Share Like
Simpan

Si Kecil lebih sering menonton TV dan bermain gadget, Bu? Sebaiknya, Ibu mulai mendorongnya untuk lebih aktif bermain dengan anak tetangga, baik yang seusia, lebih tua, maupun lebih muda. Sebab, menurut live chat yang saya ikuti di fanpage Facebook Ibu & Balita, bersosialisasi sejak dini dapat membantu psikologi anak berkembang lebih optimal, lho.

Berikut empat ide permainan menyenangkan untuk si Kecil supaya ia makin mudah bersosialisasi dengan teman barunya. Simak yuk, Bu!

1. Tamu-tamuan
Siapkan mainan alat memasak dan tea set yang dimiliki si Kecil, lalu ajak ia bermain peran sebagai pemilik rumah dan temannya sebagai tamu. Ajari si Kecil untuk menjamu tamunya dengan baik, salah satunya dengan menyiapkan minuman dan makanan kecil. Selain jadi ajang latihan bersosialisasi, permainan ini juga bisa jadi kesempatan Si Kecil untuk belajar bicara sehingga kemampuan berkomunikasinya makin lancar, Bu.

2. Penjual dan pembeli
Permainan ini seperti permainan tamu-tamuan. Bedanya, dalam permainan ini, si Kecil dan temannya harus berperan sebagai penjual dan pembeli. Supaya permainan bisa berjalan dengan baik, Ibu perlu menyiapkan uang mainan dan berbagai barang sebagai dagangan, kemudian tentukan siapa yang jadi penjual dan siapa yang jadi pembeli. Permainan ini juga baik bagi perkembangan si Kecil, karena ia secara tidak langsung akan belajar konsep jual-beli dengan cara yang menyenangkan.

3. Bertelepon
Siapkan telepon mainan untuk si Kecil bermain dengan temannya. Yang satu berperan sebagai penelepon dan yang lain sebagai penerima telepon. Ibu bisa membantu menciptakan percakapan seru untuk keduanya, sehingga si Kecil dan temannya dapat belajar bicara dan berkomunikasi dengan baik. Melalui permainan ini, si Kecil juga pelan-pelan belajar mengenal angka saat Ibu membimbingnya menekan tombol-tombol angka pada telepon mainannya.

4. Melukis
Siapkan kertas dan berbagai alat mewarnai, seperti cat air, krayon atau pensil warna. Lalu, bebaskan si Kecil dan temannya untuk menggambar sesuai keinginan mereka. Di samping merangsang imajinasi dan melatih kreativitas si Kecil, melukis bersama teman membuat ia belajar konsep antre dan pinjam-meminjam, Bu. Sebab, si Kecil harus menunggu gilirannya untuk meminjam cat air, krayon, atau pensil warna yang sedang dipakai oleh temannya.

Nah, itulah empat ide permainan yang bisa Ibu coba untuk mempermudah si Kecil bersosialisasi bersama anak tetangga, baik yang sebaya, lebih kecil, ataupun lebih besar darinya. Semoga bermanfaat ya, Bu!