Hai Bunda, daftar disini

Azesti Nova

Azesti Nova

Umum

Tips Saat Hamil Agar Air Susu Banyak

Pada masa kehamilan terkadang banyak ibu melupakan apa yang harus dia lakukan agar kondisi setelah melahirkan dapat berjalan mulus. Salah satu hal yang sering terlupakan di masa kehamilan adalah air susu. Banyak tips kehamilan yang tidak membahas hal ini.

Orang awam berpikir bahwa untuk menghasilkan air susu berkualitas semuanya dilakukan ketika bayi telah lahir. Padahal tidak, agar air susu banyak dan berkualitas usaha harus dilakukan sejak masa kehamilan. Tidak jarang, ketika baru melahirkan air susu tidak keluar, hal ini disebabkan oleh perawatan yang kurang selama masa kehamilan.

Berikut tips kehamilan agar air susu banyak yang dapat Anda lakukan:

Perawatan Payudara. Perawatan payudara sangat penting dilakukan di masa kehamilan. Karena payudara adalah organ penghasil air susu ibu. Perawatan payudara berfungsi untuk merangsang kelenjer susu untuk memproduksi air susu nantinya agar air susu banyak. Jika Anda tidak melakukan perawatan terhadap payudara di masa kehamilan ini akan menimbulkan kasus air susu tidak keluar setelah Anda melahirkan. Pada usia kehamilan di bawah 3 bulan perawatan dapat dilakukan dengan memijat puting susu secara perlahan. Hal ini berfungsi untuk membuat puting susu menojol keluar. Pada usia kehamilan 4 sampai 9 bulan lakukanlah pijitan minimal 10 menit per hari dengan menggunakan minyak kelapa. Pijitan ini berfungsi untuk merangsang kelenjer susu agar berproduksi, selain itu untuk membersihkan kotoran yang mungkin ada di payudara dan puting susu Anda.
Makanan. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi, selain berfungsi untuk perkembangan janin Anda. Makanan yang Anda makan juga berfungsi untuk perkembangan payudara Anda agar dapat bekerja dengan baik setelah Anda melahirkan nanti. Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung protein. Selain itu jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran dan buah.
Imbangi dengan susu. Minumlah susu yang diolah khusus untuk ibu hamil. Susu ibu hamil juga mengandung zat sangat penting untuk kerja payudara Anda. Sehingga setelah Anda melahirkan, air susu Anda dapat keluar dengan lancar dan banyak.

Komentar
3 Komentar
Nopiyah (mamae Denninda)
Nopiyah (mamae Denninda) -

makasih ya bu tipsnya

Elsa Sulistiyani
Elsa Sulistiyani -

bunda artikelnya oke banget i like u

Yulia Mulyana
Yulia Mulyana -

hehe...praktek deh ntar kalo program ngasih adik buat syaffa udah berjalan