Whatsapp Share Like Simpan

Kaya akan vitamin C, manfaat buah nanas tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh tapi masih banyak lagi yang mungkin Ibu tidak tahu Manfaat buah nanas ini tidak hanya baik untuk Ibu tapi juga untuk tumbuh kembang si Kecil. Apa saja manfaatnya? Cari tahu yuk, Bu.

Sensasi gatal yang bisa timbul jika kita makan buah nanas, seringkali membuat banyak orangtua tidak memasukkan buah tropis ini ke dalam daftar buah untuk si Kecil. Padahal, selama dimakan dengan cara yang tepat, maka si Kecil bisa mendapatkan banyak manfaat buah nanas dengan baik.

Kandungan Buah Nanas

Buah nanas pada dasarnya rendah akan kalori tapi punya kandungan nutrisi baik yang cukup banyak. Karena hal ini manfaat buah nanas sangat sayang untuk dilewatkan. Dalam satu cangkir buah nanas atau setara dengan 165 gram buah nanas, terdapat kandungan gizi sebagai berikut:

  • 2,3 gram serat
  • 131% vitamin C
  • 9% vitamin B6
  • 76% Mangan
  • 7% Folat
  • 5% Kalium
  • 5% Magnesium
  • 5% Riboflavin
  • 4% Asam Pantotenat

Nah, jika melihat daftar nutrisi di atas, pasti ada manfaat buah nanas yang hadir karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Melalui kandungan nutrisinya ini rasanya sayang jika melewatkan manfaat buah nanas dan tidak dikenalkan pada si Kecil. Namun, di usia berapa ya si Kecil mulai bisa diberikan buah nanas?

Kapan si Kecil Boleh Makan Buah Nanas

Menurut American Academy of Pediatrics, sebenarnya si Kecil sudah bisa diberikan buah nanas sejak mereka berusia 6 bulan. Sehingga otomatis manfaat buah nanas sebenarnya bisa dikenalkan sejak dini karena bisa jadi pilihan menu MPASI.

Artikel Sejenis

Tapi wajar jika Ibu masih merasa kurang yakin. Bisa berikan buah nanas ketika si Kecil mendekati usia 1 tahun hingga lebih. Tetap harus berhati-hati untuk mengenalkan buah yang asam ya Bu. Karena sistem tubuh si Kecil tentu masih belum terlalu kuat. Coba mulai berikan beberapa potong saat membiasakan mereka untuk rutin makan buah sehingga mendapatkan manfaat buah nanas dengan baik.

Jika si Kecil belum pernah dikenalkan buah nanas sejak ia bayi, Ibu bisa coba berikan beberapa potong dan menurut American Academy of Pediatrics ibu bisa tunggu dua hingga tiga hari apakah ada reaksi yang muncul sejak si Kecil makan buah nanas. Jika tidak ada maka Ibu bisa memaksimalkan manfaat buah nanas kepada si Kecil ya Bu!

Manfaat Buah Nanas untuk si Kecil

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah nanas yang sayang untuk Ibu lewatkan::

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh anak

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, kandungan vitamin C di dalam buah ini sangat banyak. Selain vitamin C, nanas juga punya kandungan enzim bromelain yang dapat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi peradangan. Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, menjadikan buah nanas sebagai camilan bisa jadi ide baik lho Bu!

  2. Mendukung kerja sistem pencernaan

    Manfaat buah nanas yang ini juga didapat dari kandungan enzim bromelin yang ada di dalam buah nanas. Karena kandungan berperan sebagai protease atau pemecah molekul protein ke ukuran yang lebih kecil sehingga bisa mudah dicerna oleh tubuh si Kecil. Enzim ini juga bisa mencegah bakteri jahat menginfeksi saluran cerna sehingga dapat menurunkan risiko diare.

  3. Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas

    Manfaat buah nanas ini karena kadar antioksidan di dalam nanas yang cukup tinggi. Sebab, seperti yang banyak orang sudah tahu jika antioksidan bisa melawan radikal bebas di dalam tubuh yang bisa membuat kerusakan sel. Jika sel tubuh si Kecil terlindungi dengan baik, otomatis dapat menurunkan risiko penyakit kronis termasuk kanker.

