Whatsapp Share Like Simpan

Setiap Ibu pasti ingin melihat anaknya tumbuh lebih cerdas dan kreatif. Itulah sebabnya, banyak Ibu yang mendidik buah hatinya untuk dapat bereksplorasi dengan luas. Nah, aspek kreativitas inilah yang berkaitan dengan fungsi otak kanan, Bu. 

Lho, fungsi otak kanan dan kiri ternyata berbeda, ya? Ya, tepat sekali! Setiap manusia memiliki otak kanan dan otak kiri yang fungsinya berbeda. Perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri terletak pada jenis pemikiran yang dihasilkan.

Fungsi otak kanan berfokus pada proses kreativitas untuk berimajinasi dan berpikir tentang seni. Sedangkan, fungsi otak kiri lebih banyak berperan dalam memikirkan hal-hal yang sifatnya analitis dan matematis.

Namun sayangnya, banyak pula orang tua yang menganggap setiap anak itu dominan pada otak kiri, sehingga dituntut harus cerdas dalam hal analitis dan matematis. Padahal, ada juga anak-anak yang dominan otak kanan, sehingga mereka lebih antusias dan tertarik pada hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas, seperti seni. 

Melihat kenyataan tersebut, maka sebaiknya Ibu memahami antara fungsi otak kanan dan otak kiri supaya bisa mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil dengan lebih prima. Yuk, mari kita simak penjelasan lebih lengkap mengenai perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri anak-anak. 

Artikel Sejenis

Mengenal Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri

Berdasarkan perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri, terdapat teori yang menyatakan bahwa seseorang memiliki kecenderungan untuk lebih memakai salah satu bagian otaknya. 

Dominasi salah satu bagian otak ini kemudian akan mempengaruhi kepribadian dan kemampuan seseorang. Perbedaan antara dominasi fungsi otak kanan dan otak kiri dapat dilihat dari kemampuan dan cara berpikir. Berikut ini adalah perbedaannya:

Otak kiri

Berlawanan dengan fungsi otak kanan, otak kiri dianggap lebih baik untuk mengerjakan tugas-tugas yang melibatkan logika, bahasa, dan pemikiran analitis. Orang yang dominan menggunakan otak kiri ketimbang fungsi otak kanan digambarkan sebagai orang yang lebih ahli dalam hal-hal seperti:

  • Bahasa, seperti menulis dan membaca
  • Matematika
  • Pemikiran kritis dan logis
  • Analisis
  • Pemikiran berdasarkan fakta

Otak kanan

Fungsi otak kanan dianggap lebih baik untuk mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas. Orang-orang yang dominan menggunakan fungsi otak kanan digambarkan lebih mahir dalam hal-hal seperti:

  • Seni
  • Musik
  • Visual atau gambar
  • Pemikiran berdasarkan intuisi
  • Isyarat nonverbal
  • Imajinasi

Cara Mengoptimalkan Fungsi Otak Kanan Anak

Setelah mengetahui perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri, Ibu tentu ingin mengoptimalkan fungsinya agar tumbuh kembang si Kecil lebih prima, kan? Kalau si Kecil ternyata dominan otak kanan, berarti Ibu perlu meningkatkan kreativitasnya dengan baik.

Nah, ada beberapa cara untuk mengoptimalkan fungsi otak kanan anak agar lebih prima, di antaraya: 

  1. Berikan si Kecil nutrisi untuk otak

    Selain memberikan stimulasi dari luar, Ibu juga harus memberikan si Kecil asupan nutrisi yang penting untuk perkembangan otaknya. Nah, ada beberapa nutrisi yang berperan penting untuk meningkatkan akal kreatif si Kecil, salah satunya adalah DHA. DHA berperan sebagai komponen struktural utama otak yang penting untuk mendukung kecerdasan, kemampuan kognitif, dan fungsi sistem saraf yang lebih optimal. 

