuh anak:

  1. Mendukung kesehatan saluran pencernaan

    Sama seperti buah-buahan lainnya, manfaat semangka yang satu ini bisa didapatkan berkat kandungan serat dan air yang cukup tinggi. Tahukah Ibu, ternyata semangka merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan air yang sangat tinggi lho, yaitu mencapai 92%. Luar biasa kan, Bu?

    Melansir laman resmi nilaigizi.com, dalam 100 gram semangka mengandung serat pangan sekitar 9.40 gram atau 31.33% sesuai dengan AKG. Tak heran jika manfaat semangka sangat baik untuk mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil untuk mencegah sembelit atau konstipasi.

  2. Mencegah dehidrasi

    Seperti yang telah disebutkan, semangka merupakan buah yang tinggi air sehingga dapat membantu mencegah dehidrasi pada si Kecil. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, biasanya anak-anak harus minum sekitar 2 liter air putih setiap hari. Nah, selain rutin minum air putih, asupan cairan tubuh si Kecil juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi buah semangka nih, Bu. 

    Ibu bisa menjadikan buah semangka sebagai makanan penutup atau camilan sehat yang disajikan di antara jam makan utama si Kecil. Dengan begitu, kebutuhan cairannya terpenuhi dan kesehatan tubuhnya pun tetap terjaga.

  3. Menjaga kesehatan mata

    Manfaat semangka yang tak kalah penting yaitu dapat membantu menjaga kesehatan mata si Kecil. Manfaat semangka ini bisa didapatkan berkat kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan likopen yang membantu mengoptimalkan penglihatan dan mencegah risiko penyakit mata di kemudian hari.

    Sebenarnya kandungan vitamin A dan vitamin C juga bisa didapatkan dari susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ rasa madu. Jika si Kecil minum susu secara rutin 3x sehari, maka ia akan mendapatkan asupan vitamin A dan vitamin C dari susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang dapat mencukupi kebutuhan dalam satu hari.

  4. Membantu mencegah risiko penyakit jantung

    Manfaat semangka yang selanjutnya yaitu membantu menjaga kesehatan jantung si Kecil agar terhindar dari risiko penyakit jantung di kemudian hari. Melansir laman resmi healthline.com, penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan, vitamin, dan serat dalam manfaat semangka dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mencegah penyempitan pembuluh darah.

  5. Menangkal radikal bebas

    Manfaat semangka juga penting untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Senyawa antioksidan dan vitamin yang terkandung dalam semangka bermanfaat untuk membantu memperkuat sistem imun tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas yang memicu penyakit tertentu. Bahkan, kandungan antioksidan dalam manfaat semangka juga dipercaya untuk meredakan peradangan,serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Baca juga: Mengenal Fungsi Sistem Pencernaan Bersama Anak Yuk, Bu!

Selain menawarkan berbagai manfaat di atas, semangka juga menjadi salah satu buah yang bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal, meredakan gejala asma, dan membantu mencegah anemia.

Untuk mendapatkan manfaat semangka secara maksimal, Ibu perlu memperhatikan kebersihan dan cara pengolahan yang tepat untuk si Kecil. Pastikan memilih semangka yang kondisinya masih baik dan tidak ada cacar pada kulit buahnya. Yang tak kalah penting, Ibu juga perlu mencuci semangka terlebih dahulu sebelum memotong dan memberikannya kepada si Kecil, ya! 

Manfaat semangka memang cukup beragam ya, Bu? Tetapi, bukan berarti Ibu terus menerus memberikan buah satu ini untuk si Kecil, tanpa diimbangi asupan nutrisi lainnya. Ibu juga perlu mencukupi kebutuhan gizi harian si Kecil dengan memberikannya makanan bergizi seimbang lainnya, salah satunya makanan tinggi protein, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, serta kacang-kacangan dan hasil olahannya.

Sebab, makanan tinggi protein, khususnya protein hewani memiliki 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang penting bagi tubuh si Kecil. Kok penting? Yup! Sebab, 9 Asam Amino Esensial (9AAE) merupakan bentuk sederhana dari protein yang lebih mudah diserap oleh tubuh dan harus dipenuhi secara rutin setiap hari. Tubuh kita tidak bisa memproduksi 9 Asam Amino Esensial (9AAE), sehingga harus didapatkan dari makanan tinggi protein tadi.

Tahukah Ibu, penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan semua jenis 9AAE bisa menghambat kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -50% lho. Hormon pertumbuhan ini mencakup tinggi badan, daya tahan tubuh, dan tingkat kecerdasan si Kecil. Tentunya Ibu tak ingin hal ini dialami oleh si Kecil, kan?

Namun, Ibu tidak perlu khawatir karena 9 Asam Amino Esensial (9AAE) bisa didapatkan secara lengkap dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Susu bubuk pertumbuhan ini juga dikombinasi dengan 8 nutrisi penting untuk dukung perkembangan otak dan akal kreatif si Kecil, di antaranya DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

Tak hanya itu, susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan 5 nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil. Dengan begitu, si Kecil jadi lebih kreatif, tangkas, dan berani.

Di samping pemberian nutrisi prima, Ibu juga perlu memantau tumbuh kembang si Kecil secara rutin, salah satu caranya dengan menggunakan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima (AKP)

Ibu akan mendapatkan banyak informasi penting mengenai grafik pertumbuhan dari WHO, grafik CDC, hingga anjuran dari psikolog. Pokoknya bermanfaat banget lho, Bu. Yuk, langsung coba fiturnya di sini

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz