Share Like
Simpan

Terkadang, Ibu merasa kelelahan karena seharian bermain dengan si Kecil. Saya pun demikian. Untungnya, Ayah tidak tinggal diam melihat saya kelelahan. Ia menggantikan saya untuk bermain dengan buah hati. Tentunya, ini membuat saya lega dan bisa beristirahat sedikit. Apalagi, ada berbagai manfaat bermain untuk anak yang bisa di Kecil dapatkan. Apa sajakah itu? Yuk, simak rangkumannya.

Si Kecil Lebih Cerdas 

Mulai sekarang, Ibu harus bersabar dan membebaskan si kecil dan Ayah menimbulkan kebisingan ketika bermain. Jangan khawatir ketika mereka mulai bergulat atau main perkelahian. Aktivitas fisik ini ternyata bisa membantu perkembangan otak si Kecil. Ketika mereka bermain, otak si Kecil mengeluarkan zat kimia yang menstimulasi sel-sel otak untuk berkembang. Bagian otak tersebut berfungsi untuk mengingat, belajar hal baru, kemampuan berbahasa, dan logika berpikir, Bu. Jadi, si Kecil bisa tumbuh menjadi anak yang lebih cerdas.

Emosi si Kecil Lebih Stabil

Permainan Ayah dan si Kecil umumnya berlangsung lebih seru. Ini disebabkan Ayah cenderung mengajak si Kecil melakukan permainan kompetitif. Tanpa disadari, ide aktivitas anak ini membantu perkembangan emosional si Kecil. Menurut beberapa penelitian, aktvitas ini membuat emosi si Kecil lebih stabil. Ini disebabkan anak tahu rasanya menang atau kalah, sehingga ketika dewasa dia mengetahui cara mendapatkan kesuksesan.

Si Kecil Mudah Bersosialisasi

Bermain dengan Ayah juga membuat si Kecil lebih mudah bersosialisasi lho, terutama ketika melakukan permainan fisik. Permainan seperti ini menujukkan kedekatan dan rasa kasih sayang si Kecil kepada orang yang diajaknya bermain. Ketika si Kecil melakukan permainan ini bersama teman sebayanya, itu menandakan ia menyukai orang tersebut. Beberapa permainan juga memiliki aturan, sehingga si Kecil belajar untuk membuat dan menaatinya. 

Meningkatkan Kepercayaan Diri si Kecil 

Bermain dengan Ayah juga juga mengajarkan si Kecil untuk lebih percaya diri, Bu. Saat berhasil mengalahkan Ayah dalam permainan, si Kecil akan yakin dengan kemampuannya. Bahkan, menurut artikel yang saya baca, anak yang sering bermain dan dekat dengan Ayahnya cenderung punya kepercayaan diri tinggi ketika dewasa. Tentunya, hal ini membuat si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan berani, Bu.

Nah, itu dia manfaat bermain untuk anak, Bu. Sudah saatnya ajak Ayah untuk lebih memerhatikan si Kecil. Permainan yang sederhana bisa berefek positif ke kehidupan anak di masa depan. Ayo, ajak Ayah bermain bersama si Kecil!