Tahukah Ibu bahwa prebiotik ternyata punya manfaat baik bagi tumbuh kembang si Kecil? Untuk memastikan pemenuhan asupan yang dibutuhkan, pemberian susu formula yang mengandung prebiotik bisa Ibu jadikan pilihan sebagai pendamping ASI dan MPASI. 

Susu formula yang mengandung prebiotik menawarkan manfaat dalam menjaga anak tumbuh sehat dan prima dalam kesehariannya. Sebelum mengetahui manfaat lainnya dari susu formula yang mengandung prebiotik, mari cari tahu lebih dalam terkait prebiotik. 

Apa Itu Prebiotik?

Dilansir dari situs WEBMD, prebiotik merupakan salah satu jenis serat khusus. Kehadiran prebiotik ini tidak bisa dapat dibentuk secara mandiri oleh tubuh. Untuk itu, Ibu perlu memberikan asupan tambahan, seperti susu formula yang mengandung prebiotik. 

Manfaat utama yang hadir berkat prebiotik bagi kesehatan si Kecil adalah meningkatnya kesehatan usus. Prebiotik dikenal sebagai salah satu sumber makanan bagi bakteri baik yang berkembang di dalam usus. Salah satu sumber tersebut bisa didapatkan dari susu formula yang mengandung prebiotik. Hal tersebut berguna agar memastikan sistem pencernaan anak jadi lancar dan bekerja dengan optimal. 

Berdasarkan studi yang dikembangkan oleh Journal of Applied Microbiology, proses penyerapan prebiotik yang dilakukan oleh bakteri baik ini akan menghasilkan asam lemak, butirat, propionat, serta gas yang membantu optimalisasi sistem pencernaan anak. Pastikan untuk memberikan susu formula yang mengandung prebiotik. 

Artikel Sejenis

Perlu Ibu ketahui meskipun punya manfaat yang baik, sejatinya prebiotik tidak bisa diserap secara optimal oleh tubuh manusia. Hal tersebut terjadi karena dalam tubuh manusia tidak memiliki enzim yang dapat mengurai prebiotik menjadi gizi untuk diserap oleh darah. 

Meski tidak dapat diserap oleh tubuh manusia, tapi prebiotik dapat dicerna oleh bakteri baik dan memberikannya asupan nutrisi yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia.

Mengapa Tubuh Butuh Prebiotik? 

Sebagaimana yang sudah Ibu ketahui dari pemaparan sebelumnya, prebiotik bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh. Baik untuk bayi maupun manusia secara umum. 

Dalam memenuhi serat yang dibutuhkan si Kecil, Ibu bisa coba dengan memberikan susu formula yang mengandung prebiotik. Di luar itu masih banyak manfaat lain bagi kesehatan yang datang dari prebiotik. 

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

    Fungsi utama dari prebiotik adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Dengan kesehatan pencernaan yang terjaga, maka daya tahan tubuhnya pun akan semakin meningkat. Pasalnya, 70 - 80% sel daya tahan tubuh manusia diproduksi pada sistem pencernaan.

    Selain itu, dengan pemberian prebiotik secara teratur dapat membantu si Kecil untuk memperlancar sistem pencernaannya sehingga BAB tidak keras dan teratur, karena prebiotik membantu perkembangan bakteri baik di dalam usus si Kecil. 

  2. Mencegah Bayi Obesitas

    Tahukah Ibu? Bahwa obesitas di usia dini dapat terus berlangsung hingga si Kecil beranjak dewasa. Jika tidak diatasi sejak dini, obesitas yang dialami anak dapat meningkatkan risiko ia terkena penyakit yang berkaitan dengan obesitas, Misalnya saja seperti. penyakit jantung atau diabetes tipe 2. 

    Ibu tentu tidak ingin saat besar nanti anak Ibu mengalami ragam penyakit tersebut, bukan? Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk menjaga berat badan bayi dengan memberikannya asupan prebiotik. Tak hanya berat badannya yang terjaga dan terhindar dari obesitas, daya tahan tubuhnya juga meningkat lho, Bu. 

  3. Sumber nutrisi bagi probiotik 

    Prebiotik merupakan makanan bagi probiotik sehingga probiotik yang sudah secara alami berada di dalam tubuh bisa berkembang biak dengan baik dan semakin banyak. Dengan begini, kesehatan saluran cerna dapat terlindungi dengan baik dari bakteri jahat sehingga anak bisa tumbuh kuat.

Jenis Prebiotik

Ibu perlu memastikan bahwa pemberian prebiotik selalu ada dalam takaran yang tepat agar tidak menimbulkan masalah bagi kesehatan yang mengganggu tumbuh kembang bayi. Selain susu formula yang mengandung prebiotik, serat tersebut juga bisa Ibu temukan dalam berbagai sumber makanan, seperti buah dan sayuran. 

Dalam susu formula yang mengandung prebiotik, ada dua jenis serat yang berperan penting dalam kesehatan anak. Pertama adalah Fruktan. Prebiotik ini terbentuk dari dari zat inulin dan zat fruktooligosakarida (FOS) atau oligofruktosa. Selanjutnya ada Galaktooligosakarida (GOS) yang mendukung pertumbuhan bakteri Bifidobacteria dan Lactobacilli. Prebiotik GOS ini terbentuk dari bahan dasar laktosa. 

