Hai Bunda, daftar disini

Nuritta AMd

Nuritta AMd

Umum

MAHALNYA BIAYA PENDIDIKAN DI ZAMAN SEKARANG .

Hari ini kita akan membahas tentang serba-serbi pendidikan bagi Sang Buah Hati. Memikirkan biaya sekolah anak memang dapat membuat kepala kita pusing. Betapa tidak, semua orang pasti setuju jika dibilang biaya sekolah sekarang ini mahal buangettss! Lihat saja daftar biaya yang disodorkan sekolah mulai dari Biaya Pendaftaran, Uang Pangkal sampai Uang Bulanan, semuanya benar-benar bikin kita menghela nafas panjang bukan?!

menyiapkan dana pendidikan anak merupakan PR yang sangat mendesak dan penting untuk dikerjakan karena ini adalah kebutuhan yang tidak bisa ditunda . Semakin dini dipersiapkan tentu akan lebih baik. Apalagi jika dilihat dari anggaran rumah tangga, pos “pengeluaran anak” menyedot dana yang tidak sedikit. Orangtua mana sih yang engga mau memberikan yang terbaik buat anak-anaknya?

Karena itu KCers, untuk mendapatkan gambaran yang jelas berapa sih sebenarnya dana yang perlu disiapkan, tim Keluarga Cerdas mencoba melakukan survei sederhana biaya sekolah di Jakarta.

Dimulai dari jenjang Playgroup/Preschool yang diperuntukan anak berusia 1-4 tahun. Beragam Playgroup swasta berdiri di Jakarta dan tersebar diberbagai wilayah kota seperti Jakarta Timur, Barat, Utara dan Selatan. Mulai dari yang menggunakan pengantar Bahasa Indonesia hingga Bahasa Inggris, mematok uang sekolah beragam tergantung dari fasilitas yang disediakan serta rasio jumlah murid dan guru.

Sebut saja “KidSport” yang mematok Uang Pangkal sebesar Rp. 3,5 Juta, sementara uang bulanan Rp. 300 ribu - Rp. 575 ribu yang ekivalen dengan Rp. 3,6 Juta – Rp. 6.9 juta per tahun. Ini berarti calon orangtua harus menyediakan total uang pendidikan sekitar Rp.10 Juta di tahun pertama. Nama Kelompok Bermain lainnya seperti Khayangan Montessori School (Depok), Melati Al Izhar (Cinere), Apple Tree (Muara Karang), Phoenix Kids (Menteng) dan Kepompong Playgroup (Jaksel) menetapkan biaya dalam kisaran sebagai berikut:

Uang Pangkal : Rp. 3 juta – Rp.7 juta.

Uang SPP : Rp. 400 ribu – Rp. 850 ribu (Rp. 4,8 juta – 10,2 juta/tahun)

Total tahun pertama : Rp. 7,8 juta – Rp. 17,2 juta.

Belum lagi Preschool yang menggunakan kurikulum internasional dan menggunakan bahasa pengantar Inggris seperti Dolanan dan Bina Nusantara di Jakarta Selatan, Sevilla School di Jakarta Timur yang mematok biaya:

Uang pangkal : Rp. 15 juta – Rp. 35 juta

Uang SPP : Rp. 1,5 juta – Rp. 3,0 juta (Rp. 18 juta – Rp. 36 juta/tahun)

Total Tahun pertama : Rp. 33 juta – Rp. 71 juta


Untunglah tidak semua Kelompok Bermain di Jakarta adalah swasta. Masih ada pilihan sekolah negeri yang lebih terjangkau bagi masyarakat umum.

