Share Like
Simpan

“Bu, aku kadang-kadang suka bosan deh, kalau lagi hamil begini. Apalagi, kalau hanya di rumah saja seharian.” Begitu kira-kira keluh kesah teman saya beberapa hari lalu. Dalam hati, saya jadi tersenyum karena pernah merasakan hal yang sama dulu.

Ya, waktu masih mengandung anak pertama, saya sempat mengalami kebingungan serupa. Maklum, saat hamil kan banyak pantangannya ya, Bu. Misalnya, tidak boleh beraktivitas berat, harus banyak istirahat, dan masih banyak lagi.

Namun, sebenarnya ada banyak aktivitas seru yang bisa Ibu coba di masa kehamilan ini, lho. Bahkan, aktivitas tersebut bisa membuat momen ini jadi semakin indah dan banyak kenangannya. Berikut ada tiga aktivitas seru yang dulu pernah saya lakukan waktu mengandung dulu:

 

Ikut Kelas atau Kursus

Sedang hamil bukan berarti kita tidak bisa mencoba dan belajar hal baru, Bu. Berbagai kursus menarik seperti memasak, yoga, merajut, atau bahkan kelas menari khusus Ibu hamil bisa kita jadikan sarana untuk memeriahkan momen kehamilan saat ini.

Jika kursus dirasa terlalu berat, Ibu juga bisa mengikuti seminar atau workshop yang biasanya diadakan  hanya 1-2 hari saja. Selain bisa ikut mengusir rasa bosan, kehadiran kelas-kelas ini tentu bisa Ibu manfaatkan untuk bertemu teman baru, bertukar cerita, serta mendapatkan tips dari Ibu-ibu lainnya. Ini pasti lebih seru daripada seharian di rumah saja, kan?

 

Membuat Scrapbook Lucu.

Momen kehamilan yang tak tergantikan ini tentu sayang sekali kalau tidak diabadikan, ya? Oleh sebab itu, yuk mulai buat kenang-kenangan masa indah tersebut dalam bentuk yang menarik. Salah satu caranya dengan membuat buku diari atau scrapbook berisi cerita dan foto-foto seru, misalnya selfie ekspresi Ayah dan Ibu saat sedang USG di rumah sakit, atau foto perkembangan perut Ibu dari bulan ke bulan.

Ibu juga bisa menaruh benda-benda lain di dalamnya juga lho, seperti kertas coretan berisi pertimbangan nama-nama si Kecil yang ditulis Ibu dan Ayah. Agar lebih menarik, hiasi halamannya dengan pernak-pernik lucu, ya. Buku ini pasti dapat menjadi kenangan bersejarah yang indah untuk ditunjukkan kepada si Kecil waktu dia besar nanti.

 

Relaksasi Bersama Ayah dengan Babymoon.

Pernah dengar istilah di atas? Secara garis besar, babymoon adalah kegiatan pergi berlibur besama pasangan di masa kehamilan, Bu. Tren yang satu ini memang sedang marak diminati di kalangan Ibu-ibu hamil. Jadi, berhubung di awal-awal kehadiran si Kecil nanti waktu intim Ibu dan Ayah untuk sementara harus berkurang terlebih dahulu, maka babymoon bisa menjadi kesempatan emas untuk menghabiskan waktu sambil berelaksasi bersama. Seru kan?

Nah, ada sedikit tips dari saya jika Ibu ingin melakukan babymoon. Pertama, sebaiknya aktivitas ini dilakukan di trimester kedua, di mana gangguan kesehatan seperti mual sudah mulai berkurang. Lalu, sebaiknya pilih tempat rekreasi yang dekat agar Ibu tidak lelah. Terakhir, pastikan Ibu sudah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum bepergian.

Bagaimana? Sudah siap melakukan 3 aktivitas seru di atas? Sebelum beraktivitas nanti, pastikan Ibu sudah mencukupi kebutuhan nutrisi setiap harinya, ya. Salah satunya dengan rutin minum susu khusus ibu hamil, seperti Frisian Flag Mama. Susu yang satu ini sudah jadi favorit saya di masa kehamilan dulu, Bu. Ini karena Frisian Flag Mama diperkaya dengan Serat Inulin, Asam Folat, serta  vitamin B6 yang membantu mengurangi rasa mual, serta Kalsium dan Zat Besi untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janin. Saya pun jadi bisa tetap beraktivitas dengan baik dan pertumbuhan janin juga dapat terus berlangsung optimal!