Hai Bunda, daftar disini

Dian Nurroziqi

Dian Nurroziqi

Umum

makanan yang mempercepat pemulihan patah tulang

Ngomong ngomong masalah patah tulang, ga lagi lagi deh...Klo bisa mah jangan sampai ngalamin yang namanya patah tulang, retak ataupun sejenisnya. Saya sendiri pernah merasakan betapa nikmatnya ketika mengalami cidera patah tulang. Waktu itu tahun 2009 awal, saya mengalami kecelakaan motor yang berakibat tulang kecil kaki sebelah kiri saya retak, hampir patah gitu. Tapi meskipun udah kena musibah, tetap saja saya bersyukur karena nyawa saya masih bisa selamat dan tidak harus operasi dalam penyembuhannya. Sempat menginap di RS medika cikarang selama 3 hari dan berobat jalan 3 bulan. Lumayan lama kan sembuhnya yah?

Selama 1 bulan saya berjalan memakai tongkat penyangga, ternyata capek alias ribet juga..Dan akhirnya pada bulan ke 2 Dokter sudah menganjurkan untuk melepas tongkatnya namun berobat jalan masih tetap hingga bulan ke 3 berakhir. Memang penyembuhan bagi penderita patah tulang itu membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam kegiatan yang sifatnya ringan monoton membosankan, terlebih jika tingkat mobilisasi menjadi terbatas, susah bergerak. Dan kenapa harus teliti? karena salah gerak dan posisi sedikit saja hasilnya bisa berakibat fatal.
Bagi penderita patah tulang, selain obat konvensional yang berisi kandungan unsur kalsium dll terkait resep dokter, yang dikonsumsi sehari-harinya diperlukan juga asupan zat makanan/minuman yg alami. Hal tersebut tidak dilakukan sekali dua kali, namun dianjurkan secara konsisten dilakukan setiap hari. Tentu saja dengan porsi yang proporsional, yang jelas, harus paham dan mengerti bahwa penderita patah tulang harus dibedakan dengan orang normal dari segi kontinuitas asupan makanannya. Terutama fokus pada makanan yang mendukung pertumbuhan tulang yang patah sebelumnya, seperti kalsium dan vitamin D.

sayur dan buah

Makanan dan minuman yang dimaksud diantaranya ialah:
1. Yoghurt.
Kebanyakan orang mendapatkan vitamin D melalui paparan sinar matahari, tapi makanan tertentu, seperti yoghurt juga kaya dengan vitamin D. Satu cangkir yoghurt bebas lemak cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.
2. Susu
Delapan ons susu bebas lemak akan menghasilkan 90 kalori. Pilihlah produk susu tanpa lemak yang diperkaya dengan vitamin D untuk mendapatkan manfaat ganda. Seandainya tidak gemar susu murni, bisa juga digantikan produk olahan seperti smothies atau jus buah yang dicampur dengan susu.
3. Keju
Hanya karena keju penuh kalsium tidak berarti Anda perlu makan keju berlebihan. Sebanyak 1,5 ons keju cheddar mengandung lebih dari 30% dari nilai harian kalsium. Kebanyakan keju mengandung sedikit vitamin D namun tidak akan cukup memenuhi kebutuhan kalsium.
4. Ikan Sarden
Ikan sarden ini biasanya dikemas dalam kaleng. Ia memiliki pemenuhan kalsium dan Vitamin D yang cukup tinggi. Rasanya pun gurih bisa ditambahkan di pasta dan salad.
5. Telur
Meskipun telur hanya mengandung 6% vitamin D harian Anda. Jangan memilih hanya bagian putih atau kuning saja karena akan mengurangi kalori. Vitamin D justru terdapat dalam bagian kuning telurnya.
6. Ikan Salmon
Salmon dikenal karena banyak mengandung lemak omega 3 yang baik untuk jantung. Sepotong salmon dengan berat 3 ons sudah memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin D Anda
7. Bayam
Tidak suka susu? Bayam akan jadi cara favorit Anda untuk mendapatkan kalsium. Satu cangkir bayam yang dimasak mengandung hampir 25% dari kebutuhan kalsium harian Anda. Bayam diperkaya serat, besi, dan vitamin A.
8. Sereal
Sereal mengandung 25% vitamin D. Ini adalah cara termudah daripada memasak ikan salmon atau mesti berjemur.
9. Ikan Tongkol
Tuna atau lemak ikan lainnya merupakan sumber vitamin D. Tiga ons tuna kaleng mengandung 154 IU, atau sekitar 39% dari dosis harian Anda dari vitamin sinar matahari.
10. Sawi Hijau
Sama seperti bayam, sayuran berdaun hijau ini kaya akan kalsium. Satu cangkir sawi yang dimasak mengandung 25% kalsium untuk kebutuhan harian Anda. Sawi ini mudah diselipkan dalam makanan Anda.
11. Jus jeruk
Segelas jus jeruk segar yang diperas tidak memiliki kalsium atau vitamin D. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam askorbat dalam jus jeruk dapat membantu dengan penyerapan kalsium, sehingga Anda akan lebih mungkin mendapatkan manfaat dari minuman ini.
Beberapa jenis makanan diatas, memiliki potensi dalam membantu proses penyembulan luka patah tulang. Namun selain usaha diatas, lebih manjur lagi dibarengin dengan amalan ibadah, doa dan sugesti dari diri kita masing masing. Semoga artikel kesehatan tentang penyembuhan patah tulang ini bermanfaat buat semuanya. Amien - See more at: http://tipskesehatan-ku.blogspot.com/2013/06/makanan-yang-membantu-dalam-proses.html#sthash.lDYQEzlB.dpuf

Komentar
1 Komentar
Siti Rosyana
Siti Rosyana -

nice tips, thx bunda