Bagaimana dengan TK ? Ternyata TK tidak jauh beda dengan Kelompok Bermain. Nama-nama sekolah yang masuk kategori Nasional dan Nasional Plus seperti Santa Ursula (BSD), Citra Alam(Ciganjur), Ar-Rachman (Setiabudi), Jubille (Sunter), Gandhi Memorial International School (Pangandaran), High/Scope Indonesia, TK Islam Yarsi (Cempaka Putih), TK Lazuardi (Cinere), TK Marsudirini(Bogor) juga menetapkan biaya sekolah dalam kisaran yang kurang lebih sama yaitu:

Uang Pangkal : Rp. 5,0 juta – 17,5 juta

Uang SPP : Rp. 400 ribu – 1,1 juta (Rp. 4,8 juta – 13,2 juta/tahun)

Total Tahun Pertama : Rp. 9,8 juta – Rp. 30,7 juta.


Ada pula Preschool/TK yang menetapkan biaya masuk dalam mata uang asing yaitu US$ seperti Springfield Preschool dan Global Nusantara School. Besarannya adalah:

Uang Pangkal : US$ 500-US$ 1,200

Uang SPP : US$ 180 – US$ 220 (US$ 2,160 – US$ 2,640/tahun)

Total tahun pertama : US$ 2,660 – US$ 3,840



Wuuiihh, mengagumkan memang!! Atau lebih tepatnya pusing?! Untuk mendidik anak-anak usia 1 hingga 5 tahun saja, kocek orangtua kelas menengah-atas Indonesia di kota-kota besar harus terkuras demikian banyaknya..Kalau baru TK saja sudah segitu mahalnya, gimana SD, SMP dan SMA-nya ?! Belum lagi kuliah S1 dan S2!

Memang mau pingsan rasanya jika mengetahui ternyata uang sekolah untuk pendidikan anak-anak tercinta kita naik sekitar 20% setiap tahunnya. Sekarang mari kita lihat data biaya masuk SD dari sejumlah sekolah nasional unggulan di Jakarta sebagai berikut:

SD Tarakanita (Rawamangun) Rp. 7,5 juta

SD BPK Penabur (Kelapa Gading) Rp. 15 juta

SD Bellarminus Rp. 11,5 juta (SPP: Rp.800 ribu/bulan)

SD Global Jaya (Bintaro) Rp. 14 juta (SPP: Rp. 3,8 juta/bulan)

SD Al-Azhar (Kelapa Gading) Rp. 20 juta

SD High/Scope Rp. 40 juta (SPP: Rp. 2,4 juta/bulan)

SD Madania Rp. 47 juta

SD Cikal (Jakarta Selatan) Rp. 50 juta

Begitu pula dengan jenjang SMP dan SMA di Jakarta, contohnya:

SMP Don Bosco (Pulo Mas) Rp. 12 juta

SMP Lab School (Rawamangun) Rp. 16,9 juta

SMA Lab School (Rawamangun) Rp. 17 juta

SMA IPEKA Rp. 18 juta

SMA Al Azhar (Pondok Labu) Rp. 22 juta (SPP: Rp. 800 ribu/bulan)


KCers, data-data diatas diambil dari berbagai sumber dan data survei yang dilakukan pada tahun 2007 dan 2008. Setelah mengetahui berapa dana yang harus kita sediakan untuk pendidikan anak-anak kita, masih beranikah kita menutup mata dan menunda persiapannya ?! Cobalah untuk menghitung dari sekarang berapa biaya sekolah yang harus disediakan bila saatnya tiba anak Anda sampai ke jenjang pendidikan diatas dengan kenaikan per tahun sekitar 20%...mudah-mudahan Anda masih sadar melihat angkanya..

(Copyright © 2008 KeluargaCerdas.com

sisihkan lah min 16.333/hari uang anda ,minimal bisa memberikan solusi untun menghadapi biaya pendidikan anak anda .

call me.RITTA 021-92236528 / 087880710978
your financial agent .always listening ,always understanding

Komentar
2 Komentar
Siti Samsiah
Siti Samsiah -

iya bunda,,harus rajin nabung,,,,jaman sekarang ga ada yang ga mahal,,,like bunda

JULI SUSILOWATI
JULI SUSILOWATI -

wah mahal bgt buat pendidikan ya bunda.....mesti rajin menabung buat si kecil bunda