Pada dasarnya, tidak lengkap ada keduanya (FOS/Inulis & GOS). cukup salah satunya. Hal yang terpenting adalah kandungan per sajiannya sesuai dengan kebutuhan si Kecil. Perlu Ibu ketahui, susu formula yang bagus adalah yang mengandung minimal 2 gram prebiotik di dalam satu takaran saji. Oleh karena itu, memberikan susu formula yang mengandung prebiotik sebagai pendamping ASI bisa jadi pilihan tepat dalam menjaga tumbuh kembang anak. 

Manfaat Prebiotik bagi Anak 

Setelah mengetahui apa itu jenis prebiotik secara umum. Mari perdalam informasi mengenai manfaat prebiotik secara khusus untuk anak. Sebagai Ibu, tentu ingin anak tumbuh dan berkembang dengan optimal. 

Tumbuh kembang anak perlu selalu diperhatikan agar anak bisa leluasa beraktivitas dalam mengakomodasi kreativitas dan perkembangan fisiknya. Salah satunya bisa Ibu lakukan dengan memberikan susu formula yang mengandung prebiotik pada anak. 

  1. Membantu mengatasi diare 

    Prebiotik yang jadi nutrisi bagi koloni bakteri baik dalam usus membantu untuk mengurangi diare. Hal ini terjadi karena dengan adanya prebiotik, bakteri baik dalam berkembang secara optimal. 

    Jumlah bakteri baik yang meningkat juga membantu dalam proses pemulihan diare. Untuk memastikan pemberian asupan seperti susu formula yang mengandung prebiotik, alangkah baiknya untuk melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu. 

  2. Mencegah terjadinya kolik 

    Kolik merupakan sebuah kondisi yang rentan terserang kepada anak. Umumnya kolik merupakan penyebab anak menangis tanpa henti dalam jangka waktu yang lama. Dilansir oleh Journal of the American College of Nutrition formula yang ada di dalam prebiotik punya manfaat yang tidak jauh berbeda dengan ASI. 

    Baik ASI maupun prebiotik bermanfaat dalam membantu pertumbuhan Bifidobacteria dan Lactobacilli. Keduanya berguna dalam menghambat pertumbuhan Clostridium secara signifikan. Pertumbuhan Clostridium yang terhambat membantu Ibu dalam mencegah kolik terjadi pada si Kecil dan bisa dilakukan dengan memberikan susu formula yang mengandung prebiotik.

Tumbuh Kembang Optimal dengan Frisian Flag PRIMAGRO 1+

Agar tumbuh kembang anak selalu berada dalam kondisi prima, memberikan susu formula yang mengandung prebiotik bisa jadi pilihan yang tepat. Untuk itu, Ibu perlu memilih susu formula yang mengandung prebiotik secara tepat, seperti Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Karena, di dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ terdapat kandungan serat pangan inulin 1gr yang dibutuhkan untuk kesehatan pencernaan si Kecil. 

Sebagai susu formula yang mengandung prebiotik, Frisian Flag PRIMAGRO 1+ merupakan susu bubuk pertumbuhan yang mengandung 9AAE yang lengkap dan 4x DHA yang lebih tinggi.

Mengapa 9AAE harus dipenuhi secara lengkap? Karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, Bu. Jadi, nutrisi ini harus didapatkan dari makanan berprotein tinggi dan harus dikonsumsi secara rutin setiap hari. 9 Asam Amino Esensial ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. 

Nah, dalam masa tumbuh kembang, sebaiknya si Kecil mengonsumsi makanan berprotein tinggi, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya. Namun, pastikan Ibu mencukupi asupan protein hewani si Kecil secara optimal dibandingkan protein nabati. 

Apa dampaknya jika si Kecil kekurangan 9AAE? Kemungkinan hormon pertumbuhannya pun akan terhambat, Bu. Hal ini didukung oleh penelitian dari J.Nutr dalam National Center for Biotechnology Information yang menjelaskan bahwa kekurangan 1 jenis dari 9AAE bisa menghambat potensi tinggi badan dan kecerdasan anak sebanyak -34%. Bahkan, kekurangan semua jenis 9AAE bisa menghambat hormon pertumbuhan sebanyak -50%.

Ibu pasti tidak ingin tumbuh kembang si Kecil jadi terhambat, kan? Untuk itu, yuk penuhi asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap dengan memberikan si Kecil susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ sebagai susu formula yang mengandung prebiotik. 

Selain mengandung 9AAE yang lengkap, susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung kombinasi 8 nutrisi penting untuk dukung perkembangan otak dan akal kreatif si Kecil, di antaranya DHA 4x lebih tinggi, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

Sebagai, susu formula yang mengandung prebiotik, Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan 5 nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Semua nutrisi prima dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ bisa Ibu dapatkan dengan harga terjangkau. Yang gak kalah spesial, susu ini juga tersedia dalam 3 pilihan rasa lezat, yaitu madu, vanila, dan cokelat yang pastinya disukai si Kecil. Dengan mengonsumsi susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+, si Kecil bisa lebih kreatif, tangkas, dan berani. 

Pantau juga tumbuh kembang si Kecil dengan menggunakan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang ada pada Akademi Keluarga Prima ya, Bu. Fitur ini dikembangkan berdasarkan Growth Chart WHO dan Psikolog Ligina Ayudia., M.Psi.