Share Like
Simpan

Musim penghujan sudah datang. Di saat-saat seperti ini, biasanya si Kecil akan lebih rentan terhadap berbagai penyakit, mulai dari flu, diare, hingga demam lho, Bu. Nah, supaya si Kecil tetap sehat, Ibu perlu memerhatikan asupan yang ia konsumsi sehari-hari supaya kebutuhan gizi balita selalu terpenuhi. Dengan begitu, sistem imun tubuhnya menjadi lebih kuat untuk menghalau penyakit-penyakit tadi.

Nah, berikut beberapa asupan kaya nutrisi yang bisa Ibu berikan pada si Kecil:

1. Daging Merah

Menurut konsultasi kesehatan anak yang pernah saya lakukan dengan dokter ahli gizi, Zinc merupakan salah satu kandungan gizi yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, Bu. Tak hanya itu, Zinc juga bisa meningkatkan kesehatan mata dan meningkatkan kecerdasan si Kecil. Nah, kandungan Zinc ini dapat ditemukan di daging merah. Jadi, masukkan asupan ini ke daftar menu harian si Kecil, ya, Bu.

2. Susu

Untuk menjaga kesehatan balita, dokter ahli gizi juga menyarankan si Kecil untuk minum susu sebanyak dua gelas per hari. Selain susu sapi, susu kedelai bisa menjadi alternatif pilihan sehat lainnya bagi si Kecil karena mengandung Antioksidan Flavonoid yang terbentuk dari Asam Amino dan Vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, Bu.

3. Buah dan sayuran

Untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya, si Kecil juga membutuhkan Vitamin dan Mineral. Nah, zat-zat ini biasa ditemukan pada buah-buahan dan sayuran hijau, Bu. Jadi, ingat untuk memasukkan brokoli, bayam, kacang panjang, atau sayuran lainnya ke menu si Kecil ya. Selain itu, berikan juga buah-buahan dari kelompok sitrus seperti jeruk dan lemon. Dengan kandungan Vitamin C tinggi di dalamnya, buah-buahan ini bisa membantu sistem imun tubuh si Kecil menangkal dampak negatif radikal bebas selama musim hujan.

4. Madu

Madu memiliki kandungan protein yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi balita dan dapat menjaga stamina tubuh si Kecil. Menurut hasil penelitian, p disebutkan bahwa zat antibiotik yang terdapat dalam madu mampu melawan berbagai penyakit dan juga mempercepat pemulihan infeksi, Bu.

Nah, itulah empat asupan yang bisa Ibu andalkan untuk membantu menjaga kekebalan tubuh si Kecil di musim penghujan ini. Semoga kesehatan si Kecil senntiasa terjaga ya, Bu!