Share Like
Simpan

Sewaktu si Kecil usia tiga tahun, ia saya daftarkan ke Kelompok Bermain (playgroup) di dekat rumah. Hal ini bertujuan supaya ia bisa belajar dan bermain dengan banyak teman seusianya dan ia dapat melatih keberanian serta kemandiriannya.

Karena kegiatannya lebih banyak bermain dan sistem belajar di playgroup hanya sampai siang hari, saya lebih suka membawakannya bekal dibandingkan membelikannya jajanan ketika ia merasa lapar. Nah, menu bekal kesukaan si Kecil dulu adalah sandwich atau roti lapis dengan isian yang bermacam-macam, misalnya daging asap atau selai cokelat. Mungkin karena saya sering membuat bentuk-bentuk lucu pada potongan rotinya, ia jadi lebih semangat saat melahapnya. Caranya mudah kok, Bu. Ibu bisa mulai dengan menyiapkan beberapa hal berikut:

Sandwich Daging Mayo



Bahan-bahan:
•    4 lbr roti tawar (bisa diganti dengan roti gandum jika Ibu menginginkannya)
•    3 sdm mayones
•    4 lbr irisan tomat segar
•    2 lbr keju lembaran
•    2 lbr daging asap (bisa juga diganti dengan telur mata sapi atau tuna kalengan sebagai variasi)
•    2 lbr daun selada segar (jika memungkinkan Ibu bisa membaginya menjadi dua)

Cara membuat:
1.    Siapkan roti tawar. Jika si Kecil lebih suka tanpa kulit roti, buang pinggiran roti atau gunakan roti tanpa kulit kemudian potong menjadi bentuk bintang atau bentuk lain yang si Kecil suka. Ibu bisa memintanya untuk memilih bentuk dan memotong sendiri jika Ibu punya cookie cutter atau alat untuk mencetak adonan kue.
2.    Oleskan mayones pada satu sisi kemudian letakkan daun selada, tomat, daging asap, kemudian keju. Jika si Kecil bosan dengan roti isi daging asap, Ibu bisa memintanya untuk memilih isian roti yang ia suka.
3.    Jika saat disatukan potongan roti lapis lebih kecil dibadingkan dengan bahan-bahan isiannya, Ibu bisa memotong bahan-bahan tersebut terlebih dahulu sebelum disajikan kepada si Kecil. Hal ini juga bertujuan agar ia lebih mudah memegang rati lapis tersebut sebelum disantapnya

Sandwich Cokelat Kacang



Bahan-bahan:
•    4 lbr roti tawar atau roti gandum
•    Mentega (secukupnya)
•    3 sdt selai kacang (Ibu juga bisa menggantinya dengan keju yang sudah diparut)
•    2 sdm selai cokelat
Cara membuat:
1.    Oleskan mentega pada satu sisi roti. Ibu bisa menggunakan roti tanpa kulit jika si Kecil lebih menyukai roti tanpa kulit.
2.    Setelah itu oleskan selai cokelat pada satu sisi, kemudian oleskan selai kacang pada sisi lainnya. Ibu bisa mengajak si Kecil untuk ikut mengoleskan selai ini lho, Bu.
3.    Jika sudah, tumpuk kedua sisi roti tadi kemudian potong sesuai dengan bentuk kesukaan si Kecil.

Gimana, Bu? Mudah kan cara membuatnya. Terkadang Ibu memang perlu memadu padankan makanan untuk mengakali si Kecil agar mau mengonsumsi jenis makanan tertentu apalagi sayuran. Terutama karena di usia pertumbuhannya seperti saat ini, kandungan vitamin dan mineral pada tomat, keju, kacang, serta protein pada telur sangatlah baik untuk menunjang tumbuh kembangnya dan menjaga daya tahan tubuh. Nah, kalau si Kecil saya dulu tidak hanya senang dibuatkan sandwich saja, Bu. Ia juga senang sekali minum susu Frisian Flag Jelajah setiap pagi sebelum beraktivitas sebagai pelengkap asupan gizinya.

Tertarik untuk mencobanya, Bu? Semoga si Kecil tetap sehat, ya!