Share Like
Simpan

Pernahkah Ibu mendengar bahwa seni bisa merangsang kecerdasan si Kecil? Sayangnya, saya sempat mengalami kesulitan merangsang jiwa seni si Kecil karena saya kurang mengerti dunia tersebut. Inilah yang membuat saya membaca sejumlah artikel untuk meningkatkan seni dalam kehidupan si Kecil. Saya pun mencoba beberapa cara dari internet, Bu. Hasilnya, si Kecil sekarang mulai bisa berkreasi dengan menggunakan media di sekitarnya. Untuk itu Bu, saya ingin berbagi pengalaman supaya kreativitas anak Ibu juga ikut berkembang

1. Awali dengan Mencontoh

Ibu bisa mulai memperkenalkan seni terhadap si Kecil lewat gambar. Saya sengaja membeli buku kumpulan gambar untuk dilihat bersama si Kecil. Warnanya yang menarik membuat ia betah berlama-lama melihatnya, Bu. Setelah itu, saya mengajaknya membuat gambar serupa. Ini membuatnya senang, karena mungkin ia menganggapnya sebagai permainan. Namun, Ibu sebaiknya tidak berharap terlalu tinggi, ya. Mungkin saja gambar yang dibuat si Kecil jauh berbeda dengan gambar yang dicontoh.

2.  Masuklah ke Dalam Imajinasi si Kecil

Terkadang hasil karya si Kecil memang sulit dimengerti, Bu, Namun, Ibu tak perlu menyatakannya langsung. Sebaiknya, cobalah ikut berimajinasi bersama si Kecil. Misalnya saat si Kecil bilang sedang menggambar kucing, cobalah melihat gambar tersebut sebagai kucing, meski bentuknya seperti gulungan pita kusut. Menurut artikel yang saya baca, sikap tersebut bisa membuatnya makin percaya diri untuk berkreasi, Bu. Si Kecil merasa ada orang yang mengerti dan menghargai karyanya.

3. Hindari Menjatuhkan Karya Seninya

Tahukah Ibu, si Kecil sensitif mendengar kata-kata penolakan akan hasil karyanya, lho. Walau karya si Kecil kurang bagus, cobalah untuk mendukungnya dan memberi semangat. Dengan cara ini, si Kecil akan bersemangat untuk membuat karya seni yang lebih baik lagi.

4. Pekenalkan ke Komunitas

Kreativitas si Kecil juga bisa dikembangkan melalui komunitas seni, Bu. Cobalah sesekali ajak dia ke perlombaan seni atau museum seni. Di sana, Ibu bisa menemukan banyak anak yang memiliki minat sama dengan si Kecil. Semakin banyak si Kecil melihat karya orang lain, semakin banyak ide cerdik anak yang ke luar dari otaknya.

Jadi Bu, membuat karya seni yang bagus memang tidaklah mudah. Namun, Ibu bisa bantu memperkenalkan dan mengembangkan seni ke si Kecil sejak dini. Selain mengasah kreativitas anak, seni juga mengembangkan kemampuan otak. Selamat mencoba cara-cara ini ya, Bu!