    Seperti yang Ibu ketahui, pada 2 tahun pertama kehidupan si Kecil, perkembangan otaknya sedang pesat lho. Itu tandanya, Ibu harus memaksimalkan fungsi otak kanan dan kiri agar si Kecil tumbuh dari nutrisi yang dikonsumsi dan stimulasi yang diberikan. 

    Supaya si Kecil mendapatkan manfaat DHA yang lebih maksimal, maka Ibu harus memberikannya 9 Asam Amino Esensial (9AAE). 9AAE merupakan protein esensial yang berperan untuk menyerap dan membawa nutrisi-nutrisi lain, seperti DHA agar dapat memenuhi kebutuhan sel-sel tubuh si Kecil. 

    9AAE juga harus dikonsumsi secara rutin karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Tapi Ibu tidak perlu khawatir ya, karena 9AAE yang lengkap bisa didapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Bahkan, susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung DHA 4x lebih tinggi, sehingga lebih optimal untuk meningkatkan akal kreatif si Kecil.

    Tak hanya itu lho, Bu, Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan nutrisi penting lainnya yang membantu perkembangan otak si Kecil, seperti asam lemak omega 3 (ALA), asam lemak omega 6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

  2. Latih si Kecil dalam bidang seni

    Seperti yang telah disebutkan, fungsi otak kanan berkaitan dengan tingkat kreativitas si Kecil. Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk melatih si Kecil dalam bidang seni agar kreativitas dan imajinasinya berkembang. Ada banyak bidang seni yang bisa Ibu ajarkan kepada si Kecil, di antaranya bermain alat musik, bernyanyi, menggambar, melukis, dan lain sebagainya. 

  3. Ajak si Kecil untuk melakukan aktivitas fisik

    Ibu juga bisa mengoptimalkan fungsi otak kanan si Kecil dengan mengajaknya melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Ada banyak jenis aktivitas fisik yang bisa dilakukan secara bersama-sama, di antaranya berenang, bermain basket, sepak bola, sepeda, dan lain-lain. 

    Pastikan Ibu memilih aktivitas fisik yang aman bagi anak-anak yang berusia 1-3 tahun, ya. Selain itu, lakukanlah aktivitas fisik tersebut dengan cara yang menyenangkan agar si Kecil tertarik dan bersemangat untuk melakukannya lagi.

  4. Rutin mengajak si Kecil membaca buku

    Satu lagi cara mengoptimalkan fungsi otak kanan si Kecil yang bisa dilakukan, yaitu rutin membaca buku cerita atau dongeng. Ibu pasti tahu kan kalau membaca memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang si Kecil? Nah, cara ini bisa Ibu lakukan sedini mungkin lho, bahkan sejak si Kecil masih di dalam kandungan.

    Meskipun si Kecil terlihat belum paham terhadap apa yang Ibu bacakan, tetapi kegiatan membaca bisa melatih indra pendengaran si Kecil lho. Ada banyak buku cerita atau dongeng yang bisa Ibu pilih. Untuk anak yang berusia 1-3 tahun, Ibu bisa memilih buku cerita dengan gambar yang menarik dan berwarna-warni.

Supaya fungsi otak kanan anak lebih optimal, pastikan Ibu memberikan si Kecil susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ sebanyak 2-3 gelas per hari, tentunya dengan diimbangi oleh asupan nutrisi lain dan stimulasi yang penting.

Selain dapat mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil, susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung nutrisi yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, di antaranya zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan. Dengan begitu, si Kecil jadi lebih kreatif, tangkas, dan berani. 

Ibu ingin tumbuh kembang si Kecil lebih prima? Sebaiknya Ibu manfaatkan juga fitur-fitur yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima, salah satunya adalah fitur Emo Meter yang dapat membantu Ibu untuk mengetahui kondisi sosial dan emosional si Kecil. Sebab, kondisi sosial dan emosional ternyata berpengaruh terhadap kesuksesan si Kecil di masa depan lho, Bu. Ingin coba fitur Emo Meter sekarang? Klik di sini ya, Bu!

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz