Whatsapp Share Like Simpan

Sistem imun yang belum sempurna membuat anak-anak rentan terhadap serangan penyakit. Banyaknya virus dan bakteri yang berkeliaran di luar memang sulit untuk dihindari, namun Ibu bisa meminimalisir risiko sakit pada si Kecil dengan cara memberikan vitamin dan nutrisi ekstra untuk optimalkan daya tahan tubuhnya, lho.

Perlu Ibu ketahui bahwa pemberian makanan yang rutin saja tidak cukup untuk mendukung daya tahan tubuh si Kecil agar lebih prima. Di dalam makanan tersebut harus mengandung nutrisi seimbang yang dapat menjaga sistem imun dan organ tubuh lainnya agar berfungsi dengan baik. Lalu, nutrisi seperti apa yang bisa diberikan untuk si Kecil agar ia menjadi tangguh?

Nutrisi Lebih Tinggi untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Agar dapat mendukung potensi si Kecil lebih kreatif, tangguh, dan percaya diri, Ibu bisa memberikan nutrisi lebih tinggi seperti: 

  • 9 Asam Amino Esensial (9AAE)

    Salah satu nutrisi penting yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak adalah 9 Asam Amino Esensial (9AAE). 9 Asam Amino Esensial (9AAE) merupakan bentuk sederhana dari protein yang lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaan si Kecil. 

    Asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) harus dipenuhi secara lengkap karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri sehingga harus didapatkan dari sumber protein hewani berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. 

    Artikel Sejenis

    Jumlah asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) ini harus lengkap karena penelitian dalam National Center for Biotechnology Information menunjukkan bahwa kekurangan 1 jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan, salah satunya potensi tinggi badan anak sebanyak -34% dan kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) menurunkan kinerja hormon pertumbuhan tersebut sebanyak -50%. 

    Salah satu asupan bernutrisi yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap adalah susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Selain 9AAE, susu pertumbuhan ini juga diperkaya oleh beragam nutrisi penting lainnya untuk mendukung tumbuh kembang anak prima. 

  • Serat pangan Inulin

    Nutrisi ini secara alami bisa ditemukan pada beberapa buah dan sayuran, seperti apel, pisang, bawang merah, bawang perai, jagung, dan kacang kenari. Prebiotik inulin merupakan salah satu jenis karbohidrat fruktosa yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan saluran cerna.

  • Selenium

    Sebenarnya tubuh manusia secara alami sudah menghasilkan selenium, yakni pada otot rangka. Namun mineral ini juga bisa mendapatkannya dari beberapa sumber makanan, seperti susu, salmon, telur, ayam, kepiting, udang, beras merah, bayam, jamur shitake, dan bawang putih. 

    Selenium sendiri memiliki manfaat untuk sintesis DNA dan metabolisme hormon tiroid, meningkatkan fungsi kognitif otak, dan yang paling penting adalah untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

  • Zinc

    Zinc merupakan jenis mineral yang sangat baik bagi tumbuh kembang si Kecil. Banyak terkandung di dalam susu, daging ayam, daging sapi, dan kacang-kacangan, mineral ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh lho, Bu. 

    Di antara fungsi zinc adalah untuk menjaga proses metabolisme, memperkuat kekebalan tubuh, menjaga fungsi dari indera penciuman dan pengecap, mempercepat penyembuhan luka, membantu sintesis DNA, serta mempercepat pertumbuhan sel.

  • Zat besi

    Zat besi termasuk zat gizi mikro yang dapat mendukung daya tahan tubuh si Kecil dengan baik. Zat besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin adalah protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Manfaat zat besi bisa didapatkan dalam beberapa jenis makanan, di antaranya susu, daging merah, sayuran hijau, makanan laut (seafood), tahu, biji buah labu, dan lain sebagainya. 

  • Magnesium 

    Nutrisi lain yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah magnesium. Mineral satu ini juga berperan dalam pembentukan tulang, menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan menjaga kesehatan jantung. Magnesium banyak ditemukan pada susu, bayam, cokelat, tahu, kacang almond, dan edamame. 

    Selain keenam nutrisi di atas, salah satu nutrisi penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil adalah vitamin yang bisa Ibu dapatkan secara alami dari sumber makanan sehari-hari. Tahukah Ibu apa saja jenis vitamin tersebut? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini:

  • Vitamin A

    Vitamin daya tahan tubuh yang pertama adalah vitamin A. Ibu mungkin lebih familiar dengan manfaatnya untuk sistem penglihatan. Nyatanya, vitamin ini juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho. Vitamin A bertugas untuk membentuk sel darah putih yang dapat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Sel darah putih yang terproduksi dengan baik tentunya akan membuat fungsinya jadi lebih optimal.

    Vitamin A bisa didapatkan dari buah dan sayuran yang memiliki warna terang, seperti tomat, wortel, brokoli, bayam, kangkung, labu, paprika merah, semangka, dan pepaya. Vitamin ini juga terkandung di dalam hati sapi, ikan, udang, ubi jalar, susu, dan keju.

  • Vitamin C

    Saat sakit biasanya kita disarankan untuk banyak mengonsumsi vitamin C. Mengapa demikian? Sebab vitamin C memiliki peranan besar dalam menjaga dan meningkatkan imunitas, Bu. Vitamin daya tahan tubuh ini dapat menaikkan jumlah antibodi atau zat pembentuk kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh akan memiliki kekebalan yang lebih baik dalam menangkal serangan penyakit.

    Vitamin C juga masih memiliki manfaat lainnya, lho. Diantaranya adalah mencegah kerusakan sel, melindungi tubuh dari infeksi, meningkatkan kadar kolagen yang berfungsi untuk perlekatan otot dan tulang, mempercepat penyembuhan luka, serta membantu aktivitas sel darah putih. Sumber vitamin C yang bisa Ibu berikan kepada si Kecil antara lain jambu biji, stroberi, jeruk, kiwi, mangga, brokoli, bayam, dan paprika.

  • Vitamin E

    Vitamin daya tahan tubuh lainnya adalah vitamin E. Dikenal baik untuk kesehatan kulit, ternyata vitamin ini juga merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kelenjar timus dan mengoptimalkan kerja sel darah putih dalam melawan infeksi. Zat antioksidan pada vitamin E akan menangkal radikal bebas yang membawa virus dan merusak sel tubuh. Vitamin E banyak terdapat pada bayam, pepaya, alpukat, biji-bijian mentah, serta kacang-kacangan.

Beragam nutrisi dan vitamin yang telah disebutkan di atas bisa Ibu dapatkan dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Tak hanya itu, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung kombinasi 8 nutrisi penting untuk meningkatkan kecerdasan, di antaranya DHA 4x lebih tinggi, omega 3, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi. 

Selain itu, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan kombinasi 5 nutrisi penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, di antaranya zat besi, VItamin D3, Zinc, Magnesium, & Vitamin C tertinggi, serta kandungan serat pangan inulin untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Untuk mendukung potensi anak tumbuh lebih kreatif, tangguh, dan percaya diri. Ibu bisa memberikan si Kecil susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ sebanyak 2-3 gelas sehari. Penelitian yang dilakukan oleh Prof. DR. dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA (K) pada anak balita menghasilkan kesimpulan bahwa mengonsumsi susu pertumbuhan yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dengan kadar di atas 300 ml sehari bisa mencegah terjadinya stunting sebesar 72%.

Imbangi dengan Kebiasaan Baik

Di samping mengonsumsi vitamin dan nutrisi, untuk membuat si Kecil selalu sehat juga harus diimbangi dengan kebiasaan yang baik, Bu. Berikut ini beberapa kebiasaan yang sebaiknya diterapkan pada si Kecil:

  • Rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer untuk mencegah masuknya virus dan bakteri ke dalam tubuh.
  • Rutin berolahraga agar badan lebih aktif dan sehat.
  • Tidur yang cukup untuk mengembalikan energi dan menjaga proses metabolisme tubuh.
  • Menjaga kebersihan rumah supaya tidak ada kotoran dan debu yang bisa menyebabkan berbagai penyakit
  • Menghindarkan si Kecil dari paparan asap rokok dan polusi udara yang berbahaya bagi paru-parunya.

Semua nutrisi dan gaya hidup sehat di atas diperlukan untuk membuat si Kecil menjadi anak tangguh prima, yaitu anak yang memiliki daya tahan tubuh yang baik. Yuk, mulai sekarang terapkan gaya hidup yang sehat di dalam keluarga agar menjadi kebiasaan yang terus berlanjut hingga si Kecil dewasa nanti.

Bagi Ibu yang masih memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi seputar nutrisi anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar ya, Bu. Di sana ada para ahli yang akan membantu Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz