Share Like
Simpan

Hai, Bu! Perkenalkan, nama aye Elisabeth Tailor Sanusi, tapi, tetangge-tetangge di Blok FF biasa memanggil aye Mpok Eli. Aye adalah salah satu dari empat Ibu-ibu Wow di serial video Frisian Flag akun YouTube Ibu dan Balita. Di video itu, kelihatan ya, Bu, anak aye, si Adoel, seneng banget membaca. Sampai-sampai, di usia segitu, dia sudah minta dibelikan buku ensiklopedia perbintangan.

Nah, sekarang aye mau bagi-bagi tips gampang bikin anak doyan membaca. Simak yuk, Bu!

1. Mulai dari Diri Sendiri
Menurut artikel di forum konsultasi masalah anak yang pernah aye baca, anak usia balita itu suka banget meniru, Bu. Dia akan semangat meniru orang tua, tanpa perlu kita minta. Makanya, supaya anak suka membaca, Ibu juga harus rajin baca. Kalo si Kecil melihat Ibu suka baca, dia akan beranggapan membaca itu menyenangkan dan buku itu nggak membosankan. Makin sering Ibunya membaca, makin sering si Kecil menirukan Ibu, dan makin terbiasa juga dia membaca. Dengan begini, membaca nggak berat lagi buat si Kecil.

2. Perbolehkan si Kecil Menentukan Sendiri Buku Bacaannya
Selain kasih contoh langsung lewat rajin membaca, tips gampang berikutnya yang aye dapat dari forum itu adalah bebasin si Kecil memilih sendiri buku yang mau dia baca. Aye nggak pernah maksa Adoel untuk baca buku yang nggak dia suka, Bu. Supaya, Adoel lebih semangat pas baca buku. Kalau si Kecil udah hobi membaca, ke depannya ngasih saran buku yang sebaiknya dia baca jadi lebih gampang, Bu.

3. Ajak si Kecil ke Toko Buku Lebih Sering
Aye juga lebih sering ngajak Adoel ke toko buku. Malah, sampai sekarang, aye dan Adoel rutin ke toko buku bisa sampe sebulan sekali, Bu. Tiap ngajakin Adoel ke toko buku, aye selalu berusaha kasih kesan bahwa kunjungan ini nggak kalah seru dibanding kunjungan ke tempat-tempat wisata lain. Biasanya, aye bilang, “Yeay, akhirnya... hari ini kita bakal pergi ke toko bukuuu..! Asyiiiiik!” Melihat aye semangat banget, si Adoel juga ketularan bersemangat, Bu.

Untung aye orangnya kepo. Aye jadi tahu dari Bu Winwin (tetangga aye di Blok FF), kalo beli buku untuk si Kecil bisa pake e-voucher belanja di Gramedia dari susu Frisian Flag Jelajah & Karya. Tiap beli susu Frisian Flag Jelajah & Karya, kita dapat poin yang bisa dikumpulkan dan ditukar dengan macem-macem e-voucher, termasuk e-voucher belanja buku di Gramedia. Cara tukar poin susu Frisian Flag gampang banget, cukup dengan mengirim SMS dari nomor handphone Ibu yang terdaftar di situs ibudanbalita.com.

Nah, itu dia beberapa tips cakep bikin anak suka membaca dari aye. Selamat mencoba, Bu!