Hai Bunda, daftar disini

Rochmi Widayanti

Rochmi Widayanti

Umum

bagaimana mengajari anak untuk mau rapi dalam mewarnai gambar?

Anak saya 4 th masuk TKA, trus di sekolah sering diajari mewarnai, tapi kok sampai saat ini masih belum tetap pendirian, kadang rapi kadang semaunya sendiri, apa memang anak usia segitu masih sering semaunya sendiri dalam belajar mewarnai, trus bagaimana mengajak anak untuk mau rapi?

Komentar
6 Komentar
Rika Mulyati
Rika Mulyati -

Haloo Bunda Wida, kebetulan anakku se usia dengan anaknya bunda Wida. Kebetulan juga sekarang ini anak ku sedang senang-senangnya mewarnai, alhamdulillah dengan sering berlatih di rumah semakin ke sini semakin rapi. Coba Bunda caraku ini, mungkin ada sedikit yg kurang rapi atau melewati garis, kita biarkan saja tp kita juga kasih tau sebaiknya tidak melewati garis. Selamat mencoba Bunda...

Ani Ismayani
Ani Ismayani -

memang betul, hanya anak2 dengan bakat kecerdasan seni yang luar biasa yang bisa membuat gambar/ mewarnai dengan sangat bagus dan rapih. akan tetapi, anak kita yang mungkin kemampuannya biasa2 bisa tetap dilatih dan dirangsang agar bisa melakukannya walaupun tidak harus sebagus mereka. semakin sering dan terlatih pekerjaanya pun pasti akan semakin baik. mungkin selain dorongan dan banyak latihan di rumah, memasukkannya ke les atau kursus menggambar bisa mengasah kemampuannya.
untuk seusia dia, sudah senang mau menggambar atau mewarnai juga sudah bagus ko bun, menilai hasilnya bagus itu tidak melulu harus dari sudut pandang kita ko!

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Dear Bunda, ketika seorang anak mewarnai, kecerdasan yang berkembang sebetulnya ada banyak sekali. Pertama koordinasi motorik halusnya, khususnya bagaimana dia menggerakkan jari dan tangannya untuk bisa mewarnai. Kedua, secara kognitif, dia akan mengenali dan memanipulasi warna. Ketiga, secara emosi dia bisa mengekspresikan kebutuhan emosionalnya. Contohnya ketika lagi marah atau sedih, tentunya proses mewarnainya tak akan seindah ketika anak sedang senang hatinya. Jadi Bunda, untuk mengajarkan anak jadi lebih rapi bukan hanya anak diminta untuk melihat garisnya, tapi memang juga harus dilihat bagaimana kondisi perasaannya.

Untuk anak 4 tahun, supaya bisa mewarnai dengan indah (selain dilihat perasaannya), bisa juga diusahakan beberapa hal seperti: gambarnya cukup besar, jangan diberikan gambar yang terlalu kecil atau detil. Garis antara bagian cukup tebal, biasanya garis berwarna hitam, semakin tipis garisnya biasanya anak semakin sulit, sementara semakin tebal garisnya anak semakin mengerti bahwa bagian tersebut berbeda dari bagian lain. Contoh garis antara gambar atap dan dinding dan pintu dalam gambar rumah harus cukup tebal. Alat mewarnai, semakin kecil anak maka alatnya harus semakin besar, contoh anak 2 tahunan lebih baik memakai spidol atau crayon raksasa, sementara anak 4 tahun sudah bisa menggunakan pensil warna yang diameternya cukup besar, nantinya kalau sudah lancar mewarnai barulah menggunakan pensil warna yang diameternya lebih kecil.

Bunda, biasanya hanya anak yang kecerdasannya luar biasa yang bisa mewarnai dengan rapih di usia ini. Jadi Bunda tak perlu terlalu khawatir kalau dia masih berantakan. Tapi dengan lebih banyak kesempatan belajar, tentunya semakin lama ia akan semakin trampil mewarnai.

Sri Artina Sirwan
Sri Artina Sirwan -

anak seusia itu memang berbuat dengan kemauannya sendiri..sebagai ortu ya dengan sabar kita arahkan aja..sewaktu sesi mewarnai itu cuba anda arahkan secara perlahan-lahan dengan membuat contoh..terus-terusan di latih mudah-mudahan akan terbiasa

Rochmi Widayanti
Rochmi Widayanti -

Saya sudah membebaskan dia mewarnai sesuai keinginannya, bahkan sejak 1 tahun 8 bulan sudah bisa mewarnai walau masih belepotan, saat ini sudah sudah mulai rapi cuma pas tidak mod kembali belepotan, bagaimana agar si anak lebih menyukai gambar yang rapi?misalnya di perlombaan mewarnai yang anak sendiri sudah memilih untuk ikut lomba?trims

Devi Effendi
Devi Effendi -

kebetulan saya juga punya anak yang duduk di TK-A. Dandy (3 thn 10 bln). Menurut saya usia segitu sebaiknya tidak dipaksakan dalam melakukan sesuatu. Jika sedang belajar mewarnai, kita jangan bilang "bukan begitu warnanya, kaya gini nihh...". sebaiknya tidak demikian. biarkan anak melakukan sesuai keinginan sendiri.. seiring waktu, dia akan mengerti cara mewarnai yg baik kok..