  4. Menurunkan risiko cacingan

    Anak-anak berusia 4-6 tahun keatas atau di usia sekolah biasanya rentan mengalami cacingan. Kondisi kesehatan ini tidak bisa diabaikan begitu saja ya Bu, karena bisa berdampak pada anemia atau kekurangan gizi pada si Kecil.

    Nah, manfaat buah nanas yang kali ini bisa membantu si Kecil yang cacingan untuk lebih cepat sembuh. Buah nanas dipercaya bisa membunuh cacing-cacing di dalam usus, meski manfaat buah nanas yang satu ini sebenarnya masih butuh penelitian lebih lanjut. Namun melihat kandungannya yang baik untuk pencernaan maka bisa dicoba ya Bu.

Rekomendasi Kreasi Buah Nanas

Selain menyajikan buah nanas dalam potongan-potongan kecil di jam camilan si Kecil, berikut beberapa pilihan kreasi supaya manfaat buah nanas bisa didapatkan si Kecil dengan baik. Mari disimak ya Bu:

  1. Nanas puree

    Bahan:

    • 1 cangkir nanas cincang yang sudah dibekukan
    • 1 buah pisang yang sudah dibekukan
    • 1/2 cangkir susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ rasa madu atau vanilla

    Cara membuatnya:

    1. Campurkan bahan dan haluskan di dalam blender hingga mendapatkan tekstur yang diinginkan
    2. Untuk varian rasa yang berbeda, Ibu bisa ganti pisang dengan buah pir atau apel.
  2. Puding buah nanas

    Bahan:

    • 300 ml susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ rasa madu atau vanilla
    • 1 bungkus agar-agar putih
    • Sejumput garam
    • 6 gelas air
    • 1 buah nanas yang dipotong-potong

    Cara membuatnya:

    1. Masukkan susu, tambahkan 6 gelas air, agar-agar bubuk dan garam. Masak hingga mendidih.
    2. Tata potongan nanas di cetakan puding
    3. Setelah adonan puding mendidih angkat dan tunggu hingga tidak terlalu panas dan tuangkan ke cetakan
    4. Dinginkan adonan puding dengan masukkan ke dalam kulkas
    5. Sajikan saat dingin

Setelah memahami ragam manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh di Kecil, Ibu perlu tahu jika kandungan vitamin C juga bisa Ibu temukan di susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+, lho. Susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ juga diperkaya dengan 5 nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil. Susu bubuk pertumbuhan ini juga mengandung DHA 4x lebih tinggi, 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap, omega 3 (ALA) & omega 6 (LA).

Asupan DHA 4x lebih tinggi di dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ bisa jadi pilihan Ibu untuk memaksimalkan perkembangan otak si Kecil. Tidak hanya membantu perkembangan otaknya, DHA juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ juga merupakan satu-satunya susu pertumbuhan yang mengandung asam sialat dan sphingomyelin yang bisa memaksimalkan perkembangan kreativitas si Kecil lebih cerdas.

Kemudian, 9AAE (9 Asam Amino Esensial) di dalam Frisian Flag PRIMAGRO 3+ merupakan protein luar biasa yang mudah diserap oleh tubuh si Kecil guna mendukung tumbuh kembangnya. Kekurangan semuanya bisa menurunkan hingga 50% potensi tinggi badan dan kecerdasan si Kecil lho, Bu. 9AAE sendiri tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, maka perlu didapat melalui asupan makanan, termasuk salah satunya dari susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+, Bu. 

Selain itu Ibu bisa mengetahui kebutuhan gizi harian si Kecil lebih terperinci melalui fitur Kalkulator Gizi yang juga terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Di fitur ini, Ibu bisa cek kecukupan jumlah gizi harian Si Kecil yang dikembangkan oleh Akademi Keluarga Prima bersama Lora Sri Nofi, PGNutr, MNutrDiet, RD.